Windows Explorer ERROR, Stopped Working? Klik Berapa Kalipun Tidak Terbuka? Ini Cara Memperbaikinya

Winodws Explorer kamu error tidak bisa dibuka? Sekalipun sudah diklik berulang kali namun tetap saja tidak terbuka? Padahal aplikasi lain bisa dibuka dengan mudah dan lancar? Itu FIX Windows Explorer kamu sedang error dan ada cara yang mudah untuk memperbaikinya. Selangkapnya bisa kamu simak berikut.

Windows Explorer ERROR, Stopped Working? Klik Berapa Kalipun Tidak Terbuka? Ini Cara Memperbaikinya
Windows Explorer ERROR, Stopped Working? Klik Berapa Kalipun Tidak Terbuka? Ini Cara Memperbaikinya

Windows Explorer, salah satu dari aplikasi di Windows yang paling sering digunakan dan paling sering dibuka dengan banyak jendela supaya lebih mudah digunakan. Windows Explorer sendiri adalah antarmuka pengguna default yang digunakan oleh sistem operasi Windows untuk menjelajahi dan mengelola file dan folder pada komputer.

Explorer pertama kali muncul pada Windows 95 dan sejak itu telah mengalami berbagai perubahan dan peningkatan fitur seiring dengan perilisan sistem operasi Windows baru. Windows Explorer memungkinkan pengguna untuk membuka dan mengelola file, menyortir dan mencari file, membuat folder baru, mengubah nama file, dan melakukan banyak tugas lainnya melalui antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan.

Sebagaimana aplikasi lain di Windows entah itu di Windows 7, Windows 8, Windows 10, hingga Windows 11 terbaru saat ini. Pasti bakal ketemu yang namanya error, aplikasi Windows Explorer tidak bisa dibuka, sekalipun kamu sudah mengkliknya beberapa kali. Admin juga pernah mengalami hal semacam itu dan solusi ringkasnya adalah dengan merestart komputer.

Namun sayangnya cara merestart komputer tidaklah efisien karena harus juga menurup semua aplikasi dan program lain yang sedang berjalan, belum lagi mungkin ada kerjaan yang belum sempat disimpan plus harus menunggu beberapa waktu setelah komputer direstart. Sehingga cara ini terbilang buang-buang waktu.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan error pada Windows Explorer, seperti:
1. Registry korup atau rusak
2. File sistem yang rusak
3. Virus atau malware
4. Driver yang kadaluarsa atau rusak
5. Overloading sistem
6. Sistem yang memori yang terlalu penuh
7. Komponen sistem yang cacat
8. Update Windows yang gagal.

Untuk memperbaiki error pada Windows Explorer, dapat melakukan beberapa langkah seperti:
1. Scan sistem untuk virus dan malware
2. Perbaiki file sistem
3. Memperbarui driver
4. Membersihkan sistem dari file-file yang tidak dibutuhkan
5. Menambah virtual memory.

Nah jika itu yang kamu rasakan, sebenarnya masih ada cara lain yang lebih mudah dan lebih cepat tanpa harus merestart komputer:
1. Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
2. Cari "Windows Explorer" pada daftar proses.
3. Klik kanan pada "Windows Explorer" dan pilih "Restart".

Windows Explorer akan segera direstart dan bekerja normal kembali. Jika masalah tetap terjadi, Kamu bisa mencoba mengubah pengaturan atau memperbarui driver sistem untuk memperbaiki masalah. Cara di atas bisa kmau terapkan pada semua versi Windows saat ini semisal Windows 10, Windows 11, Windows 8 dan sebagainya. Sejauh ini admin coba diwindows 10 berjalan lancar tanpa ada masalah. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin racikpc.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url