Muncul Suara Noise Kresek-Kreset Ssssttt pada Hasil Rekaman Suara Kamu? Gunakan Noise Reduction: Ini Tata Caranya!

Muncul suara keresek-keresek pada hasil rekaman suara kamu sehingga menurunkan kualitas rekamannya? Nah buat yang kena masalah ini, jangan panik dulu karena masih ada kok cara yang bisa kamu lakukan agar hasil rekaman suara kamu tersebut terselamatkan yaitu dengan menggunakan salah satu fitur bernama Noise Reduction. Apa itu Noise Reduction dan bagaimana cara menggunakannya. Selengkapnya akan admin bahas berikut ini.

Muncul Suara Noise Kresek-Kreset Ssssttt pada Hasil Rekaman Suara Kamu? Gunakan Noise Reduction: Ini Tata Caranya!

Muncul Suara Noise Kresek-Kreset Ssssttt pada Hasil Rekaman Suara Kamu Gunakan Noise Reduction Ini Tata Caranya!
Muncul Suara Noise Kresek-Kreset Ssssttt pada Hasil Rekaman Suara Kamu Gunakan Noise Reduction Ini Tata Caranya!

Ada kalanya pada saat setelah melakukan perekaman suara baik menggunakan Microphone internal Laptop ataupun Microphone eksternal seperti Mic Stand atau Microphone Kondensor, kita mendengarkan suara berisik seperti suara ssstttt atau suara keresek-Kresek yang entah datangnya suara tersebut dari mana.

Yah, suara seperti kresek-kresek seperti ini disebut Noise dan ini sangat wajar sekali terjadi di dunia perekaman suara. Jadi jangan heran jika kamu sering melihat ruang rekaman suara dinding-dindingnya dilapisi dengan semacam busa. Itu dikarenakan sang mereka tidak ingin adanya suara Noise yang ikut terekam juga di hasil akhir nanti.

Bagaimana dengan ruang rekaman yang tidak dilapisi peredam suara? Tentu suara Noise yang dihasilkan akan lebih banyak dan besar lagi. Ujung-ujungnya sang editor suara pun bakal ditambah rumit untuk membersihkan Noise pada suara rekaman tersebut.

Admin hafal betul masalah Noise pada suara ini karena ya admin selalu menemui masalah Noise ini ketika selesai proses perekaman suara. Hal ini juga karena ruangan atau kamar yang admin gunakan untuk rekaman suara tidaklah kedap, sehingga sangat wajar sekali jika suara dari luar juga ikut masuk dan terekam oleh Microphone.

Namun jangan khawatir, masalah Noise suara ssstttt kresek-kresek tersebut bisa kamu hilangkan dengan mudah kok. Yup, jadi kalau misalkan kamu tidak cukup dana untuk memasang peredam suara di ruang rekaman, kamu cukup melakukan Noise Reduction menggunakan software audio editor seperti Audacity. Adapun tata cara penghilangan suara Noise tersebut sebagai berikut:

Bahan:
- Audacity di sini

Caranya:
1. Silahkan ambil dan install aplikasi Audacity yang sudah admin sertakan link unduhnya di atas
2. Setelah itu jalankan aplikasi Audacity tadi
3. Klik tombol rekam berwarna merah di aplikasi Audacity
4. Nantinya bar rekaman akan berjalan
5. Nah pada saat proses rekaman suara berjalan, kamu jangan bersuara dulu tapi biarkan kira-kira 5 hingga 10 detik Audacity merekam kondisi suara Noise yang ada di sekitar kamu
6. Setelah 5 hingga 10 detik tadi terlewati, barulah kamu boleh merekam suara kamu
7. Setelah selesai merekam suara > tekan tombol stop
8. Sekarang kamu perhatikan bar dari detik 0 ke detik 10 (jika kamu tidak bersuara hingga detik ke 10)
9. Kemudian sorot dari detik 1 ke detik 10
10. Setelah itu klik efek > Noise Reduction > Get Noise profile
11. Kemudian kamu sorot ke semua menit di Audacity
12. Klik kembali efek > Noise Reduction > kemudian tekan OK
13. Perhatikan sekarang Noise pada bar sudah menghilang dan kamu sudah bisa mengedit lagi hasil rekaman suara kamu menggunakan efek lain


Admin sendiri butuh beberapa kali melakukan Noise Reduction pada hasil rekaman suara, karena biasanya kalau cuma 1 kali saja maka Noise nya itu masih ada sehingga butuh berulang kali atau setidaknya sampai kamu tidak melihat lagi ada Noise yang muncul. Tapi perlu diingat, terlalu sering melakukan Noise Reduction maka hasil rekaman suara tadi akan terasa mendem atau tidak terdengar seperti aslinya lagi. Sehingga kembali lagi ke kamu, pintar-pintar dalam menggunakan fitur efek Noise Reduction.

Penggunaan Noise Reduction ini sebagai langkah terakhir misalkan memang kamu kesulitan untuk menciptakan ruangan yang kedap atau bebas suara bising. Terlebih karena faktor dana tadi, nah fitur Noise Reduction inilah yang bekerja. Namun sebagai sebuah software editor audio biasa tentu memiliki kekurangan dibanding jika kamu menyeting ruangan agar kedap suara.

Jadi kembali lagi ke pintar-pintarnya kamu dalam menggunakannya. Itulah Tips yang admin bisa bagikan ke kamu tentang bagaimana caranya menghilangkan suara Noise kresek-kresek ssstttt pada sebuah hasil rekaman audio. Jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta Subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Muncul Suara Noise Kresek-Kreset Ssssttt pada Hasil Rekaman Suara Kamu? Gunakan Noise Reduction: Ini Tata Caranya!