Amankah Menutup Laptop Dalam Kondisi Menyala?

Sebagian dari kamu mungkin pernah bertanya-tanya, apakah aman menutup laptop dalam kondisi menyala? Apakah laptop harus dimatikan terlebih dahulu sebelum layarnya ditutup atau boleh langsung ditutup saja? Apakah ada nanti dampak buruknya? Yuk kita bahas sama-sama.

Amankah Menutup Laptop Dalam Kondisi Menyala?

Amankah Menutup Laptop Dalam Kondisi Menyala?
Amankah Menutup Laptop Dalam Kondisi Menyala?

Tujuan dari dibuatnya laptop adalah portabilitas. Yup, dari yang dulu cuma bisa mengerjakan pekerjaan di komputer Desktop rumahan, dengan adanya laptop, kita bisa mengerjakan pekerjaan tersebut di mana saja, baik itu di kantor, di cafe, di taman, atau bahkan di perpustakaan.

Pabrikan laptop sendiri menyematkan banyak fitur di dalam laptop yang mereka buat, salah satunya adalah kemampuan laptop untuk bisa masuk ke mode sleep ketika cover atau layar LCD nya tersebut ditutup. Tujuannya tidak lain untuk membuat penggunaan baterai laptop semakin hemat. Jadi ketika
ingin digunakan bisa langsung dibuka saja cover LCD laptop tersebut.

Akan tetapi mungkin sebagian dari kamu ada yang bertanya-tanya, apakah aman terutama dalam penggunaan jangka waktu panjang, membuka dan menutup cover LCD laptop? Apakah nantinya bakal ada dampak buruk terhadap laptop yang dimiliki?

Sejujurnya admin bilang sih aman. Karena memang fitur ini juga disematkan langsung oleh pabrikan laptop. Sehingga tidak perlu harus benar-benar dikhawatirkan. Apalagi ditambah dari sistem operasinya sendiri yaitu WINDOWS, LINUX dan beberapa sistem operasi lain sudah membenamkan fitur automatic sleep ini ketika layar LCD laptop ditutup.

Namun begitu ada beberapa catatan yang perlu kamu perhatikan, diantaranya:
1. Tidak semua laptop dari berbagai pabrikan melengkapi engsel laptop mereka dengan bahan berkualitas atau dengan mekanisme engsel buka tutup yang kokoh. Karena kita ketahui sama-sama dari satu produsen laptop saja ada banyak seri dan kalau diklasifikasikan secara umum, terdapat dua jenis laptop yaitu laptop premium yang memiliki kualitas serta spesifikasi tinggi dan ada juga laptop kelas ekonomi yang mana ini adalah laptop dengan bahan dan spesifikasi rendah. Hal ini lah yang membuat kamu harus tetap berhati-hati dalam membuka maupun menutup laptop.
2. Ini sebenarnya masih lanjutan dari no. 1, yaitu resiko kabel flexibel putus. Nah kasus seperti ini biasanya cukup banyak ditemui pada laptop entry level yang mana memang bahannya sendiri tidak terlalu kokoh.
3. Bad Sector Harddsik. Biasanya dialami oleh laptop yang masih menggunakan media penyimpanan bergerak seperti HDD. Karena kita ketahui sama-sama jika HDD baru bisa membaca data setelah piringannya berputar. Nah berputarnya piringan HDD ini akan sangat berbahaya ketika laptop terguncang, yang mana dapat mengakibatkan kerusakan. Solusinya bisa dengan mengganti ke SSD.


Bagaimana dengan kesehatan baterai?
Sejauh mengalaman admin menggunakan laptop, kesehatan baterai dipengaruhi oleh berbagai faktor, jadi bukan hanya buka tutup laptop saja yang bisa mempengaruhi kesehatan baterai laptop. Untuk lebih lengkapnya silahkan kamu simak penjelasan lengkapnya di sini tentang bagaimana caranya merawat baterai laptop.

Sekarang kamu sudah tahu kan apakah aman menutup laptop dalam keadaan menyala. Buat yang mau nambahin atau ralat bisa tuliskan di kolom komentar. Apa yang admin ketikkan ini berdasarkan pengalaman admin sendiri selama menggunakan laptop dari Toshiba M645 hingga Acer E5-475G saat ini. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subcribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin Miuitutorial.com

Amankah Menutup Laptop Dalam Kondisi Menyala?