Salah Satu Slot RAM Kamu Tidak Terdeteksi Motherboard? Coba 4 Tips Mengatasi Memory yang Tidak Terdeteksi Berikut Ini

RAM atau Memory pada komputer kamu cuma terdeteksi 1 keping saja atau bahkan tidak terdeteksi keduanya di Motherboard? Jangan panik dulu, admin RacikPC.com juga sempat mengalami masalah seperti ini juga dan syukurnya berhasil setelah mempraktikkan salah satu dari 4 Tips Mengatasi RAM yang tidak terdeteksi di komputer berikut ini.

Salah Satu Slot RAM Kamu Tidak Terdeteksi Motherboard? Coba 4 Tips Mengatasi Memory yang Tidak Terdeteksi Berikut Ini

Salah Satu Slot RAM Kamu Tidak Terdeteksi Motherboard? Coba 4 Tips Mengatasi Memory yang Tidak Terdeteksi Berikut Ini
Salah Satu Slot RAM Kamu Tidak Terdeteksi Motherboard? Coba 4 Tips Mengatasi Memory yang Tidak Terdeteksi Berikut Ini

RAM (Random Access Memory) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Memory adalah salah satu dari beberapa part atau komponen komputer yang sangat penting karena RAM memiliki tugas dimana sebagai Bridge atau tempat sementara dari semua data yang dibutuhkan oleh CPU untuk mengolahnya dari Storage Harddisk atau SSD sehingga bisa ditampilkan ke monitor komputer. Sama seperti komponen komputer lainnya, terkadang Memory juga memiliki beberapa masalah, seperti tidak terdeteksi oleh Motherboard .

Yah, buat kamu pengguna PC Desktop pasti sudah khatam sekali dengan masalah yang satu ini. Apalagi minimal set up RAM saat ini adalah Dual Channel, sehingga mengharuskan kamu untuk memasang dua buah RAM pada slot Memory di Motherboard. Nah masalahnya adalah terkadang ada saja salah satu dari RAM Stick tersebut tidak terdeteksi atau terbaca sebagaimana mestinya, sehingga kapasitas RAM yang seharusnya 16GB (2x8GB) justru cuma terbaca 8GB saja.

Kenapa admin bisa tahu? Yah karena admin sendiri pernah mengalaminya dimana RAM kit EVO X 16GB admin cuma terbaca satu keping saja dan dengan berbagai usaha akhirnya RAM Stick tersebut terdeteksi kembali. Berkaca dari pengalaman tersebut, di artikel kali ini admin akan bagikan ke kamu 4 Cara mengatasi RAM yang tidak terdeteksi di Komputer, yuk langsung disimak saja:

Cek Kondisi Slot RAM
hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengecek langsung kondisi slot RAM. Yah slot Memory yang ada di Motherboard. Lihat secara seksama apakah terdapat debu atau kotoran yang berada di dalam slot memory. Perhatikan jika misalkan ada Pin bagian dalam slot yang bengkok. Karena bisa saja masalah kenapa RAM kamu tidak terdeteksi karena ada debu atau juga Pin yang bengkok.

Salah Satu Slot RAM Kamu Tidak Terdeteksi Motherboard Coba 4 Tips Mengatasi Memory yang Tidak Terdeteksi Berikut Ini

Dan kalau memang ada Pin Slot RAM yang bengkok dan tidak terlalu parah, bisa kamu benarkan lagi posisi Pin nya namun jika bengkoknya tersebut sudah terlalu parah, maka tidak ada cara lain lagi selain klaim garansi. Dengan catatan jika bengkoknya Pin tersebut memang sudah dari pertama kali beli. Oh iya untuk membersihkan debu pada slot RAM, kamu juga bisa menggunakan cairan bernama REXCO yang bisa kamu baca review serta cara penggunaannya di sini.

Bersihkan Pin RAM
Langkah kedua setelah memastikan kondisi slot memory yang ada di Motherboard bagus adalah membersihkan Pin RAM atau memory itu sendiri. Dimana posisi Pin RAM? Itu tuh jalur berwarna kuning emas yang berada di kaki-kaki RAM. Cara membersihkannya juga terbilang sangat mudah, silahkan kamu siapkan penghapus karet yang biasanya digunakan untuk menghapus tulisan pensil.

