Inilah Cara Ripple Delete pada Vegas PRO 14 dan Vegas PRO 15: Ternyata Lebih Mudah dari Adobe Premier PRO

Kesulitan menyatukan beberapa video yang sudah di edit di Vegas PRO 14, Vegas PRO 13, Vegas PRO 12, dan Vegas PRO 15? Bingung bagaimana caranya Ripple Delete Video di Vegas PRO? Apakah caranya sama dengan yang ada di Adobe Premier PRO? Okey..Okey.. admin juga mengalami hal yang sama kok. Tenang saja, di artikel kali ini akan admin bagikan bagaimana cara mudah Ripple Delete pada Vegas PRO 14. Silahkan baca hingga selesai

Inilah Cara Ripple Delete pada Vegas PRO 14 dan Vegas PRO 15: Ternyata Lebih Mudah dari Adobe Premier PRO

Inilah Cara Ripple Delete pada Vegas PRO 14 dan Vegas PRO 15 Ternyata Lebih Mudah dari Adobe Premier PRO
Inilah Cara Ripple Delete pada Vegas PRO 14 dan Vegas PRO 15 Ternyata Lebih Mudah dari Adobe Premier PRO

Pada saat proses editing video, tak jarang kita memotong beberapa bagian yang sudah direkam dengan maksud untuk menghilangkan bagian yang dianggap tidak diperlukan atau kalaupun dipaksakan masuk ke video tersebut bakal mengurangi hingga bisa membuat bias maksud dari isi video tersebut. Hal ini tidak bertujuan agar nantinya setelah selesai proses editing akan menghasilkan video siap tayang.

Admin RacikPC.com sendiri sering sekali melakukan pemotongan pada beberapa bagian video yang dianggap tidak penting. Pemotongan video ini juga bisa menghemat durasi sehingga penonton lebih fokus. Terlebih buat para fakir kuota, pemotongan video ini juga bisa menghemat kuota internet pada saat proses upload nanti.

Nah selesai proses cut atau memotong video tersebut, pasti kita akan mendapati beberapa bagian yang kosong di antar video tersisa. Tentunya ruang kosong antar video ini akan merepotkan kita sendiri apalagi jumlahnya banyak. Karena mau tidak mau harus disatukan agar bisa menjadi satu video utuh. Proses penyatuan beberapa potongan video dari hasil editing ini disebut Ripple atau admin lebih suka menyebutnya Ripple Delete.

Soal Ripple Delete di Adobe Premier PRO sendiri sudah pernah admin bahas di sini. Melalui artikel tersebut, admin sudah jabarkan tata cara Ripple Delete. Namun bagaimana caranya Ripple Delete di Vegas PRO 14? Apakah sama saja seperti di Adobe Premier PRO? Kalau sama, bagaimana caranya?

Nah pertanyaan inilah yang admin tanyakan ketika migrasi dari Adobe Premier PRO ke Vegas PRO 14 Original Steam. Yup, beberapa waktu lalau admin membeli lisensi untuk Video Editor dari Vegas PRO 14 di Steam. Sudah mulai mengurangi penggunaan software pak tani. Ketika admin coba implementasikan Ripple delete yang ada di Adobe Premier PRO ke Vegas PRO, ternyata tidak bisa.

Yup, jadi cara Ripple delete sebelumnya tidak berfungsi di Vegas PRO 14. Sehingga butuh cara lain agar bisa menghapus ruang kosong antar video yang sudah diedit. Setelah admin coba-coba cari, ternyata Ripple Delete pada Vegas PRO 14 lebih mudah dari Adobe Premier PRO. Nah buat kamu yang belum tahu tahu atau mungkin sedang mencari tahu cara Ripple Delete Video di Vegas PRO 14, silahkan ikuti tutorial di bawah ini:
1. Admin asumsikan kamu sudah membukan Vegas PRO 14. Selain itu juga sudah meletakkan video yang akan di edit di timeline Vegas PRO
2. Sebelum memotong bagian video yang dianggap tidak penting, terlebih dahulu pastikan tombol Ripple Delete yang ada bagian Toolbar bawah Vegas PRO 14 sudah aktif. Berikut ini bentuk tombolnya:

Inilah Cara Ripple Delete pada Vegas PRO 14 dan Vegas PRO 15: Ternyata Lebih Mudah dari Adobe Premier PRO

3. Setelah yakin tombol Ripple Delete tadi menyala, silahkan kamu potong bagian dari video tersebut > kemudian hapus bagian yang tidak penting
4. Secara otomatis nantinya video tadi akan tersambung sendiri

Gimana, mudah sekali kan?
Banyak sekali kekhawatiran yang admin rasakan ketika pindah dari video Editor Adobe Premier PRO ke Vegas PRO 14. Karena sudah merasa nyaman dan juga sudah menguasai beberapa trik. Namun karena sudah tekat tadi ingin mengurangi penggunaan software pak tani, jadilah admin coba lirik Vegas PRO 14 yang kebetulan sedang diskon 50%.


Berbekal keberanian, akhirnya admin tinggalkan Adobe Premier PRO lalu pindah ke Vegas PRO 14. Rasanya memang lebih plong dan bangga bisa menggunakan software original. By The Way cara Ripple Delete video di atas tidak semata-mata hanya berfungsi pada Vegas PRO 14 saja. Melainkan juga berfungsi pada Vegas PRO versi lain, termasuk Vegas PRO 10, 11, 12, 13 dan yang terbaru adalah Vegas PRO 15. Untuk versi lawas mungkin hanya penempatan tombol Ripple Delete ini saja yang berbeda.

Oh iya, buat kamu yang kesulitan menyatukan atau sinkronisasi antara beberapa footage video dengan satu sumber suara utama di Vegas PRO 14 menggunakan PluralEyes bisa baca artikelnya di sini. Di situ juga sudah admin sertakan videonya. Sekian dulu artikel kali ini tentang bagaimana cara Ripple Delete Video di Vegas PRO 14. Jika kamu punya cara lain yang lebih mudah lebih efektif, silahkan tulis di kolom komentar. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com

Inilah Cara Ripple Delete pada Vegas PRO 14 dan Vegas PRO 15: Ternyata Lebih Mudah dari Adobe Premier PRO