DVD Rom Di Leptop Kamu Jarang Digunakan? Bagaimana Kalau Dipasang HDD Kedua Saja Via HDD Caddy? Ini Tutorial Lengkap Cara Pemasangannya!

Ada yang sempat kepikiran sebenarnya apa fungsi DVD rom pada Laptop di zaman serba download saat ini? Kan mubazir saja jika tidak digunakan. Nah bagaimana kalau ruang DVD Rom yang tidak terpakai tersebut dialokasikan saja menjadi Harddisk kedua kamu. Beneran bisa nih? Memang bagaimana caranya? Simak tutorial cara memasang HDD Caddy pada Laptop berikut ini. Tested di Acer E5-475G dan E5-476G.

DVD Rom Di Leptop Kamu Jarang Digunakan? Bagaimana Kalau Dipasang HDD Kedua Saja Via HDD Caddy? Ini Tutorial Lengkap Cara Pemasangannya!

DVD Rom Di Leptop Kamu Jarang Digunakan? Bagaimana Kalau Dipasang HDD Kedua Saja Via HDD Caddy? Ini Tutorial Lengkap Cara Pemasangannya!
DVD Rom Di Leptop Kamu Jarang Digunakan? Bagaimana Kalau Dipasang HDD Kedua Saja Via HDD Caddy? Ini Tutorial Lengkap Cara Pemasangannya!

Coba kamu ingat-ingat dulu, terakhir kali kapan kamu menggunakan DVD rom yang ada di Laptop! Atau setidaknya membeli film, musik dalam bentuk kaset lalu memutarnya di DVD Rom Laptop. Nah loch, jangan-jangan kamu sendiri saja baru ingat jika ada DVD rom di Laptop haha... kebangetan sih lupanya.

Yah mau gimana lagi memang, jaman sekarang hampir semua orang terutama yang tinggal di kota-kota besar sudah melupakan yang namanya keping digital alias DVD. Keping digital saat ini lebih sering digunakan untuk kaset game Playstation atau Xbox dalam bentuk keping Blue-ray dan itu pun juga sudah ada PSN dan Windows Store sebagai pengganti kaset digital.

rasanya memang jika menggunakan keping/kaset DVD sudah ketinggalan zaman, tidak praktis lagi dan pasti lebih rentan rusak. Di kota admin sendiri pun sudah cukup jarang ditemukan pedagang kaset DVD, apalagi VCD. Orang-orang lebih suka nonton di YouTube atau streaming lagu di spotify. Lantas apa gunanya DVD rom yang ada pada Laptop?

Hem admin RacikPC.com juga berpikiran seperti itu, apa sih sekarang gunanya DVD rom pada Laptop? Kenapa tidak diganti saja dengan Fan atau kipas kedua sehingga lebih adem laptopnya atau mungkin bisa dibuang saja DVD rom pada Laptop sehingga body pada Laptop tersebut semakin tipis nan ramping.

Contoh kasus pada saat admin membeli Laptop Acer E5-475G yang pernah admin unboxing dan review di sini juga masih dibekali DVD rom. Jujur selama mas pakai Laptop tersebut admin jarang sekali menggunakan DVD rom. Kalaupun digunakan itu hanya untuk mengecek apakah DVD rom ini masih berfungsi atau tidak.

Nah dari pada mubazir tidak terpakai, admin jadi kepikiran untuk mencabut DVD rom pada Laptop Acer E5-475G kemudian menggantikannya Harddisk kedua. Yah, kenapa tidak dipasangi HDD kedua saja dari pada space DVD rom tersebut tidak digunakan. Oleh karena itu admin mulai hunting HDD Caddy di toko-toko online.

Sejauh yang admin RacikPC.com tahu hingga saat ini, ada 2 jenis HDD Caddy berdasarkan ukurannya yaitu HDD Caddy ukuran 9,5 mm dan 12,7 mm. Umumnya untuk Laptop jaman sekarang sudah menggunakan HDD Caddy ukuran 9,5 mm sedangkan untuk Laptop keluaran lama masih menggunakan 12,7 mm.
Apa bedanya dari kedua HDD Caddy tersebut? Secara umum sih tidak ada bedanya hanya perbedaan pada ketebalan saja, jadi sesuaikan saja dengan ketebalan DVD rom Laptop kamu. Disini kebetulan admin masih punya HDD dari Laptop lama dengan ukuran 2,5 inchi jadi bisa dipasangkan pada HDD Caddy.

Cara pemasangannya pun cukup mudah:
1. Di dalam paket HDD Caddy tersebut sudah ada HDD Caddy nya sendiri
2. Obeng kecil bentuk kembang atau +
3. Tinggal lepas DVD Rom pada Laptop kamu (melepasnya tidak perlu harus membongkar Laptop secara keseluruhan tapi cukup lepas mur atau baut yang ada di dekat slot DVD rom. Karena itu ada baut pengunci DVD rom)
4. Kemudian tarik DVD rom tersebut ke arah luar
5. Nah kamu pindahkan bagian dari DVD rom tersebut semisal pengait DVD rom ke HDD Caddy karena pada paket HDD Caddy tidak disertakan pengait jadi harus dipindahkan
6. Setelah itu lepas juga penutup DVD rom lalu pindahkan ke HDD Caddy agar terlihat matching. Di paket pembelian HDD Caddy sebenarnya dikasih fake penutup DVD rom tapi bentuknya kotak jadi kadang tidak sesuai dengan model dari Laptop kita
7. Sekarang tinggal kamu pasangkan saja Harddisk 2,5 inchi ke HDD Caddy lalu kunci dengan baut
8. Setelah itu pasangkan ke Laptop dan kunci kembali dengan baut
9. Masuk ke Windows Explorer kemudian lihat apakah HDD kedua kamu sudah terdeteksi
10. Agar lebih mudah dipahami, sudah admin buatkan tutorial ini dalam bentuk video. Silahkan disimak:


Oh iya kalau kamu perhatikan ada switch atau cetekan di bagian belakang HDD Caddy. Fungsi dari cetekan tersebut adalah untuk kompabilitas misal SATA atau ATA. Jadi kamu gunakan switch tersebut jika tidak terdeteksi di Windows Explorer. Sepengalaman admin soal kecepatan transfer data sama saja dengan HDD bawaan mengingat kedua HDD tersebut sama-sama memiliki 5400 RPM.

Jika suatu saat nanti kamu ingin menggunakan DVD rom, tinggal di ganti saja. tapi yakinlah admin saja sudah lupa taruh DVD rom nya dimana haha.. Oh iya tutorial cara mengganti DVD rom dengan HDD Caddy ini juga tidak hanya berlaku pada Laptop Acer E5-475G saja tapi juga bisa kamu terapkan pada Acer E5-476G yang sudah menggunakan Geforce MX150 serta pada Laptop jenis lainnya. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk +1, like dan bagikan, salam admin RacikPC.com

DVD Rom Di Leptop Kamu Jarang Digunakan? Bagaimana Kalau Dipasang HDD Kedua Saja Via HDD Caddy? Ini Tutorial Lengkap Cara Pemasangannya!