Cara Merubah DVD ROM Laptop yang Tidak Terpakai Lagi Menjadi DVD ROM Eksternal Serbaguna

Bisakah DVD Rom Laptop yang selama ini tidak terpakai lagi diubah menjadi DVD Rom Eksternal? Karena terkadang masih dibutuhkan. So pasti bisa banged dan bahan-bahan yang diperlukan juga terbilang mudah dicari. Tanpa berlama-lama lagi, inilah dia tutorial cara merubah DVD Internal Laptop menjadi DVD Rom Eksternal.

Cara Merubah DVD ROM Laptop yang Tidak Terpakai Lagi Menjadi DVD ROM Eksternal Serbaguna

Cara Merubah DVD ROM Laptop yang Tidak Terpakai Lagi Menjadi DVD ROM Eksternal Serbaguna
Cara Merubah DVD ROM Laptop yang Tidak Terpakai Lagi Menjadi DVD ROM Eksternal Serbaguna

Beberapa dari kamu adakah yang masih menggunakan DVD ROM baik di laptop maupun di PC Desktop? Yah..yah, sepertinya media penyimpanan berupa piringan cakram sudah lama ditinggalkan karena kurang praktis, mudah rusak dan juga memiliki keterbatasan kapasitas penyimpanan. Admin sendiri sudah beberapa tahun lalu tidak lagi menggunakan kaset DVD, maupun CD. Terakhir kali admin RacikPC.com gunakan ketika ingin mengumpulkan softcopy dari skripsi ke pihak perpustakaan, rektorat dan dekanat.

Penggunaan kaset DVD dan DVD Rom itu sendiri saat ini memang sudah jarang admin lihat, namun buat kamu yang membeli laptop terutama laptop multimedia di rentang harga 5 hingga 10 juta sepertinya masih akan mendapati DVD ROM. Mengingat segmen Multimedia bukan dikhususkan untuk Gaming jadi wajar saja jika masih diberikan DVD Rom sebagai paket penjualan produsen laptop. Sebagai contoh pada saat admin membeli laptop Acer E5-475G yang pernah admin review di sini dan juga di sini masih mendapatkan DVD Rom Re-Write.

Yah karena sudah tidak digunakan lagi, walhasil dari pada mubazir maka admin ganti space DVD Rom tersebut menjadi HDD Caddy yang lebih bermanfaat (Buat kamu yang tertarik ingin juga mengubah DVD Rom menjadi HDD Caddy bisa ikuti tutorialnya di sini). Namun begitu adakalanya kita masih butuh juga DVD Rom terutama ada beberapa data yang pernah kita simpan di Kaset DVD. Walhasil mau tidak mau DVD Rom yang sudah dicopot tadi menjadi HDD Caddy wajib dilepas lagi.

Nah dari pada repot seperti itu, kenapa tidak kamu ubah saja DVD Rom Internal Laptop tadi menjadi DVD Rom Eksternal sehingga bisa digunakan kapan saja? "Memang bisa min?" Tentu saja bisa dan alat-alat yang kamu butuhkan pun bisa didapatkan dengan sangat mudah. Ada 2 cara yang dapat kamu gunakan agar bisa merubah DVD Rom internal laptop menjadi DVD Eksternal yaitu:

Cara 1: Menggunakan Kabel Slimline SATA
Kabel Slimline SATA ini bisa kamu dapatkan di toko komputer terdekat di kota kamu atau cara yang paling mudah adalah dengan mencarinya di toko online. Harga dari kabel Slimline SATA ini sendiri murah, mulai dari 60 ribu rupiah. Bentuk dari kabel Slimline SATA in juga cuma terdiri dari 2 ujung kabel USB tipe B yang mana kedua ujung tadi disatukan dalam format Slimline SATA. Proses pemasangannya juga terbilang sangat mudah, tinggal kamu colokan Port Slimline SATA tadi ke Port yang ada di DVD Rom Laptop dan seketika bisa langsung gunakan baik itu di laptop sendiri maupun PC Desktop via Port USB 2.0 atau 3.0.

Cara Merubah DVD ROM Laptop yang Tidak Terpakai Lagi Menjadi DVD ROM Eksternal Serbaguna

Walau terbilang murah, salah satu kelemahan dari menggunakan kabel USB Slimline SATA ini adalah jika Grounding listrik yang ada di rumah kamu buruk, maka akan sangat mudah sekali terkena sengatan listrik statis. Namun begitu masih ada cara yang bisa kamu gunakan agar bisa memperbaiki masalah listrik statis ini yaitu dengan memperbaiki Groundingnya, untuk yang satu ini sudah pernah admin buatkan tutorialnya di sini, silahkan di cek. Selain itu kamu juga bisa menggunakan DVD Case eksternal yang nantinya akan admin bahas di point kedua.

Cara 2: Menggunakan DVD Case Eksternal
Jika kamu ingin membuat DVD Internal to Eksternal menjadi lebih rapi maka gunakanlah DVD Case Eksternal. Untuk cara yang kedua ini memang terbilang mahal, mulai dari Rp 110.000,- hingga 150 ribu rupiah hanya untuk case DVD Eksternalnya saja. Dengan harga seperti ini bisa kamu belikan DVD Eksternal tipe Write saja. Namun begitu salah satu kelebihannya tadi DVD Eksternal laptop menjadi rapi dan terbebas dari yang namanya sengatan listrik statis. "Yah, sama saja beli DVD Eksternal donk min kalau harga segitu?"

Cara Merubah DVD ROM Laptop yang Tidak Terpakai Lagi Menjadi DVD ROM Eksternal Serbaguna

Maka dari itu kalau kamu tidak mau keluar uang banyak, bisa coba membeli DVD Rom Eksternal Bekas di tukang loak. Kebanyakan memang yang dijual mereka itu adalah DVD Eksternal yang sudah lemah laser disc nya. Nah yang kita butuhkan sebenarnya adalah board dari DVD Eksternal itu serta casenya. Harganya sendiri murah dan jika pandai menawar, maka akan jauh lebih murah lagi.

Buat yang pingin tahu lebih jauh lagi bagaimana cara merubah DVD Internal Laptop menjadi DVD Eksternal bisa tonton videonya di bawah ini:


Itulah yang bisa admin bagikan ke kamu tentang caranya merubah DVD Rom Internal laptop menjadi DVD Rom Eksternal dan pastinya based on pengalaman. Jika kamu punya pengalaman yang sama atau punya solusi lain silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta Subscribe channel RacikPC Indonesia guna mendapatkan tutorial komputer berbasis Windows berbahasa Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Cara Merubah DVD ROM Laptop yang Tidak Terpakai Lagi Menjadi DVD ROM Eksternal Serbaguna