Inilah 2 Cara Paling Mudah Memunculkan Kembali Opsi Mengganti Resolusi Layar Windows 10

Pernahkah kamu mengalami kondisi dimana Laptop ataupun PC Desktop kamu pada bagian resolusi displaynya tidak bisa diganti? Yah jadi kalau kamu coba akses menu resolusi yang ada di Windows 10 > Display Settings > maka opsi yang ada pada bagian Resolution sama sekali tidak bisa diklik? Tentunya masalah seperti ini akan sangat merepotkan, karena baik PC Desktop maupun laptop kamu tidak bisa menampilkan resolusi monitor yang seharusnya. Nah di artikel kali ini admin akan bagikan ke kamu giamana cara memperbaiki masalah tersebut.

Inilah 2 Cara Paling Mudah Memunculkan Kembali Opsi Mengganti Resolusi Layar Windows 10

Inilah 2 Cara Paling Mudah Memunculkan Kembali Opsi Mengganti Resolusi Layar Windows 10
Inilah 2 Cara Paling Mudah Memunculkan Kembali Opsi Mengganti Resolusi Layar Windows 10

Misalkan nih resolusi monitor laptop atau PC Desktop yang tampil adalah WXGA 1360x768, padahal monitor yang kamu miliki adalah Full HD 1920x1080. Tentu tampilan menu yang muncul menjadi besar-besar alias tidak sesuai dengan rasio monitor. Admin sendiri pernah mengalami masalah tidak bisa mengganti resolusi monitor pada Windows 10 ini ketika selesai merakit PC yang pernah admin bahas di sini.

Namun setelah otak-atik sana-sini, akhirnya admin berhasil juga menemu cara sederhana memunculkan kembali opsi mengganti resolusi layar tersebut. Cara tersebut admin bagi menjadi 2 tutorial sederhana:

Update Driver Display
Opsi pertama yang admin lakukan pada saat itu adalah dengan mengupdate driver. Karena bisa jadi masalah resolusi yang tidak mau diubah opsinya pada Windows 10 tersebut diakibatkan oleh driver yang sudah usang. cara update driver sendiri sebenarnya sangat mudah. Tinggal buka device manager > lalu pilih opsi Display Adapter > kemudian klik kanan pada Intel HD Display > kemudian tentukan mau update driver secara manual atau secara otomatis. Jika otomatis maka usahakan Laptop atau PC Desktop kamu sedang tersambung ke internet.

Coba Reinstall Driver Display
Admin kurang tahu alasannya kenapa namun bisa jadi driver Display yang sudah terinstall baik di PC Desktop ataupun di laptop kamu tersebut bermasalah semisal error atau Corrupt karena suatu hal tentunya. Oleh karena itu coba untuk Reinstall driver displaynya.

Caranya cukup mudah, tinggal kamu sesuaikan saja dengan VGA Card yang sedang kamu gunakan saat ini. Semisal nih Laptop Acer E5-475G dan PC Rakitan yang admin gunakan saat ini menggunakan VGA Card Nvidia, maka cobalah untuk me-reinstall driver Nvidia tersebut. buat yang belum punya driver VGA Nvidia terbaru bisa ambil driver displaynya di sini, sedangkan buat kamu yang menggunakan AMD Radeon bisa mengambil driver displaynya di sini.

Bagaimana dengan pengguna Intel HD? Nah untuk yang satu ini lebih mudah lagi, kamu bisa kunjungi situs intel atau bisa juga kamu masuk ke device manager > Display Adapter > klik kanan > Uninstall device. Nantinya setelah driver Display intel HD hilang, coba kamu klik icon Scan for hardware change > secara otomatis komputer kamu akan mencari driver Display terbaru yang cocok. Nah pada saat mencari driver Display terbaru ini pastikan jika komputer kamu sedang terhubung ke internet.

Nah itulah dia 2 cara yang bisa kamu lakukan agar opsi mengubah resolusi layar pada Windows 10 bisa digunakan kembali. Cara ini sudah admin praktikkan sendiri dan syukurnya berhasil. silahkan +1, like dan bagikan jika dirasa bermanfaat dan jangan lupa untuk Subscribe channel RacikPC Indonesia guna mendapatkan tutorial komputer berbasis Windows terbaru berbahasa Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Inilah 2 Cara Paling Mudah Memunculkan Kembali Opsi Mengganti Resolusi Layar Windows 10