SLEEP Komputer PC Desktop Jadi LEBIH MUDAH dengan Cara Ini: 1X Klik Langsung SLEEP

Enaknya misal ada shortcut khusus sekali tekan bisa langsung masuk mode sleep pada laptop maupun komputer desktop, tidak perlu lagi harus masuk ke menu start dulu. Nyatanya memang ada shortcut semacam itu dan ini yang akan admin Racikpc bagikan ke kamu. Selengkapnya bisa kamu simak berikut.

SLEEP Komputer PC Desktop Jadi LEBIH MUDAH dengan Cara Ini: 1X Klik Langsung SLEEP
SLEEP Komputer PC Desktop Jadi LEBIH MUDAH dengan Cara Ini: 1X Klik Langsung SLEEP

Fitur Sleep (atau Standby) pertama kali diterapkan pada sistem operasi Windows dalam versi Windows 98. Fitur ini memungkinkan komputer untuk memasuki mode tidur sehingga meminimalkan konsumsi daya dan memungkinkan pemakai untuk memulai kembali aktivitas mereka dengan cepat. Dalam versi Windows yang lebih baru, fitur Sleep juga menambahkan kemampuan untuk memulai ulang secara otomatis setelah komputer memasuki mode tidur. Seiring waktu, fitur Sleep telah mengalami perbaikan dan peningkatan performa seiring dengan perkembangan teknologi dan komputer.

Cara kerja dari fitur sleep pada Windows sendiri adalah dengan membuat komputer masuk ke mode tidur dengan cara mematikan layar dan menghemat daya. Saat komputer berada dalam mode tidur, data yang ada dalam memori RAM masih akan tetap tersimpan. Jika Kamu menekan tombol power atau mengklik mouse, komputer akan segera memulai ulang dan membuka kembali aplikasi dan data yang sebelumnya tersimpan. Fitur sleep sangat berguna untuk mempercepat proses memulai ulang dan membuka kembali aplikasi, dan juga menghemat daya listrik.

Fungsi Fitur Sleep sendiri pada Windows adalah salah satu mode konservasi daya yang memungkinkan komputer untuk masuk ke dalam mode tidur dengan mematikan layar dan menghentikan aktivitas utama, tetapi mempertahankan kondisi kerja yang sebelumnya. Saat komputer dalam mode tidur, memori RAM masih dalam kondisi aktif dan menyimpan data yang sedang dikerjakan, sehingga saat komputer diaktifkan kembali, pengguna dapat melanjutkan pekerjaan dengan cepat dan mudah tanpa harus melakukan proses boot ulang. Fitur Sleep membantu menghemat daya baterai laptop dan memastikan komputer siap digunakan kembali saat dibutuhkan.

Berikut adalah cara menggunakan fitur Sleep pada Windows:
1. Klik tombol Start dan pilih Power.
2. Klik tombol Sleep.
3. Atau tekan tombol Sleep pada keyboard.
4. Atau tekan tombol tombol power pada keyboard atau klik tombol power pada layar untuk mematikan layar dan memasukkan komputer dalam mode tidur.

Sedangkan Untuk menggunakan fitur sleep pada laptop windows, bisa dilakukan dengan beberapa cara:
1. Klik tombol Windows + X dan pilih "Sleep".
2. Klik Start Menu dan pilih Power, kemudian pilih "Sleep".
3. Klik tombol Power pada laptop, dan pilih "Sleep".
4. Tutup lid laptop. (biasanya diatur di Control Panel > Power Options > lid close action)

Setelah menggunakan fitur sleep, komputer akan mematikan layar dan memasukkan mode tidur, sehingga akan menghemat daya baterai dan bisa dengan mudah dikembalikan ke mode aktif dengan membuka lid laptop atau menekan tombol power.

Nah, apabila cara di atas dirasa merepotkan. Di bawah ini sudah admin sertakan cara yang jauh lebih mudah untuk masuk ke mode sleep khususnya buat kamu yang menggunakan PC Dekstop dengan cukup satu kali klik:
1. Klik kanan pada desktop dan pilih "New" > "Shortcut".
2. Ketikkan "rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState Sleep" pada jendela "Type the location of the item".
3. Klik "Next" dan berikan nama untuk shortcut, misalnya "Sleep Windows".
Klik "Finish".

Supaya lebih mudah untuk dipahami dan bisa juga lihat hasilnya, di bawah ini sudah admin buatkan juga dalam bentuk video:


Shortcut quick Sleep ini lebih berguna untuk pengguna PC Desktop. Karena kalau pengguna laptop sendiri tinggal tutup saja layarnya maka secara otomatis akan masuk ke mode sleep. Khusus untuk pengguna PC Desktop sepengalaman admin RacikPC sekalipun kamu mencabut kabel listrik PSU, semua kerjaan yang masuk ke mode sleep beserta aplikasi yang terbuka tidak akan hilang. Sehingga setiap kali dinyalakan akan kembali seperti semula. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin racikpc.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url