Panduan Lengkap Cara Upgrade Harddisk Laptop Khusus Pemula: Tested Acer E5-475G & E5-476G

Kapasitas harddisk yang ada di laptop kamu sudah tidak sanggup lagi menampung semua data yang ada sehingga diperlukan upgrade atau HDD tersebut mengalami kerusakan? Pingin segera menggantinya tapi belum tahu tata cara yang tepat? Okey fix, silahkan baca tutorial ini sampai selesai karena di artikel ini admin akan bagikan tata cara lengkap bagaimana langkah-langkah mengganti HDD di laptop, dan pada praktiknya menggunakan Acer E5-475G.

Panduan Lengkap Cara Upgrade Harddisk Laptop Khusus Pemula: Tested Acer E5-475G & E5-476G

Panduan Lengkap Cara Upgrade Harddisk Laptop Khusus Pemula Tested Acer E5-475G &E5-476G
Panduan Lengkap Cara Upgrade Harddisk Laptop Khusus Pemula Tested Acer E5-475G &E5-476G

Wah-wah, rasanya gimana ya menuliskan tutorial yang satu ini hehehe.. karena admin yakin sebenarnya banyak dari kamu yang sudah tahu tata cara upgrade Harddisk di Laptop. Secara cara upgrade HDD laptop juga sangat mudah. Mudah banget sampai harusnya sih tidak perlu dibuat tutorialnya segala. Tapi itu ternyata pandangan kita saja selama ini.

Contohnya ada salah satu subscriber admin di RacikPC Indonesia yang ingin dibuatkan tata cara upgrade Harddisk di Laptop Acer E5-475G yang pernah admin review serta buatkan beberapa tutorial tentang cara upgrade RAM nya di sini dan cara memasang HDD Caddy di sini.

Yah nyatanya memang masih banyak kok para pemula atau pengguna laptop biasa yang belum tahu cara upgrade Harddisk di Laptop. Admin jadi teringat dulu ada teman kuliah yang laptopnya itu bermasalah, dimana pada saat dinyalakan sama sekali tidak mau booting. Hanya mentok sampai logo merek laptop saja, setelah itu layar Blank.

Setelah diselidiki ternyata masalah bukan pada Windows yang Corrupt, tetapi Harddisk yang sudah tidak bagus lagi. Karena teman admin tidak begitu paham dengan komputer, maka dia bawa ke tempat service dan dikenakan biaya penggantian sebesar 850rb untuk Harddisk berkapasitas 500GB. Hemm.. padahal kalau dilihat dari harganya sih sudah bisa dapat HDD 1 TB itu. Tapi ya karena tidak terlalu mengerti dengan cara pengganti HDD, maka diserahkan ke tukang service.

Oke, pada dasarnya cara mengganti atau upgrade Harddisk laptop itu sangat mudah, yang perlu kamu persiapkan adalah:
- Harddisk pengganti atau HDD yang akan dipasangkan ke laptop
- Obeng
- Tool Opener (jika diperlukan)
- Posisi atau letak dari HDD. Karena setiap produsen laptop menaruh atau meletakkan HDD pada posisi yang berbeda-beda. Ada yang menaruhnya di bagian bawah Motherboard sehingga mudah di akses melalui kabil upgrade dan ada juga yang tidak. Oleh karena itu cari tahu dulu letak atau posisi dari Harddisk laptop kamu

Caranya:
1. Matikan terlebih dahulu laptop yang ingin upgrade HDD nya
2. Silahkan buka panel upgrade dari laptop kamu, dalam hal ini admin mempraktikkannya pada laptop Acer E5-475G yang berada di bagian belakang. Buka menggunakan obeng yang sebelumnya itu sudah dipersiapkan.
3. Setelah panel upgrade terbuka, silahkan angkat perlahan HDD yang ingin diganti tadi kemudian lepaskan dari socket SATA
4. Kemudian pasangkan dengan HDD yang ingin kamu upgrade tadi
5. Setelah itu tutup panel upgrade
6. Selesai

Ternyata mudah sekali kan cara mengganti atau upgrade Harddisk di Laptop? Yah memang semudah itulah caranya, tapi ada beberapa point yang perlu kamu ingat:
- Jika Sistem operasi Windows terinstall pada HDD sebelumnya, maka wajib install ulang
- Jika Windows tersebut adalah original, tetap aman install ulang. Yang perlu kamu lakukan sebelum mengganti HDD adalah menyimpan lisensi keynya terlebih dahulu
- Selain install ulang, sebenarnya masih ada satu cara lagi yaitu dengan meng-clone HDD tersebut sebelum diganti. Setelah itu tinggal pasangkan ke laptop kemudian resize ukuran HDD menggunakan aplikasi seperti AOMEI Partition atau Wizard Partition Tool
- Untuk beberapa merek laptop akan menghanguskan garansi jika mengganti HDD

Itulah yang bisa admin bagikan ke kamu tentang bagaimana cara upgrade HDD laptop berdasarkan pengalaman sendiri selama menggunakan laptop Acer E5-475G. Khusus di laptop penggantian HDD tidak menghanguskan garansi, bahkan sudah ada slot SSD M.2 yang membuat penggantian atau upgrade Harddisk menjadi lebih mudah.

Berikut ini sudah admin buatkan langkah-langkah bagaimana caranya upgrade HDD di laptop Acer E5-475G dari kapasitas 500GB ke 1TB:


Cara ini sejatinya bisa kamu terapkan pada semua merek laptop dari beragam vendor. Jadi tidak sebatas pada laptop Acer E5-475G saja. Silahkan berdiskusi via kolom komentar jika ada yang kurang kamu pahami dan jangan lupa untuk +1, like, Subscribe Channel RacikPC Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Panduan Lengkap Cara Upgrade Harddisk Laptop Khusus Pemula: Tested Acer E5-475G & E5-476G