Review Keyboard Logitech K810 Multi-Device: Si-Minimalist yang Tak Resmi di Indonesia

Sudah 2 minggu lebih admin menggunakan keyboard dari Logitech yaitu K810, terhitung semenjak upload video pengalaman belanja di Amazon Amerika melalui situs HargaDunia.com pada tanggal 24 Juli 2018 dan sekarang saatnya admin akan bagikan ke kamu reviewnya. Namun di artikel kali ini admin lebih kepada alasan kenapa admin membeli keyboard mungil nan minimalis ini. So Tanpa berlama-lama lagi langsung kita mulai saja 5 alasan kenapa admin membeli Keyboard Logitech K810 Multi Device.

Review Keyboard Logitech K810 Multi-Device: Si-Minimalist yang Tak Resmi di Indonesia

Review Keyboard Logitech K810 Multi-Device: Si-Minimalist yang Tak Resmi di Indonesia
Review Keyboard Logitech K810 Multi-Device: Si-Minimalist yang Tak Resmi di Indonesia

Nama Logitech sendiri sudah cukup terkenal di kalangan pengguna aksesoris komputer di Indonesia. Sejauh ini Logitech sudah mengeluarkan berbagai macam peripheral seperti Mouse, Headset, Wireless Pointer, Stick Controller Gamepad, Mousepad, speaker, dan yang cukup sering diupdate saat ini adalah Keyboard.

Yup, admin sendiri bisa dibilang salah satu pengguna loyal produk Logitech. Alasannya tidak lain karena produk yang mereka buat itu sangat baik, terlebih dengan harga yang mereka tawarkan juga terbilang murah dibandingkan kompetitor. Sebut saja keyboard Logitech 213 dan Mouse Logitech 213 Prodigy. Kedua barang tadi bisa disebut peripheral sejuta umat.

Namun kali ini admin kepincut dengan salah satu lini Keyboard mereka yaitu Logitech K810 Multi Device. Disebut Multi Device karena salah satu kelebihan dari keyboard ini adalah kemampuannya untuk bisa terhubung secara bergantian pada 3 device langsung seperti Laptop, Smartphone dan tablet. Well, tanpa berlama-lama lagi inilah dia 5 alasan kenapa admin benar-benar suka dan membeli Keyboard Logitech K810.

Design Minimalis, Elegan dan Mewah
Ini nih alasan utama kenapa admin RacikPC.com sangat menyukai Keyboard Logitech K810. Designnya itu loh yang minimalis tidak ada embel-embel RGB, ukurannya juga terbilang mungil bahkan ketebalannya sendiri hanya sedikit lebih dari Smartphone Xiaomi Mi5 Pro.

Rangka Keyboard Logitech K810 ini sendiri terbuat dari bahan metal abu-abu gelap di bagian keycap dan juga mika berwarna hitam di bagian tombol function. Dari kejauhan saja sudah nampak jelas aura kemewahan, legan yang dipancarkan oleh Keyboard Logitech K810 ini.

Sedangkan untuk bagian bawah sendiri terdapat 4 point rubber pad yang juga minimalis. Yah point jual dari Keyboard Logitech K810 ini adalah bentuk mungil minimalis dan kesan elegannya. Pada bagian samping sendiri terdapat 1 tombol Power dan satu lagi tombol Connect untuk bluetooth.

Oh iya, admin punya Mechanical keyboard dari MagicForce 82 Keys dengan Cherry MX Blue Switch yang pernah admin review juga di sini dan jika disandingkan keduanya, terlihat sangat jelas jika Keyboard Logitech K810 ini benar-benar slim.

Feel Mengetik yang Sama dengan Laptop Tapi Lebih Empuk
Setiap orang tentu memiliki preferensi mengetik yang berbeda-beda ya, mungkin ada yang suka dengan keyboard rubber dome, ada yang lebih memilih Mechanical keyboard atau keyboard rubber yang low profile seperti Keyboard Logitech K810 ini. Admin sendiri adalah salah seorang yang lebih menyukai keycap keyboard dengan profile rendah. Low Profile keyboard seperti ini bisa kamu temukan pada keyboard laptop.

