Windows Explorer Kamu nge-Freeze Diklik pun Tidak Respon Tidak Bisa Dibuka? Coba Lakukan Ini

Tiba-tiba Windows Explorer di komputer kmau nge-Freeze, hang tidak bisa diotak-atik sama sekali? Muncul pengitan Windows Stopped Working? Bagaimana cara memperbaikinya? Simak panduan lengkapnya berikut! Windows Explorer, salah satu dari beberapa aplikasi bawaan dari sistem operasi Windows yang paling-paling sering digunakan. Bahkan paling seringnya, ketika kamu coba menyalakan komputer atau laptop, maka aplikasi Windows Explorer ini yang akan langsung dibuka berbarengan dengan browsert Google Chrome.

Windows Explorer Kamu nge-Freeze Diklik pun Tidak Respon Tidak Bisa Dibuka? Coba Lakukan Ini
Windows Explorer Kamu nge-Freeze Diklik pun Tidak Respon Tidak Bisa Dibuka? Coba Lakukan Ini

Windows Explorer sendiri adalah bagian dari sistem operasi Microsoft Windows yang menyediakan tampilan grafis untuk mengakses dan mengelola file dan folder pada komputer. Ini adalah bagian dari sejarah sistem operasi Windows.

Windows Explorer pertama kali diperkenalkan pada Windows 95 sebagai pengganti File Manager yang digunakan dalam versi sebelumnya Windows 3.x. Windows Explorer menawarkan beberapa fitur baru seperti tampilan objek yang lebih baik, tampilan folder dan file, dan tata letak antarmuka pengguna yang lebih baik. Seiring berjalannya waktu, Windows Explorer menerima beberapa perbaikan dan peningkatan fitur baru seiring dengan pengembangan sistem operasi Windows.

Cara Kerja dari Windows Explorer
Windows Explorer adalah aplikasi sistem operasi Windows yang membantu pengguna untuk menjelajahi dan mengelola file dan folder pada komputer mereka. Aplikasi ini bekerja dengan membuka jendela yang menampilkan daftar file dan folder yang tersimpan pada hard disk atau pada drive lain.

Pada setiap folder, pengguna dapat melihat dan mengelola file di dalam folder tersebut, termasuk mengcopy, memindahkan, atau menghapus file. Windows Explorer juga memungkinkan pengguna untuk membuat folder baru, mengubah nama file, dan melakukan beberapa tindakan lainnya tergantung pada akses dan hak akses pengguna.

Windows Explorer memanfaatkan cache sistem operasi dan indeksing file untuk membuat navigasi dan pencarian file lebih cepat. Aplikasi ini juga menyediakan akses ke beberapa fitur penting seperti Pengaturan Sistem, Penjelajah, dan Control Panel.

Secara umum, Windows Explorer bekerja dengan membuka dan mengelola file dan folder yang tersimpan pada komputer pengguna, membantu mereka untuk menavigasi dan mengelola informasi mereka dengan lebih efisien.

Sebagaimana komputer, windows dan segala macam buatan manusia, pasti ketemu yang namanya eror. Karena memang tidak ada buatan manusia yang sempurna seperti Windows Explorer ini. Entah itu Windows Explorer di Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, hingga Windows 11 terbaru saat ini, ada kalanya ketemu yang namanya error. Bahasa kerennya Freeze.

Kondisi freeze pada Windows Explorer terjadi ketika aplikasi tidak merespon pada perintah dan tidak dapat diubah atau ditutup dengan normal. Ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti virus atau malware, masalah pada file sistem, atau bahkan hardware yang rusak. Jika Anda mengalami kondisi freeze pada Windows Explorer, adapun beberapa solusi yang bisa kamu lakukan sebagai berikut:
1. Restart Windows Explorer: Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang disebutkan sebelumnya untuk restart Windows Explorer dengan cepat.

2. Scan file sistem: Anda bisa memeriksa file sistem untuk memastikan bahwa tidak ada file rusak yang mempengaruhi kinerja Windows Explorer. Caranya:
- Klik kanan pada drive C: (atau drive sistem operasi lainnya) dan pilih "Properties".
- Klik pada tab "Tools" dan pilih "Check".
- Ikuti petunjuk pada layar untuk memulai proses scan file sistem.

3. Nonaktifkan file ekstensi: Beberapa file ekstensi dapat mempengaruhi kinerja Windows Explorer. Anda bisa mencoba menonaktifkan file ekstensi untuk melihat apakah memecahkan masalah:
- Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
- Klik pada tab "Details".
- Cari "Windows Explorer" dan klik kanan.
- Pilih "Open file location".
- Klik kanan pada file "explorer.exe" dan pilih "Properties".
- Pilih tab "Compatibility" dan centang "Run this program in compatibility mode for".
- Pilih "Windows 7" dari daftar dan klik "Apply" dan "OK".
- Reset Windows 10: Jika masalah tetap tidak teratasi, Anda bisa mencoba mereset Windows 10 untuk memulihkan sistem ke kondisi default.

Sebelum mematikan komputer, pastikan kamu sudah menyimpan semua pekerjaan yang sedang berjalan di komputer atau laptop. Biasanya cukup dengan merestart Windows Explorer maka masalah Stopped Working atau Freeze ini bisa selesai, namun juga Windows Explorer bisa Freeze diakibatkan ada perangkat yang tersambung semisal flashdisk, HDD Eksternal yang bermasalah sehingga Windows Explorer berusaha untuk terus membacanya namun gagal. Hal ini bisa membuat aplikasi Windows Explorer ng-Freeze. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin Racikpc.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url