Laptop Acer E5-475G/E5-476G Kamu Tidak Mau Dicharge? Mungkin Ini Penyebabnya + Cara Memperbaiki

Setelah penggunaan 2 tahun, akhirnya admin menemui kendala dimana Laptop Acer E5-475G ini tidak mau dicharge atau mengisi daya baterai dan setelah diselidiki ternyata masalahnya itu berasal dari charger yang salah satu ujung kabelnya itu ada yang mau terputus atau sobek. Nah dari pada membeli charger di luaran yang belum tentu original, belum lagi harus mengeluarkan uang. Kenapa tidak admin perbaiki saja. Yup, di bahasan kali ini admin akan bagikan ke kamu tutorial bagaimana caranya memperbaiki charger pada Laptop Acer E5-475G dan pastinya juga berfungsi pada saudaranya itu Acer E5-476G.

Laptop Acer E5-475G/E5-476G Kamu Tidak Mau Dicharge? Mungkin Ini Penyebabnya + Cara Memperbaiki


Tak terasa admin sudah menggunakan Laptop Acer E5-475G selama tahun lebih. Selama itu pula admin sudah menemui beberapa kendala, salah satunya di tahun pertama Laptop Acer ini mengalami LCD bergaris tengah dan itu sudah pernah admin buatkan juga tata cara memperbaiki LCD bergaris beserta tata cara pemasangan serta pembeliannya, nah buat kamu yang belum sempat membacanya bisa cek tautan referensi tutorialnya di sini, di sini dan di sini.

Sekarang setelah 2 tahun berjalan, admin menemui kendala lagi yaitu dimana Laptop Gaming kere hore ini tidak mau dicharge. Yup, jadi terkadang Laptop ini tidak mau di charge dan terkadang juga bisa di isi daya baterainya. Admin juga heran, kok bisa seperti ini. Asumsi awal admin mungkin masalah ini muncul dari port charger yang agak longgar(ogel, goyang) dan perlu dilakukan pengencangan atau penggantian port charger. Namun setelah admin lihat, ternyata port charger masih dalam keadaan bagus.

Kalau port charger Laptop aman tidak ada masalah, lantas apa yang menyebabkan Laptop Acer E5-475G ini tidak mau dicharge. Setelah admin coba selidiki lebih teliti lagi, ternyata masalah Laptop Acer ini tidak bisa diisi daya berasal dari kepala charger. Yup, jadi ada kabel yang berada di sambungan pangkal kepala charger mengelupas dan ini juga yang membuat kepala charger admin mengeluarkan asap ketika digunakan.

Nah kalau sudah seperti ini admin cuma punya 2 pilihan, yaitu membeli charger baru atau memperbaikinya. Masalahnya adalah charger asli cukup sulit untuk dicari, apalagi di toko online dan harus membeli di Acer Center dan pastinya bakal keluar uang lagi setidaknya 100k hingga 200k. Dari pada ketemu skenario seperti itu kenapa tidak admin coba perbaiki saja, mumpung semua alat dan bahan admin punya.

Adapun alat yang kamu butuhkan:
- Solder listrik
- Timah gulung
- Selotip hitam khusus kabel
- Opener (biasa untuk membuka back cover Smartphone) cek di sini buat yang belum punya
- Penyedot timah

Cara Memperbaiki:
1. Gunakan Opener untuk membuka case atau wadah dari charger Laptop Acer. Case charger ini tidak ada baut sehingga butuh usaha ekstra untuk membukanya
2. Setelah terbuka, panaskan solder listrik lalu lepas kabel + dan - dari Board charger. Gunakan juga penyedot timah
3. Setelah itu potong lalu rapikan
4. Solder lagi kabel tadi ke Board charger, kemudian tutup case charger menggunakan selotip
5. Panduan lengkapnya bisa kamu tonton pada video berikut ini:


Setidaknya dengan cara ini admin sudah menghemat pengeluaran untuk membeli charger baru sekaligus bisa memperbaiki charger lama. Cara ini tentunya tidak sebatas hanya pada Laptop Acer E5-475G saja namun juga bisa diterapkan pada Acer E5-476G atau mungkin merek lain yang punya masalah sama seperti Laptop admin.

Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel dari RacikPC Indonesia agar kamu terus bisa mendapatkan update terbaru seputar tips komputer berbahasa Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Laptop Acer E5-475G/E5-476G Kamu Tidak Mau Dicharge? Mungkin Ini Penyebabnya + Cara Memperbaiki