TRIK RAHASIA 1 Kali Klik Langsung Komputer, Laptop Masuk MODE HIBERNASI: Ini Caranya

Apakah ada cara mengaktifkan fitur hibernasi atau hibernation pada komputer dan laptop Windows 10 dan Windows 11 cukup dengan sekali klik saja? Jadi tidak perlu akses dan klik beberapa menu untuk bisa langsung hibernasi? Tenang..tenang, karena admin ada caranya, cara yang sudah kamu cari selama ini yaitu Shortcut Hibernasi Windows cukup sekali klik. Selengkapnya bisa kamu simak berikut.

TRIK RAHASIA 1 Kali Klik Langsung Komputer, Laptop Masuk MODE HIBERNASI: Ini Caranya
TRIK RAHASIA 1 Kali Klik Langsung Komputer, Laptop Masuk MODE HIBERNASI: Ini Caranya

Selain fitur sleep, fitur yang sering digunakan oleh pengguna laptop dan Komputer PC Dekstop adalah Hibernasi. Karena dengan menggunakan fitur hibernasi pada Windows 10, dan Windows 11 maka ketika ingin dinyalakan kembali kamu tidak perlu mengulangnya dari awal dan tidak perlu colok ccabut kabel adaptor untuk pengguna laptop yang baterainya sudah soak.

Fitur Hibernasi sendiri pertama kali dikenalkan pada sistem operasi Windows XP pada tahun 2001. Fitur ini memungkinkan komputer untuk menyimpan informasi yang sedang berjalan saat ini ke dalam file hiberfil.sys dan kemudian mematikan komputer. Saat komputer dinyalakan kembali, sistem operasi Windows dapat memuat semua informasi yang disimpan dan memulihkan kondisi kerja seperti saat sebelum dimatikan.

Hibernasi juga memungkinkan konsumsi energi yang lebih rendah saat komputer dalam keadaan mati dibandingkan dengan kondisi sleep. Fitur hibernasi sangat berguna bagi pengguna yang ingin mematikan komputer mereka selama beberapa hari namun tetap menjaga informasi dan pekerjaan yang sedang berlangsung.

Hibernasi adalah fitur pada sistem operasi Windows yang memungkinkan komputer untuk mematikan daya dengan tetap menyimpan data yang ada di memori RAM ke dalam hard drive. Saat komputer dinyalakan kembali, data dari memori RAM dikembalikan ke RAM dan sistem operasi dibuka dari posisi sebelumnya seperti saat komputer dimatikan. Fungsi ini berguna untuk menghemat daya dan mempercepat proses start up, karena sistem operasi tidak perlu melakukan booting dari awal.

Secara default fitur hibernasi tidak tersedia secara langsung baik di windows 10 maupun windows 11, sehingga harus diakses dengan cara berikut:
1. Klik tombol Windows di bawah kiri layar.
2. Klik ikon pengaturan (gigi roda).
3. Klik Sistem.
4. Klik Power & Sleep.
5. Klik tombol "Additional power settings" atau "Tambahkan pengaturan daya".
6. Klik tombol "Choose what the power buttons do" atau "Pilih apa yang dilakukan tombol daya".
7. Klik tombol "Change settings that are currently unavailable" atau "Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia".
8. Centang "Hibernate" atau "Hibernasikan".
9. Klik tombol Simpan Perubahan.
10. Klik Start, kemudian klik tombol Power dan pilih "Hibernate" atau "Hibernasikan".

Perhatikan bahwa beberapa laptop mungkin memiliki tombol khusus untuk hibernasi, seperti tombol "Hibernate" atau tombol "Sleep/Hibernate". Kamu juga dapat menggunakan tombol keyboard seperti Alt + F4 untuk memunculkan menu pilihan daya dan memilih "Hibernate".

Untuk membuat shortcut hibernasi dengan 1 klik pada Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Klik kanan pada desktop dan pilih "New" > "Shortcut".
2. Ketikkan "shutdown /h" pada jendela "Type the location of the item".
3. Klik "Next" dan berikan nama untuk shortcut, misalnya "Hibernate Windows".
Klik "Finish".

Sekarang Kamu sudah memiliki shortcut untuk menghibernasi Windows 10 dengan 1 klik. Pastikan untuk menyimpan semua kerjaan sebelum melakukan hibernasi dan menutup aplikasi yang dirasa berat untuk dijalankan semisal game atau aplikasi editing video sehingga proses hibernasi jauh lebih cepat dan proses booting awal juga lebih cepat. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin racikpc.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url