Admin merasa dengan profile keycap yang rendah seperti ini membuat jari jemari menjadi lebih mudah melakukan perpindahan antar keycaps. Sehingga insiden untuk terjadinya typo lebih minim. Belum lagi tidak perlu harus menekan cukup dalam pada setiap keycap karena jarak aktuasinya itu pendek. Namun begitu selera setiap orang pastinya beda-beda.

Oh iya, untuk permukaan dari keycap Keyboard Logitech K810 ini juga terasa halus dan empuk. Seperti dibalut dengan karet halus sehingga tidak ada sama sekali feel plastiknya itu. Padahal kalau kamu lihat dari jauh, keycap dari Keyboard Logitech K810 ini terlihat seperti plastik berwarna hitam biasa.

Multi Device
Point ketiga yang menjadi nilai jual dari Keyboard Logitech K810 ini adalah kemampuannya untuk bisa terhubung ke tiga device sekaligus seperti laptop, Tablet dan Smartphone. Untuk melalukan perpindahan juga sangat mudah, tinggal tekan tombol F1, F2, atau F3. Proses pairing juga sangat mudah, menggunakan koneksi bluetooth. Khusus untuk pengguna PC Desktop, maka kamu wajib memiliki USB Bluetooth Dongle agar bisa terhubung dengan Keyboard Logitech K810 ini.

Canggih
Serius, fitur ini sebenarnya admin ketahui setelah memilikinya. Yup, jadi admin cuma berekspekstasi pada design serta profile keycapnya saja yang rendah, namun ternyata Keyboard Logitech K810 ini memiliki 2 buah fitur unik. Dimana pada saat kedua telapak tangan kamu akan menyentuh keycap, maka secara otomatis backlight dari keyboard ini akan langsung menyala (tanpa perlu ditekan) dan tingkat pencahayaannya juga menyesuaikan dengan pencahayaan di sekitar. Hal ini dikarenakan Keyboard Logitech K810 ini memiliki sensor cahaya dan Proximity.

Masa Penggunaan Baterai yang Lama
Logitech mengklaim jika Keyboard K810 ini bisa bertahan 10 hari dengan kondisi lampu menyala penuh sedangkan jika digunakan tanpa menyalakan backlight, maka bisa bertahan selama 1 tahun. Pada kenyataannya sendiri selama menggunakan K810 ini, admin baru 1 kali charge dengan kondisi lampu backlight otomatis.


Sayangnya Keyboard Logitech K810 Multi-Device ini tidak masuk secara resmi ke Indonesia, bahkan jika kamu melihat ada yang menjualnya di Indonesia, bisa dipastikan jika barang tersebut tidak akan tercover garansi resmi Logitech Indonesia. Admin sendiri harus membeli keyboard ini di Amazon Amerika melalui jasa pihak ketiga yaitu HargaDunia yang pernah admin bagikan di sini dan di sini. Walhasil harga nya menjadi lebih mahal dari harga semestinya jika dijual secara resmi di Indonesia. Belum lagi Keyboard Logitech K810 ini tidak ada jaminan garansi.

Jadi buat kamu yang sangat menginginkan keyboard ini wajib usaha lebih. Nah itulah dia 5 alasan kenapa admin memilih keyboard Logitech K810 Multi-Device ini. Untuk Review lanjutannya akan admin buatkan dalam bentuk video, karena ada beberapa point yang jika admin jelaskan melalui tulisan akan jadi panjang. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta jangan lupa Subscribe channel RacikPC Indonesia guna mendapatkan tutorial terbaru Komputer berbasis Windows berbahasa Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Review Keyboard Logitech K810 Multi-Device: Si-Minimalist yang Tak Resmi di Indonesia