Tolong Kasih Rekomendasi Racikan PC Gaming Setting Ultra + Bisa Rendering Video 4K? Coba Racikan Ini!

Dalam waktu dekat ini kamu ingin meracik komputer powerfull guna mengakomodir semua kebutuhan? Yang Jelas ingin bisa main Game di setting rata kanan alias Ultra namun juga ingin tetap bisa memenuhi produktivitas berat semisal Rendering video 4K? Nah coba racikan PC dari admin RacikPC.com berikut ini. Dijamin ga bakal nyesel!

Tolong Kasih Rekomendasi Racikan PC Gaming Setting Ultra + Bisa Rendering Video 4K? Coba Racikan Ini!

Tolong Kasih Rekomendasi Racikan PC Gaming Setting Ultra + Bisa Rendering Video 4K? Coba Racikan Ini!
Tolong Kasih Rekomendasi Racikan PC Gaming Setting Ultra + Bisa Rendering Video 4K? Coba Racikan Ini!

Berawal dari merasa iba akan Laptop Acer E5-475G yang secara terus-menerus sering admin pakai guna kebutuhan main game serta rendering video, sehingga selalu melakukan kerja berat yang ditandai dengan suara fan Laptop berbunyi kencang, walhasil admin ingin mengistirahatkan Laptop kesayangan ini guna digantikan dengan sebuah PC Powerfull yang bisa mengakomodir semua kebutuhan admin seperti bermain Game serta Rendering video.

Walhasil sekitar 2 Minggu, admin melakukan banyak survey, nonton review, minta saran dari forum dan grup-grup facebook, serta mempertimbangkan budget dan juga monitor saat ini masih HD. Iya, admin masih menggunakan Monitor HD resolusi 1360x768 dari LG Flatron W1943C. Mengingat monitor ini masih sehat Wal afiat tidak ada tanda-tanda dead pixel atau lainnya, sehingga admin mempertimbangkan untuk meracik PC dengan spesifikasi sebagai berikut:

- CPU Ryzen 1600x yang sudah 6 Core 12 Threat
- VGA Nvidia GTX 1060 6GB dari Digital Alien/Palit
- RAM Geil Evo X RGB 16GB (2x8GB)
- Motherboard Asus ROG Stix B350 -F Gaming
- HSF Cooler Master Hyper 212 Turbo LED
- PSU Seasonic M12 II Bronze EVO Edition 520W
- Case Aigo Atlantis Front & Side Tempered Glass
- 7 Fan Aigo RGB + Remote Controller
- Keyboard Logitech 213 Prodigy
- Mouse Logitech Silent Click M331
- SSD M.2 256GB dari Team
- HDD WD Blue 2TB
- Hiasan Tanaman Palsu Ikea Fejka
- Speaker Xtecgo USB Murah-Meriah
- Deepcool RGB Strip 380
- Xiaomi Gamepad Bluetooth Stick
- Xiaomi Mi Wifi USB
- Orico Bluetooth USB Doungle v4.0
- Windows 10 Pro Key Original
- Microphone Taffware BM800
- Converter HDM to VGA - DSUB (Optional)
- TP Link-HA100 Bluetooth Audio (optional)

Sedikit cerita, awalnya admin RacikPC.com ingin mengambil Nvidia GTX1070 dari Asus ROG Strix, namun karena harganya yang mahal pake banged, belum lagi stoknya yang super terbatas atau bis dibilang langka pake banged, akhirnya admin coba ambil yang setara harganya dan jatuhlah pilihan pada Nvidia GTX1080 dari Inno3D.

Hal ini jadi pertimbangan admin agar bisa future proof kedepannya. Yah setidaknya untuk 5 tahun kedepan, namun mengingat resolusi monitor admin yang masih HD, ditambah lagi kayaknya belum ada rencana mau pakai monitor 4K (Monitor 1360 x 768 saja masih nyaman dipakai harian). Akhirnya admin lebih memilih GTX1060 dari Digital Alien Super Jet Stream dengan VRAM 6GB.


Lah kenapa melenceng ke GTX1060 Digital Alien? Karena pada saat admin meracik PC ini, harga-harga komponen terutama VGA dan RAM sangat mahal, belum lagi ketersediaan stock yang sedikit bahkan bisa dibilang langka. Selain itu admin sudah melakukan cek review dulu sebelumnya pada Palit Digital Alien GTX1060 ini, dan sejauh yang admin lihat di kelas harganya, Palit GTX1060 ini sudah punya based clock dan boost clock yang lebih tinggi dari kompetitor. Belum lagi sudah ada back plate.

Sedangkan untuk pemilihan CPU sendiri admin sudah bulat dari awal untuk memilih platform AMD melalui lini terbarunya yaitu Ryzen. Hanya saja di awalnya admin memilih untuk menggunakan CPU Ryzen 5 1500x, namun dengan pertimbangan kedepan, jadi pilih 1600x. Sedikit info jika Ryzen 1600x sudah memiliki 6 core dan 12 Threat sehingga sangat bagus ditujukan buat pengguna yang suka rendering video, namun juga ingin bisa bermain game.


Dibanding IPC intel yang kuat pada Single core nya, Single core pada AMD Ryzen memang tidak bisa menyainginya, namun begitu untuk score multicore, jelas CPU Ryzen bisa membantai jauh si Core i7 milik Intel. Admin tahu ini setelah banyak baca nonton review dari YouTube.

