Disk C Atau Disk D? Mana yang Lebih Baik untuk Diinstall Game?

Kalau disuruh milih, lebih baik install game itu di DISK C atau Di Disk D? Kira-kira mana yang bikin main game lebih lancar tanpa lagi di komputer? Buat yang masih bingung bisa simak penjelasannya berikut!

Disk C Atau Disk D? Mana yang Lebih Baik untuk Diinstall Game?
Disk C Atau Disk D? Mana yang Lebih Baik untuk Diinstall Game?

Disk C atau biasa disebut dengan Hard Disk Drive (HDD) adalah salah satu perangkat penyimpanan data utama pada komputer. Pada umumnya, Disk C digunakan untuk menyimpan sistem operasi dan program-program komputer. Ini dikarenakan Disk C merupakan bagian dari partisi utama pada Hard Disk yang digunakan untuk menginstall sistem operasi dan program-program komputer.

Disk C juga sering disebut sebagai Drive sistem karena berfungsi sebagai pengatur sistem operasi yang digunakan oleh komputer. Sistem operasi yang diinstal pada Disk C akan menentukan bagaimana program-program komputer akan bekerja dan bagaimana data akan disimpan dan diakses pada komputer.

Disk C biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dibandingkan dengan partisi lain pada Hard Disk, seperti Disk D, E, dan seterusnya. Kapasitas penyimpanan yang tersedia pada Disk C biasanya diisi dengan file-file sistem dan program-program komputer, dan harus dijaga dengan baik untuk memastikan sistem operasi dan program-program dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, Disk C juga dapat dipartisi menjadi beberapa bagian untuk menyimpan data yang berbeda atau untuk mengatur sistem penyimpanan pada komputer dengan lebih baik. Pada umumnya, partisi tambahan pada Disk C dibuat untuk menyimpan file-file pribadi atau data lainnya seperti foto, musik, atau video.

Sedangkan Disk D adalah salah satu partisi pada Hard Disk Drive (HDD) pada komputer. Secara umum, Disk D digunakan untuk menyimpan file-file data seperti dokumen, musik, video, dan foto, atau file-file instalasi program.

Disk D memiliki kapasitas penyimpanan yang terpisah dari Disk C, dan biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan Disk C. Pada umumnya, penggunaan Disk D lebih fleksibel dibandingkan dengan Disk C, karena Disk D dapat digunakan untuk menyimpan file-file pribadi atau data lainnya dengan kapasitas yang lebih besar tanpa mengganggu sistem operasi pada Disk C.

Pada umumnya, pengguna dapat membuat partisi tambahan pada Hard Disk seperti Disk D, E, F, dan seterusnya untuk memperluas ruang penyimpanan data pada komputer. Partisi tambahan ini juga dapat membantu pengguna mengorganisir data mereka dengan lebih baik dan memudahkan dalam pengelolaan dan pencarian file.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun Disk D adalah tempat yang aman untuk menyimpan file-file data penting, tetap disarankan untuk selalu melakukan backup file-file tersebut ke lokasi penyimpanan eksternal atau cloud storage agar data tidak hilang jika terjadi masalah pada Hard Disk.

Dalam kesimpulannya, Disk D adalah partisi pada Hard Disk yang digunakan untuk menyimpan file-file data seperti dokumen, musik, video, dan foto, atau file-file instalasi program. Disk D memiliki kapasitas penyimpanan yang terpisah dari Disk C dan biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Disk D dapat membantu pengguna mengorganisir data mereka dengan lebih baik dan memperluas ruang penyimpanan data pada komputer.

Lebih Baik Install Game Di Disk C Atau Disk D?
Nah, perkara soal ini secara umum, lebih baik menginstall game di Disk C (sistem Drive) daripada Disk D (secondary Drive). Ini karena Disk C merupakan Drive yang digunakan sistem operasi untuk boot dan menjalankan program-program penting.

Menginstall game pada Disk C akan memastikan bahwa game dapat berjalan dengan lebih lancar karena memiliki akses yang lebih cepat ke sumber daya komputer. Namun, pastikan Disk C memiliki cukup ruang Disk untuk menampung game dan data lain yang dibutuhkan oleh sistem operasi.

Jika Disk C memiliki ruang Disk yang terbatas, maka dapat mempertimbangkan untuk menginstall game pada Disk D (secondary Drive). Namun, pastikan Disk D memiliki cukup ruang Disk untuk menampung game dan memiliki kecepatan akses yang memadai.

Selain itu juga penting untuk memastikan jika Disk pada komputer atau laptop kamu sudah menggunakan SSD bukan HHD lagi. Karena sekalipun SSD kamu masih SATA 3, akan jauh lebih kencang dari pada masih menggunakan HDD. Kemudian juga jika Disk D kamu sudah menggunakan SSD, maka menginstall game juga tidak masalah di Disk D apalagi kalau sudah SSD NVME.

Penjelasan lengkap soal ini bisa kamu simak pada video berikut:


Jadi sebenarnya lebih kepada apakah DISK C atau Disk D kamu sudah menggunakan SSD atau belum, karena kalau masih HDD maka kenyamanan bermain game akan berkurang. Semisal screen loading yang bakal lebih Disk lama ketimbang kamu menggunakan SSD yang jauh lebih cepat. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan. Salam admin racikpc.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url