Ini Cara Memilih dan Membeli Layar LCD IPS Full HD Pengganti untuk Laptop Acer E5-475 dan E5-476G di AliExpress

Setelah dipakai beberapa lama, Laptop Gaming kere hore kamu yaitu Acer E5-475G dan E5-476G bermasalah di bagian layar LCD? Dimana muncul garis putih melintang atau bahkan Blank sama sekali sehingga tidak bisa digunakan sama sekali? Walhasil ketika ingin digunakan harus menggunakan monitor eksternal? Kira-kira apakah monitor Laptop Acer E5-475G ini bisa diganti menjadi FULL HD IPS dan seri manakah yang cocok? Okey di artikel kali ini admin akan bagikan cara memilih, menentukan serta membeli monitor pengganti IPS Full HD untuk Laptop Acer E5-475G di AliExpress.

Ini Cara Memilih dan Membeli Layar LCD IPS Full HD Pengganti untuk Laptop Acer E5-475 dan E5-476G di AliExpress

Ini Cara Memilih dan Membeli Layar LCD IPS Full HD Pengganti untuk Laptop Acer E5-475 dan E5-476G di AliExpress
Ini Cara Memilih dan Membeli Layar LCD IPS Full HD Pengganti untuk Laptop Acer E5-475 dan E5-476G di AliExpress

Bahasan yang akan admin ulas kali ini cukup gurih-gurih sedap. Pasalnya harga dari part atau komponen yang akan dibeli nanti bisa dibilang tidak murah, bahkan bisa sampai menyentuh 1 juta untuk sebuah panel LCD IPS Full. Nah loh, kenapa memang harus membahas soal panel LCD? Soalnya satu-satunya laptop Gaming kere hore yang admin miliki yaitu Acer E5-475G mengalami kerusakan di bagian monitor, yang mana monitornya itu bergaris putih. Walhasil cuma sebagian layar saja yang bisa dilihat sedangkan sebagiannya lagi putih bersih.

Dikarena masa garansi sudah habis, jadi mau tidak mau harus dilakukan penggantian panel LCD sendiri yang dengan kata lain juga harus membeli dengan uang pribadi. Tentunya sasaran utama yang admin tuju untuk membeli panel pengganti adalah toko online di Indonesia baik itu Tokopedia, maupun Bukalapak. Namun dari yang admin dapat banyak seller yang menjual panel beresolusi biasa saja alias belum Full HD yaitu 1360x768. Memang sih resolusi panel LCD bawaan dari laptop Acer E5-475G ini adalah WXGA dan juga berjenis panel TN, tapi karena sudah kepalang basah rusak. Kenapa tidak sekalian ganti ke panel Full HD berjenis IPS.

Kenapa Harus Panel IPS Full HD?
Karena panel IPS sudah terkenal dengan sudut pandangnya yang luas ketimbang panel TN, selain itu memiliki nilai sRGB yang lebih bagus ketimbang panel TN. Walhasil panel IPS akan lebih enak, lebih sedap dipandang apalagi diajak untuk menonton film atau bermain game casual. Admin sendiri sudah merasakannya dan ogah kembali lagi ke panel TN, yang mana sebelumnya itu monitor admin adalah LG W1943 18 Inchi berpanel TN, kemudian berganti ke LG 24MP88 IPS.

Karena Panel IPS Full HD bukanlah panel LCD asli atau bawaan dari Laptop Acer E5-475G, walhasil kita harus cari-cari info terlebih dahulu kira-kira panel seperti apa yang cocok untuk laptop Acer E5-475G ini. Terlebih soal serial number dan juga jumlah PIN. Mulai saat itu admin coba cari-cari info di grup, forum maupun bertanya langsung ke sesama pengguna laptop Acer E5-475G ini, kemudian dari situlah admin mendapati setidaknya ada 3 jenis panel atau lebih tepatnya 3 seri panel IPS Full HD yang cocok dan sudah terbukti berhasil dipasangkan pada laptop Acer E5-475G, antara lain sebagai berikut:
- B140HAN01.x Buatan AUO
- LP140Wf1 (Sxx) Buatan LG
- N140HCE-EAA Buatan Innolux

Sekarang setidaknya kita sudah tahu bahwa ada 3 seri panel IPS Full HD yang cocok untuk laptop Acer E5-475G. Nah sekarang tugas kita adalah mencari panel LCD tersebut, terutama yang harganya murah namun punya kualitas memadai atau setidaknya harga dari panel tersebut terjangkau lah untuk kita kalangan mahasiswa gamer kere hore, hehehe.. Setelah admin cross check ternyata ketiga seri panel tersebut ada dan jual di salah satu toko online luar negeri seperti AliExpress. Admin sudah coba cari di Indonesia, namun harganya 1,5 juta dan itu tentu menguras kantong.

Oleh karena itu berbekal pengalaman sebelumnya pernah berbelanja di toko online AliExpress seperti yang pernah admin bagikan di sini, jadinya admin coba beli lagi. Agar lebih meyakinkan, admin sudah coba tanya-tanya dulu ke sellernya tentang kecocokan seri panel yang dia jual dengan laptop yang admin miliki dan dari jawabannya sih cocok. Agar lebih jelas, sudah admin buatkan juga video khusus tentang cara memilih dan membeli panel LCD IPS Full HD untuk laptop Acer E5-475G di bawah ini:


Sebagai tambahan info, sekalipun beli panel IPS Full HD ini di AliExpress yang notabene toko online luar negeri, namun soal pembayarannya sangat mudah bahkan sekalipun buat kamu yang sama sekali tidak punya kartu kredit atau kartu ATM. Kenapa bisa begitu? Karena pembayarannya bisa langsung kamu lakukan di Minimarket seperti Alfamart. So pasti Alfamart banyak dan ada hampir di seluruh Indonesia.

Itulah yang admin bisa bagikan kamu tentang bagaimana cara memilih dan membeli Layar LCD IPS Full HD untuk laptop Acer E5-475G di AliExpress. Oh iya sudah admin buatkan juga review tentang laptop Acer E5-475G ini selama 1 tahun dipakai, link artikelnya bisa kamu temukan di sini. Silahkan +1, like dan bagikan jika dirasa bermanfaat dan jangan lupa untuk Subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin racikpc.com

Ini Cara Memilih dan Membeli Layar LCD IPS Full HD Pengganti untuk Laptop Acer E5-475 dan E5-476G di AliExpress