Untuk RAM sendiri admin menggunakan Geil EVO X dengan kapasitas 16Gb atau 2x8GB. Seperti yang sudah admin infokan di awal tadi. Sulitnya mencari RAM hampir sama sulitnya dengan mencari VGA. Kalaupun ada, harganya selangit. Belum lagi issue kompabilitas pada Platform AMD Ryzen membuat admin RacikPC.com harus sangat selektif dalam membeli. Bisa-bisa jadi mubazir jika tidak bisa digunakan.


Setelah berkutat dengan toko Online (Toko offline di kota admin tidak bisa diharapkan, sudah mahal pilihan juga sedikit), akhirnya admin akhirnya bisa dapat juga RAM Kit dari Geil EVO X RGB 16GB. Kesan admin rasanya memang beda dengan selama ini yang cuma bisa mampu beli RAM buat Laptop. Maklum baru pertama kali rakit PC.

Pastinya semua itu tidak akan bisa digunakan jika tidak ada Motherboard. Nah untuk yang satu ini admin tidak mau main-main, jadi langsung meminang yang sudah terbukti saja kualitasnya. Pilihan admin ada dua yaitu Gibabyte dan ASUS ROG. Namun karena kedua harganya tidak terpaut jauh yang hanya beda puluhan ribu saja, maka admin pilih ROG STRIX B350-F Gaming dari ASUS.


Selain karena faktor Trust, banyak juga yang merekomendasikan Motherboard ini, selain dari tampilan terlihat lebih keren, soal durabiliti juga sudah menjadi jaminan. Admin sendiri sih baru pertama kali ini rakit PC, namun kabarnya soal klaim garansi. Motherboard Asus mudah kok. Yah semoga saja selama pemakaian tidak ada masalah. Mengingat admin berbeda kota dengan si penjual.


Dan karena CPU Ryzen 1600x tidak mendapatkan stock cooler, walhasil untuk yang satu ini admin beli terpisah dan HSF yang admin beli ada cooler Master Hyper 212 LED. Pemilihan cooler sendiri tidak lama kok, admin sudah yakin ingin lebih memilih Air Cooler ketimbang Water Cooler agar terhindar dari masalah waterpump yang mati tiba-tiba serta rawan bocor.

Casingnya sendiri admin pilih yang bisa menampilkan keseluruhan dari komponen, yang berarti lebih menitik beratkan pada estetika. Awalnya ingin memilih dari brand Game Cube, namun teracuni oleh salah seorang member grup Builder PC Indonesia yang merekomendasikan Case dari Aigo yaitu Aigo Atlantis.


Casingnya memang keren, sekeren harganya, hahaha... Namun yang bikin admin terkejut adalah ketika sudah tiba di rumah. Ini cover case kayak terbuat dari kaca meja. tebal banged. Soalnya di deskripsi produk tertulis jika front dan side panel terbuat dari tempered Glass, tapi yang ini kayak kaca meja tebalnya.

Akan tetapi setelah dapat wejangan dari orang yang lebih ngerti soal PC, memang wajar-wajar saja sih jika side panel PC setebal itu. Shock juga soalnya, tak kirain tipis kayak tempered Glass pada kebanyakan Smartphone Xiaomi yang sudah admin pakai selama ini. Sebenarnya casing PC dari Aigo ini sudah menggratiskan 3 fan, namun karena tidak RGB jadi admin RacikPC.com belikan fan dari Aigo beserta remote kontrollernya sebanyak 7 buah.

Masih ada yang kurang? Jelas semua komponen PC tersebut tidak akan menyala jika tidak ada PSU atau Power Supply Unit. Sama seperti Motherboard, untuk PSU juga admin prioritaskan, maka pilihan yang tepat ada pada Seasonic. Awalnya admin ingin membeli yang versi 80+ Gold namun karena stoknya sudah habis dan belum modular juga, walhasil cuma bisa pilih Seasonic M12 II 520W.


Kalau admin kalkulasi di calculator PSU Seasonic, kebutuhan akan PC yang akan admin rakit ini di sekitaran 350, namun karena ukuran segitu tidak ada, selain itu juga yang tersedia hanya 520W, jadi admin ambil yang versi ini. Dalam waktu kedepan juga tidak ada rencana ingin overclock maksimal. paling juga RAM yang akan diaktifkan profile XMP nya.

Okey setelah bercerita panjang lebar, sekarang giliran proses perakitan. Untuk yang satu ini sudah admin rangkum dalam sebuah video pendek di bawah ini. Enjoy it!


Semoga artikel beserta video yang sudah admin RacikPC.com buat ini bisa bermanfaat buat kamu, apalagi buat yang berencana ingin rakit PC dalam waktu dekat ini. Admin sendiri masih newbie soal rakit PC sehingga belum bisa menampilkan secara penuh proses perakitan. Mungkin kedepannya nanti akan admin buatkan video khusus tentang perakitan PC dari awal hingga akhir.

Sekian artikel tentang Rekomendasi Racik PC Best Value untuk Gaming setting ultra dan Rendering Video 4K. Jika ada yang kurang dipahami silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com

Tolong Kasih Rekomendasi Racikan PC Gaming Setting Ultra + Bisa Rendering Video 4K? Coba Racikan Ini!