Yang BUTUH 1X Klik Komputer, Laptop Langsung RESTART Tanpa Repot: Ini Rahasianya

Kamui saja ada cara supaya cukup dengan satu kali klik bisa langsung restart komputer tanpa perlu klik tombol start windows lagi. Eh....,, tidak perlu berkamui-kamui karena nyatanya memang ada cara kok untuk bisa membuat shortcut supaya bisa sekali klik saja langsung restart sendiri komputer dekstop atau laptop kamu. Lengkapnya bisa kamu simak berikut.

Yang BUTUH 1X Klik Komputer, Laptop Langsung RESTART Tanpa Repot: Ini Rahasianya
Yang BUTUH 1X Klik Komputer, Laptop Langsung RESTART Tanpa Repot: Ini Rahasianya

Fitur restart pada sistem operasi Windows pertama kali hadir pada Windows 95, dan sejak itu menjadi bagian penting dari setiap versi Windows yang dirilis. Fungsi utama restart adalah untuk menyegarkan sistem operasi setelah aplikasi atau perangkat lunak baru diinstal atau setelah melakukan perubahan pada sistem. Restart juga dapat memperbaiki masalah kinerja komputer dan mengatasi konflik perangkat lunak. Sejarahnya, restart pada Windows diterapkan dengan mematikan sistem operasi dan menyalakannya kembali, membantu memperbarui sistem dan membebaskan memori.

Restart adalah proses me-reload ulang sistem operasi Windows pada komputer. Ini mematikan semua aplikasi dan proses yang sedang berjalan, kemudian memulai ulang komputer untuk memuat ulang sistem operasi dan aplikasi yang terinstal. Restart sering digunakan untuk memperbaiki masalah pada komputer, seperti memperbarui driver atau mengatasi masalah pada sistem operasi. Ini juga sering digunakan untuk memperbarui aplikasi atau mengatasi masalah performa komputer.

Secara umum dan lazimnya fitur restart pada windows entah itu windows 10, windows 11 dan versi dibawahnya lagi dapat digunakan dengan cara sebagai beirkut:
1. Gunakan tombol power: Klik tombol "Start" di sudut kiri bawah layar, pilih "Power" dan klik "Restart".
2. Gunakan keyboard: Tekan "Ctrl + Alt + Del" dan pilih "Restart" dari opsi yang muncul.
3. Gunakan bar menu Windows: Klik "Start" dan pilih "Power". Klik panah ke bawah dan pilih "Restart".
4. Gunakan Command Prompt: Buka Command Prompt sebagai administrator, lalu ketikkan perintah "shutdown /r" dan tekan enter.

Namun jika dirasa cara di atas masih terlalu lama dan bikin ribet, sebenarnya ada satu cara lagi yang jauh lebih mudah, lebih cepat dengan membuat shortcut khusus. Caranya sebagai berikut:
1. Klik kanan pada desktop dan pilih "New" > "Shortcut".
2. Ketikkan "shutdown /r /t 0" pada jendela "Type the location of the item".
3. Klik "Next" dan berikan nama untuk shortcut, misalnya "Restart Windows".
4. Klik "Finish".

Sekarang Kamu sudah memiliki shortcut untuk merestart Windows 10 dan windows 11 dengan 1 klik. Agar lebih bagus, kamu juga mengganti icon default dari shortcut quick restart tadi dan letakkan di desktop supaya lebih mudah untuk diakses. Pastikan untuk menyimpan semua kerjaan sebelum menekan tombol quick restart ini supaya apa yang sudah dikerjakan bisa terselamatkan. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin racikpc.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url