Salah Satu Slot RAM Kamu Tidak Terdeteksi Motherboard Coba 4 Tips Mengatasi Memory yang Tidak Terdeteksi Berikut Ini

Lakukan secara perlahan pada pin-pin RAM menggunakan karet penghapus tadi. Pastikan kotoran yang melekat pada Pin memory menghilang sehingga pada saat dipasangkan nanti tidak ada lagi debu atau kotoran yang ikut tersangkut.

Pastikan Tidak Ada yang Patah
Wah kalau yang satu ini terbukti adanya, bisa bikin panas dingin nih. Namun begitu wajib kamu pastikan. Yah coba cek di keduanya tadi, baik itu RAM maupun slot RAM nya. Jika memang benar terdapat PIN yang patah, maka tidak ada jalan lain selain menservice nya sendiri. Karena patah Pin Memory ini tidak termasuk garansi juga jika terjadi patah pan Pin slot memory di Motherboard.

Salah Satu Slot RAM Kamu Tidak Terdeteksi Motherboard? Coba 4 Tips Mengatasi Memory yang Tidak Terdeteksi Berikut Ini

Kencangkan RAM KIT
Selain ketiga di atas tadi, ada juga langkah ke empat yang biasanya paling sering admin alami, dimana salah satu dari ujung Pin Memory tidak terpasang kencang ke slot RAM. Jadi masih ada kaki-kaki yang tidak terpasang baik di posisinya. Hal inilah yang membuat salah satu slot RAM admin tidak terdeteksi.

Jadi pastikan pada saat kamu ingin memasang slot RAM, letak jari pada masing-masing ujung memory sehingga semua Pin terpasang dengan benar. Beri tekanan pada RAM secukupnya saja hingga terdengar bunyi klik.


Sejauh ini dengan 4 Cara tersebut, RAM Geil EVO X admin berhasil kembali terdeteksi dan tidak ada masalah sama sekali. Namun apabila keempat cara tadi masih juga belum berhasil. Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah klaim garansi. Yup, karena bisa saja unit RAM kit yang kamu beli tersebut sedari awal sudah terindikasi sebagai produk cacat produksi sehingga mau digimanakan pun, Yah tetap saja tidak akan terbaca oleh Motherboard.
Next Post Previous Post
4 Comments
  • Unknown
    Unknown 27 September 2018 pukul 19.26

    gan laptop ane acer e5-475g, terus waktu laptop nyala lampu indikator baterai nyala mati (kedip lambat), setelah brosing2 ada solusi caranya laptop dicas dalam keadaan mati sampai penuh terus dinyalain lagi ternyata teratasi, tapi setelah penggunaan 1 minggu eh balik lagi, itu yg rusak apanya ya gan ? solusinya giamana ? mohon dijawab terimakasih

  • Unknown
    Unknown 11 Juni 2019 pukul 10.17

    Gan, saya kan baru ganti mobo...
    Nah masalahnya slot ram pertama gak bisa, tapi slot kdua aman... kedua ram saya bisa jalan di slot kedua...
    Itu kenapa ya?
    Mobo msi a320 pro m2...
    Ram kingstone hyper x fury...
    Mohon dijawab gan..🙏🙏🙏

  • Joko
    Joko 15 Desember 2020 pukul 07.20

    Hai kawan-kawan. Saya baru membeli Mobo seken Gigabyte GA81M-DS2V, berikut Proc i7 secara terpisah. Ketika test, RAM slot 1 jika diisi, maka sistem gagal boot, akhirnya saya hanya pakai Slot 2.
    Semalam saya ketemu video youtube (orang Rusia) yang menjelaskan bahwa PIN CPU yang bermasalah, atau titik2 sentuh bagian bawah Prosesor yang kotor ternyata bisa membuat RAM tidak terbaca/gagal.
    Saya kemarin sampai membeli tester slot RAM gara2 penasaran. Semoga bisa membantu kawan2 lain
    https://www.youtube.com/watch?v=wd7nmY8p9xI

  • iskandar
    iskandar 30 Oktober 2021 pukul 08.47

    yang slot ram nya cuma bisa satu kemungkinan slot yang satu nya lagi ada kendala di pin slot ram nya, tapi klo misal dicek slot ram nya gak ada yangbermasalah berartiram nya gak bisa di kombinasi

Add Comment
comment url