Tanpa Disengaja File Penting Kamu TERHAPUS di Komputer? Ini Cara Mengembalikannya FULL RESTORE

Tanpa sengaja kamu menghapus file yang ada di komputer. Bingung bagaimana cara mengembalikannya? Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya data-data penting tersebut bisa kembali utuh. Selengkapnya bisa kamu simak berikut.

Tanpa Disengaja File Penting Kamu TERHAPUS di Komputer? Ini Cara Mengembalikannya FULL RESTORE
Tanpa Disengaja File Penting Kamu TERHAPUS di Komputer? Ini Cara Mengembalikannya FULL RESTORE

Entah karena kurang teliti, teledor dan sebagainya, file-file penting yang ada di komputer semisal foto, video, gambar, musik, dokumen dan sebagainya hilang. Beberapa faktor penyebab file hilang di komputer Windows meliputi:
1. Virus atau malware: Virus dan malware bisa menghapus atau merusak file sistem yang ada pada komputer.
2. Sistem crash: Jika sistem Windows crash, file yang tersimpan pada hard disk bisa hilang.
3. Operating System Upgrade: Saat melakukan upgrade sistem operasi, ada kemungkinan beberapa file tidak terdeteksi dan hilang.
4. Penghapusan file secara salah: Terkadang pengguna bisa secara salah menghapus file yang tidak sengaja.
5. Disk format: Format disk juga bisa mengakibatkan file hilang.
6. Kerusakan pada Hard Disk: Kerusakan fisik pada hard disk bisa menyebabkan file hilang.
7. Perubahan pada file system: Perubahan pada file system bisa mengakibatkan beberapa file tidak terdeteksi dan hilang.

Selagi kerusakan tidak diakibatkan oleh fisik HDD, SSD, Flashdisk atau media penyimpanan lainnya. Sebenarnya masih ada kemungkinan data atau file kamu yang hilang tersebut untuk dikembalikan dengan cara yaitu:
1. Temukan file pada Recycle Bin: Biasanya, file yang terhapus akan masuk ke Recycle Bin dan dapat ditemukan dan dikembalikan dari sana.
2. Gunakan software pemulihan data: Ada banyak software pemulihan data yang tersedia untuk diunduh dan digunakan secara gratis atau berbayar. Kamu bisa mencoba beberapa seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, atau Disk Drill untuk memulihkan file yang terhapus.
3. Gunakan file backup: Jika Kamu memiliki file backup yang tersimpan pada perangkat lain, Kamu bisa mengopikan file tersebut kembali ke sistem Kamu.

Recuva adalah aplikasi yang digunakan untuk memulihkan file yang terhapus dari komputer. Berikut adalah cara menggunakan Recuva:
1. Unduh dan instal Recuva pada komputer Kamu. Buat yang butuh aplikasi recuva bisa ambil di sini
2. Buka aplikasi Recuva.
3. Pilih opsi "Deep Scan" atau "Quick Scan" sesuai kebutuhan Kamu. QuickScan digunakan untuk memulihkan file-file yang baru saja terhapus, sedangkan Deep Scan digunakan untuk memulihkan file-file yang terhapus lebih lama.
4. Pilih lokasi dimana file terhapus. Bisa saja file terhapus dari hard disk atau flash disk.
5. Tunggu hingga proses scan selesai.
6. Pilih file yang ingin Kamu pulihkan dan klik tombol "Recover".
7. Pilih lokasi tempat untuk menyimpan file yang telah dipulihkan.

Perlu diingat bahwa hasil yang didapatkan tidak selalu sempurna, tergantung pada tingkat kerusakan file yang terhapus. Namun, aplikasi Recuva cukup berguna untuk memulihkan file-file penting yang hilang.

Catatan: Segera lakukan salah satu solusi ini setelah file terhapus karena setiap aksi yang dilakukan pada sistem dapat mempengaruhi kemampuan untuk memulihkan file yang terhapus. Jangan memasukkan atau mengopikan file baru ke drive yang berisi file yang terhapus karena ini dapat menimpa atau menghapus data pemulihan yang mungkin ada. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin Racikpc.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url