Entah Kenapa Layar Laptop Kamu Terkadang Terang Redup Sendiri? Ini Cara Memperbaikinya

Entah kenapa Monitor laptop kamu jadi terang rudup sendiri? Padahal laptop juga baru saja dibeli 1 bulan lalu, sepertinya tidak ada masalah atau kerusakan sama sekali? Sudah pakai Windows 11 terbaru namun tetap saja terkadang muncul secara Random (acak) layar LCD laptop jadi terang redup sendiri. Bingung bagaimana cara memperbaikinya? Apakah harus claim garansi? Tunggu dulu, ada baiknya kamu coba dulu cara ini, siapa tahu berhasil.

Entah Kenapa Layar Laptop Kamu Terkadang Terang Redup Sendiri? Ini Cara Memperbaikinya
Entah Kenapa Layar Laptop Kamu Terkadang Terang Redup Sendiri? Ini Cara Memperbaikinya

Punya laptop baru pastinya sangat senang sekali, apalagi jika sudah terinstall sistem operasi Windows terbaru saat ini seperti Windows 11. Punya laptop dari merek terkenal juga sangat membanggakan, tentunya ada banyak fitur di dalamnya. Nah, secara definisi Laptop sendiri adalah komputer portable yang terdiri dari layar sentuh, keyboard, touchpad, speaker, webcam, prosesor, memori RAM, hard drive atau solid state drive, dan baterai. Laptop dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti browsing internet, mengetik dokumen, membuat presentasi, dan bermain game.

Kelebihan laptop dibanding komputer desktop adalah portabilitas, karena mudah dibawa kemana-mana dan memiliki kapasitas yang hampir sama dengan komputer desktop. Kelemahan laptop adalah baterai yang bisa habis dan komponen yang tidak mudah dapat diganti. Dalam hal performa, laptop dan desktop memiliki kemampuan yang hampir sama, tergantung pada spesifikasi masing-masing.

Sebagaimana laptop jaman sekarang, sudah ada banyak sekali fitur canggih terbaru, semisal unlock laptop pakai fingerprint (sidik jari), unlock layar juga bisa pakai Windows Hello, dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah monitor pada laptop sudah dilengkapi dengan sensor Ambient Light Sensor. Ambient Light Sensor sendiri adalah sebuah sensor cahaya yang digunakan untuk mengukur tingkat cahaya lingkungan pada perangkat seperti laptop atau ponsel. Sensor ini memiliki fungsi utama untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar dengan lingkungan sekitarnya.

Ini membuat layar tampak jelas dan nyaman dilihat, dan juga membantu memperpanjang usia baterai dengan menghemat energi saat cahaya lingkungan rendah. Ambient Light Sensor sangat berguna saat bekerja di lingkungan yang berbeda-beda, seperti di dalam ruangan yang redup atau di bawah sinar matahari langsung. Beberapa laptop dan ponsel juga memiliki fitur auto-adjust kecerahan layar, yang memanfaatkan data dari Ambient Light Sensor untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara otomatis.

Hanya saja mungkin beberapa dari kamu terkejut atau mungkin bahkan terganggu dengan fitur Auto Brightness pada laptop sehingga berinisiatif untuk mematikannya. Nah, Untuk memperbaiki layar laptop yang redup terang sendiri di Windows 11, anda bisa mencoba beberapa solusi berikut:
1. Reset pengaturan energi: Buka Control Panel, pilih "Power Options" dan pilih "Change plan settings" pada pilihan energi yang sedang digunakan. Klik "Restore default settings for this plan".
2. Perbarui driver layar: Buka Device Manager, cari "Display Adapters", klik kanan pada driver layar, pilih "Update driver".
3. Perbarui sistem operasi: Pastikan Windows 11 anda sudah terbaru dengan melakukan update melalui Windows Update.
4. Matikan fitur adaptif pengaturan terang: Buka Settings, pilih "System", "Display" dan matikan "Change brightness automatically when lighting changes".
5. Perbaiki file sistem: Jalankan "sfc /scannow" dari Command Prompt (Run as administrator) untuk memperbaiki file sistem yang rusak.
6. Instal ulang Windows 11: Jika metode-metode di atas belum berhasil, anda bisa melakukan instal ulang sistem operasi.

Sebagai contoh, disini admin sudah coba mendisble Auto Brightness pada laptop Acer E5-475G:


Sejatinya monitor laptop bisa terang rudup sendiri itu karena memang fitur bawaan dari laptop sekarang. Sebatas itu masih berkaitan dengan fitur dan bukan karena kerusakan hardware dari laptop maka Auto Brightness pada laptop bisa dinyala-matikan. Namun jika itu sudah menyangkut Harware layar LCD laptop, maka mau tidak mau harus klaim garansi. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin Racikpc.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url