Review Lengkap Layar LCD IPS Full HD Acer E5-475G dan E5-476G: Worth It Kah?

Yak, harusnya review dari Panel LCD IPS pada Laptop Acer E5-475G ini sudah keluar akhir tahun lalu. Namun karena kesibukan di dunia offline dan admin anggap juga video kemarin tentang bagaimana caranya mengganti panel serta memasang panel LCD IPS tersebut ke laptop Acer yang ada di sini sudah mewakili dari bahasan ini, jadinya terlewatkan.

Review Lengkap Layar LCD IPS Full HD Acer E5-475G dan E5-476G: Worth It Kah?

Review Lengkap Layar LCD IPS Full HD Acer E5-475G dan E5-476G Worth It Kah
Review Lengkap Layar LCD IPS Full HD Acer E5-475G dan E5-476G Worth It Kah

Baru-baru ini ada salah seorang subscriber channel RacikPC Indonesia yang meminta review untuk panel LCD IPS pada laptop Acer E5-475G, maka admin coba berinisiatif membuatkannya. Okey, secara bawaan baik laptop Acer E5-475G dan Acer E5-476G menggunakan panel TN. Ini wajar karena Laptop Acer tipe ini dibuat untuk mengincar pasar gamer mainstream. Sehingga ada beberapa aspek seperti kualitas layar LCD ini yang dikorbankan.

Betapa tidak, untuk varian lawasnya saja seperti yang admin miliki saat ini yaitu Acer E5-475G, sudah menggunakan Intel Core i5 Kabylake dengan VGA GeForce 940MX 2GB dan varian di atasnya yaitu Acer E5-476G sudah menggunakan Core i5 Coffelake dengan VGA GeForce 150MX. Dengan spesifikasi seperti itu, kedua laptop tadi hanya dibanderol dengan harga 6 hingga 8 juta.

Sudah bisa ditebak, bakal ada aspek yang dikorbankan, apalagi kalau bukan panel nya yang masih TN. Sebenarnya tidak ada masalah sih dengan panel TN. Apalagi buat kamu gamer casual maupun kompetitif. Karena akurasi warna tidak terlalu dipertimbangkan. Namun semua itu berubah setelah rumor bahwa panel LCD bawaan laptop ini bisa dirubah ke IPS.

Kabar ini admin dapatkan langsung dari grup, yang mana salah seorang anggota pernah mencoba untuk mengganti layar LCD TN ke IPS dan hasilnya berfungsi dengan lancar, seperti LCD bawaan. Lebih kerennya lagi jika resolusi meningkat yang awalnya masih WXGA (HD) menjadi Full HD 1920x1080. Kebetulan sekali pada saat itu LCD laptop Acer admin sedang kena menyakit bergaris, kenapa tidak sekalian ganti saja ke IPS.

Nah buat kamu yang pingin mengganti panel LCD bawaan laptop ini ke IPS, bisa cek link yang ada di sini. Di situ juga sudah admin jelaskan bagaimana cara memilih, klaim garansi juga termasuk cara pemasangan. Harunya seorang pemula juga bisa langsung mempraktikkannya.

Nah sekarang muncul berapa pertanyaan semisal bagaimana dengan konsumsi baterai laptop ini setelah diganti ke panel IPS, bagaimana dengan kualitas layarnya, visibilitas di luar ruangan, enakkah dipakai buat main game, edit foto dan video, serta berujung apakah layak untuk ganti ke IPS? Okey, admin akan coba jawab beberapa pertanyaan tersebut.

1. Pas kah ke Frame Monitor Laptop?
Walau sebenarnya ini jarang ada yang menanyakan, karena kebanyakan yang bertanya itu soal kualitas gambar, namun ada juga yang mengkhawatirkan soal pas atau fit ke frame layar. Secara panel bawaannya laptop Acer ini adalah TN WXGA 1360x768. Ini malah diganti ke Full HD 1920x1080. Apakah benar-benar sama ukurannya? Belum lagi ada isu jika bagian bawah laptop ini ada semacam komponen yang menonjol sehingga frame layar tidak mau menutup rapat.

