Cara Memperbaiki PC dan Laptop yang Suka Nyetrum Sendiri: Fix Grounding Listrik di Rumah

PC atau laptop kamu terasa nyetrum ketika digunakan? terutama untuk laptop di bagian keyboard dan PC di bagian casing? Apakah memang seperti ini adanya atau memang ada yang salah pada laptop dan PC kamu? Buat kamu yang sedang mengalami hal ini, pada artikel kali ini admin akan coba bagikan tutorial bagaimana cara memperbaiki Grounding listrik pada Laptop dan PC. Simak baik-baik.

Cara Memperbaiki PC dan Laptop yang Suka Nyetrum Sendiri: Fix Grounding Listrik di Rumah

Cara Memperbaiki PC dan Laptop yang Suka Nyetrum Sendiri: Fix Grounding Listrik di Rumah
Cara Memperbaiki PC dan Laptop yang Suka Nyetrum Sendiri: Fix Grounding Listrik di Rumah

Admin yakin dari sekian banyak dari kamu yang suka berlama-lama beraktivitas di depan komputer atau mungkin cuma sekali saja untuk mengerjakan tugas skripsi di laptop, pasti pernah merasa kesetrum kan? Kenapa admin sebut "kerasa kesetrum" ? Itu tidak lain sebenarnya kalau dibilang kesetrum juga tidak dalam artian penuh, jadi kayak ada sensasi listrik kejut dengan voltase rendah yang tiba-tiba mengenai kamu, entah itu di area keyboard laptop, casing PC atau apa pun yang terbuat dari metal dari bagian komputer mu. Jadi bisa saja Keyboard Add on PC yang juga ikut nyetrum.

Kalau hal seperti itu yang kamu rasakan, berarti Grounding listrik di rumahmu sedang tidak bagus atau memang dari awal pemasangan instalasi listrik sudah tidak dipasang Groundingnya. Grounding listrik atau pertanahan dapat diartikan sebagai tenaga potensial dari listrik yang ikut bocor ketika proses pendistribusian listrik dari meteran listrik kamu ke rumah (kamar, dan ruangan lain yang ada di dalam rumah tersebut). Oleh karena itu diperlukan Grounding yang fungsinya semacam penetral agar listrik sisa tadi bisa tersalurkan ke tanah yang mana sifat tanah yang sifatnya menetralkan.

Admin sendiri pernah mengalami kesetrum listrik ketika menyentuh bagian case PC di bagian belakang yang pernah admin rakit di sini, dan juga sebelumnya pernah mengalami sensasi kesetrum di Laptop Acer E5-475G yang juga pernah di post di sini. Nah buat kamu yang punya masalah Grounding listrik di rumah, terkhusus pada PC yang suka nyetrum ketika dipegang pada bagian tertentu, bisa coba tutorial berikut ini.

Alat:
- Obeng
- Stop Kontak yang akan Diperbaiki Groundingnya
- Seutas kabel tembaga
- Paku
- Selotip Khusus Listrik warna hitam

Caranya:
1. Silahkan buka Stop Kontak tadi menggunakan obeng yang sudah disiapkan
2. Setelah terbuka, perhatikan pada baut yang berada di tengah dekat baut pengunci kabel listrik. Nah itu adalah baut Grounding dimana kita nanti akan mengaitkan kabel
3. Kaitkan kabel ke baut Grounding tadi lalu ujung lainnya kamu kaitkan pada paku. Jangan lupa untuk dislotip juga
4. Setelah itu tutup kembali Stop Kontak tadi
5. Ujung paku kamu tancapkan ke tanah atau sela2 lantai
6. Semakin panjang paku yang tancap pada tanah maka akan semakin bagus Grounding listriknya


Apabila cara di atas masih menyisakan listrik statis di case PC kamu, coba kaitkan kabel Grounding ke bagian yang di rasa ada setrum listriknya seperti cara di atas tadi. Oh iya kalau memang lantai kamu sudah di keramik dan khawatir malah bisa merusak lantai, bisa juga dengan memakukannya ke tembok.

Sebenarnya ada cara Grounding Listrik yang lebih bagus dan efektif lagi yaitu dengan langsung memasang kabel Grounding dari meteran listrik kamu ke tanah, tapi ini terlalu berbahaya buat orang yang kurang paham tentang instalasi listrik. Belum lagi memang dilarang membuka meteran listrik kalau bukan orang PLN nya langsung.

Sekian tutorial cara memperbaiki Grounding Listrik pada PC atau laptop nyetrum sendiri, jika kamu punya cara lain yang lebih mudah dan efektif, silahkan tulis di kolom komentar, dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam Admin Miuitutorial.com

Cara Memperbaiki PC dan Laptop yang Suka Nyetrum Sendiri: Fix Grounding Listrik di Rumah