Dengan Cara Ini Dijamin Data Flashdisk Kamu Aman Tidak Akan Bisa Dikembalikan, Dicuri

Khawatir data-data yang dulu pernah simpan di Flashdisk kamu bisa restore, dipulihkan atau dicuri orang lain yang meminjam atau menggunakannya? Apakah ada cara supaya Flashdisk tersebut tidak bisa dikembalikan lagi datanya sekalipun sudah menggunakan aplikasi recovery data? Tentu saja ada, dan ini yang akan admin RacikPC bagikan ke kamu. Simak baik-baik!

Dengan Cara Ini Dijamin Data Flashdisk Kamu Aman Tidak Akan Bisa Dikembalikan, Dicuri
Dengan Cara Ini Dijamin Data Flashdisk Kamu Aman Tidak Akan Bisa Dikembalikan, Dicuri

Penggunaan media penyimpanan portable seperti flashdisk sudah sangat populer di kalangan masyarakat kita, apalagi untuk orang kantoran, pelajar, mahasiswa dan tukang copy paste game di warnet hehe.. Apalagi ditambah kapasitas flashdisk saat ini sudah semakin besar. Miniamlnya sekarang punya flashdisk 32GB, padahal dulu admin RacikPC ingat sekali pada saat pertama kali punya flashdisk kapasitan 256 MB saja dan itupun admin beli setelah ngumpulin uang lebaran haha.. sekarang, 1 foto saja bisa 10 MB lebih, 1 lagu format FLAC ada yang sampai 120 MB, apalagi ukuran video MP4 jaman sekarang, Bergiga-giga.

Flashdisk sendiri adalah perangkat penyimpanan data berukuran kecil yang memanfaatkan teknologi NAND Flash Memory untuk menyimpan data. Flashdisk dapat dihubungkan ke komputer melalui port USB, sehingga memudahkan untuk mentransfer data antar perangkat. Flashdisk memiliki beberapa keuntungan seperti ukuran yang kecil, mudah dibawa kemana-mana, tahan terhadap benturan dan getaran, serta memiliki tingkat keamanan data yang baik.

Namun, flashdisk juga memiliki beberapa kelemahan seperti memiliki batasan jumlah tulis-baca dan membutuhkan format ulang setelah terlalu banyak digunakan. Format ulang digunakan untuk membersihkan flashdisk dari data-data sampah dan memperbaiki sistem file yang rusak, sehingga dapat digunakan kembali dengan baik.

Cara kerja flash disk adalah sebagai berikut:
1. PC/Laptop terhubung dengan flash disk melalui port USB.
2. Sistem operasi mengidentifikasi flash disk sebagai perangkat penyimpanan eksternal.
3. Data ditulis/dibaca oleh sistem operasi melalui controller USB yang terhubung dengan flash disk.
4. Data disimpan pada memori flash yang terintegrasi pada flash disk.
5. Sistem operasi mengakses data melalui alamat yang diberikan oleh controller USB.
6. Data ditampilkan/dibuka oleh sistem operasi seperti file pada perangkat penyimpanan internal.

Dengan cara kerja tersebut, flash disk memungkinkan pengguna untuk membawa data dari satu komputer ke komputer lain atau untuk menyimpan data secara eksternal.

Karena sifat flasdisk sendiri yang mudah dibawa-bawa dan bisa menyimpan banyak file-file penting di dalamnya semisal foto, video, gambar, musik, dokumen dan sebagainya. Maka tidak heran sering kali berpindah tangan dan ada kalanya juga flasdisk tersebut kita berikan ke orang terdekat semisal teman dan juga keluarga. Nah untuk beberapa kasus ternyata file-file yang sudah kita simpan sebelumnya di flashdisk sekalipun sudah dihapus berulang kali, ternyata masih bisa di restore atau dipulihkan.

Tentunya kabar baik jika itu adalah kamu yang memulihkan data-data tersebut. Namun bagaimana jadinya jika itu ada orang lain? Tentunya ini akan mengancam privasi kamu sebagai pemilik sebelumnya. Oleh karena itu admin RacikPC akan bagikan tata cara bagaimana menghapus, memformat total flashdisk tersebut supaya data-data yang pernah tersimpan sebelumnya di flashdisk tersebut benar-benar tidak bisa direstore kembali. Adapun caranya sebagai berikut:
1. Klik kanan pada drive flash disk pada File Explorer dan pilih "Format".
2. Hilangkan opsi "Quick Format" (Uncheck).
3. Pilih file system seperti NTFS atau exFAT.
4. Klik tombol "Start" untuk memulai proses format.
5. Lakukan beberapa Kali

Proses ini akan menghapus semua data dari flash disk dan membuatnya tidak dapat dikembalikan lagi. Namun, pastikan bahwa Anda memiliki cadangan data yang diperlukan sebelum memulai proses format.

Catatan: Proses format seperti ini akan menghapus seluruh data pada flash disk dan membuatnya tidak dapat dikembalikan. Jangan mengubah setingan apapun selain opsi yang disebutkan di atas karena ini dapat mempengaruhi kinerja flash disk. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin Racikpc.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url