Pada saat admin membeli panel LCD IPS ini juga bertanya kepada penjualnya dan dia meyakinkan jika layar IPS ini benar-benar pas ke laptop Acer E5-475G dan tidak ada tonjolan ketika dipasangkan. Nah pada saat admin coba pasangkan, memang benar panel IPS ini benar-benar pas ke bingkai laptop ini dan sama sekali tidak ada tonjolan ketika coba dipasangkan. Jadi intinya pada saat kamu ingin membeli panel IPS ini, pastikan kepada sellernya jika layar IPS ini ngepas.

2. Bagaimana dengan Kualitas Gambarnya, apakah sebening panel IPS di Monitor PC?
Pertanyaan paling mainstream nih. Okey, soal urusan kualitas gambar harus diakui jika layar IPS ini tidak sebaik IPS yang ada di monitor. Contohnya monitor LG 24MP8 yang pernah admin review di sini. Namun tentunya jauh lebih cerah, lebih tajam dari monitor TN bawaan laptop ini. Semua warna yang selama ini tidak muncul, bisa dieksekusi dengan baik oleh panel IPS ini.

Hanya saja buat kamu yang bergelut dibidang design maupun video editor profesional. Penggantian panel TN ke panel LCD IPS kurang begitu membantu, karena nilai sRGB yang diberikan masih rendah. Kalau menurut mata admin sih di sekitar 60 hingga 75%. Oleh karena itu kalau cuma sekedar edit biasa, maka panel IPS ini sudah dianggap lebih dari cukup.

3. Bagaimana dengan Konsumsi Baterai, boroskah?
Sejujurnya admin kurang terlalu memperhatikan ini. Karena sudah menjadi kebiasaan admin menyambungkan kabel charger ke laptop setiap kali dimainkan . Namun begitu admin pernah coba untuk menggunakan laptop ini tanpa charger dan SoT yang bisa admin dapatkan di kisaran 2 hingga 3 jam.

Kalau ditanya apakah ada perbedaan antara panel bawaan yang masih TN dengan panel LCD IPS ini. Jawabannya sih tidak ada. Konsumsi baterai juga rasanya masih sama saja, sekalipun memang resolusi naik menjadi Full HD. Akan tetapi buat kamu yang punya pengalaman serta pendapat lain bisa tuliskan di kolom komentar.

4. Drop FPS kah pada saat diajak main Game?
Secara teori pastinya IYA. Mengingat panel LCD IPS ini sudah Full HD sehingga gambar game yang harus dirender semakin berat. Oleh karena itu setiap kali admin ingin bermain game yang menampilkan grafis tinggi semisal Call of Duty, admin selalu set resolusi ke WXGA 1360x768. Sedangkan ketika bermain game ringan a.k.a casual admin baru set ke Full HD.

5. Bagaimana dengan Visibilitas di luar ruangan?
ini nih yang cukup impresif dari panel LCD IPS yaitu visibilitasnya yang wow banged di luar ruangan. Admin saja yang dulu pada saat admin menggunakan panel TN harus menyipitkan mata agar bisa melihat tampilan layar, sedangkan sekarang setelah menggunakan panel IPS. Bisa dengan mudah melihatnya.


Migrasi ke panel IPS ataupun tidak sebenarnya adalah sebuah pilihan. Apalagi panel IPS Full HD untuk Laptop Acer E5-475G dan E5-476G ini tidaklah terbilang murah. Admin harus menebus Panel LCD IPS ini dengan harga 1 Juta. Ini juga karena LCD di laptop ini bergaris sehingga admin berinisiatif saja untuk langsung menggantinya ke IPS. Kalau masih bagus sih, admin sama sekali tidak ada rencana upgrade.

Yah, itulah dia review dari admin untuk panel IPS Full HD di Laptop Acer E5-475G dan E5-476G. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel RacikPC Indonesia guna mendapatkan informasi terbaru serta tutorial terbaru Windows 10 berbahasa Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Review Lengkap Layar LCD IPS Full HD Acer E5-475G dan E5-476G: Worth It Kah?