Kenapa Harus Update BIOS? Apa Fungsinya untuk Komputer atau Laptop Kita?

Apa sebenarnya fungsi update Bios Pada Komputer PC Desktop dan Laptop? Apakah wajib yang namanya update Bios dan kapan Update BIOS yang tepat? Temukan semua jawabannya pada postingan admin RacikPC berikut! Pengguna komputer windows atau pada umumnya masyarakat awam ditanya soal komputer dan aplikasi apa saja mereka tahu, pasti sudah kenal dengan Windows berbagai macam versi semisal Windows 10, Windows 11, Windows 8, Windows 7, Windows XP dan mungkin ada yang lebih tahu lagi versi lebih lawas. Mereka juga bakal tahu apa itu Microsoft Office (Word, Exel, Power Point). Bahkan mungkin beberapa dari mereka ada yang ahli karena sering menggunakannya. Namun apakah mereka tahu tentang BIOS?

Kenapa Harus Update BIOS? Apa Fungsinya untuk Komputer atau Laptop Kita?
Kenapa Harus Update BIOS? Apa Fungsinya untuk Komputer atau Laptop Kita?

BIOS sendiri adalah singkatan dari Basic Input/Output System dan adalah perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk mengendalikan proses booting pada komputer dan juga mengatur konfigurasi sistem. BIOS memiliki beberapa tugas penting seperti memastikan bahwa semua perangkat keras terdeteksi dan berfungsi dengan benar, memastikan bahwa sistem operasi yang diinginkan dipilih dan diluncurkan, dan juga memastikan bahwa data dapat dikirim dan diterima dengan benar antara perangkat keras dan sistem operasi. BIOS juga memiliki beberapa pengaturan yang dapat diakses dan diubah melalui antarmuka BIOS Setup, seperti pengaturan tanggal dan waktu, pengaturan boot priority, dan pengaturan konfigurasi perangkat keras lainnya.

BIOS disimpan dalam chip terpisah yang dikenal sebagai chip BIOS dan ditempatkan di motherboard komputer. Chip ini di-flash menggunakan firmware dan dapat diperbarui untuk menambahkan fitur baru atau memperbaiki bug yang mungkin ada. BIOS memiliki tugas penting dalam memastikan bahwa komputer dapat berfungsi dengan baik dan dengan benar.

Fungsi BIOS adalah untuk memastikan bahwa komponen hardware komputer berfungsi dengan baik. BIOS mengontrol siklus start-up, melakukan diagnosa dan memastikan bahwa semua perangkat keras, seperti hard disk, RAM, dan lain-lain terdeteksi dan berfungsi dengan benar sebelum sistem operasi dimulai. BIOS juga bertanggung jawab untuk menentukan urutan boot dari perangkat keras seperti hard disk, flash disk, atau CD/DVD. Setelah sistem operasi dimulai, peran BIOS terbatas dan tugas utamanya diteruskan ke sistem operasi.

Fungsi Update BIOS
Update BIOS adalah proses menggantikan versi lama BIOS dengan versi terbaru. Beberapa fungsi update BIOS pada komputer adalah:
1. Memperbaiki bug dan kesalahan: Update BIOS dapat memperbaiki bug dan kesalahan pada versi sebelumnya dan memastikan bahwa sistem bekerja dengan benar.
2. Meningkatkan kompatibilitas perangkat keras: Update BIOS dapat meningkatkan kompatibilitas perangkat keras dengan sistem komputer, seperti menambahkan dukungan untuk perangkat baru atau mengatasi masalah yang terjadi dengan perangkat yang sudah ada.
3. Meningkatkan kinerja sistem: Update BIOS dapat meningkatkan kinerja sistem dengan menambahkan fitur baru atau meningkatkan kinerja yang sudah ada.
4. Mengatasi masalah keamanan: Update BIOS dapat mengatasi masalah keamanan yang mungkin terjadi pada versi sebelumnya dan memastikan bahwa sistem komputer Anda aman.

Apakah Wajib Melakukan Update BIOS?
Update BIOS tidak wajib dilakukan, tetapi bisa sangat berguna jika sistem komputer memiliki masalah kompatibilitas atau stabilitas dengan hardware atau software baru, atau jika ada peningkatan fitur atau keamanan. Update BIOS bisa memperbaiki masalah, memperkuat keamanan, dan membantu memastikan bahwa komputer berjalan dengan optimal. Namun, update BIOS juga memiliki risiko kegagalan dan memerlukan tindakan ekstra hati-hati, jadi disarankan untuk mengikuti petunjuk update yang benar dan membackup data sebelum melakukan update.

Kapan Update BIOS yang Tepat?
Update BIOS harus dilakukan jika ada perbaikan bug dan peningkatan kinerja. Juga jika akan menggunakan perangkat keras baru yang membutuhkan versi BIOS terbaru. Update BIOS juga dapat dilakukan untuk meningkatkan kompatibilitas dengan sistem operasi terbaru. Namun, pastikan untuk membaca petunjuk dan membackup data sebelum melakukan update BIOS karena ini dapat mempengaruhi sistem secara signifikan. Update BIOS yang tepat biasanya ditentukan oleh vendor motherboard dan harus didasarkan pada tujuan dan kebutuhan pribadi.

Sebagai tambahan referensi, di sini admin juga sudah sediakat salah satu contoh cara update BIOS pada Motherboard ASUS Motherboard Asus Rog Strix B350-F Gaming:


Dan untuk versi Laptop saat Update BIOS pada Acer E5-475G:


Namun, perlu diingat bahwa update BIOS bisa menjadi proses yang rumit dan memiliki risiko. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengikuti panduan update BIOS dengan cermat dan memastikan bahwa Anda memiliki cadangan yang tepat sebelum melakukan update. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin Racikpc.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url