Cara Backup Restore Game Steam Tanpa Backup Melalui Steam Client: Ini Tutorialnya

Pernahkah kamu kepikiran untuk membackup langsung data game Steam yang sudah diinstall ke Komputer tanpa perlu menggunakan fitur Steam backup dan restore yang ada di Steam Client? Yup.. admin tahu pasti karena lama ya. Nah buat kamu yang punya pemikiran sama seperti admin, berikut ini adalah tutorialnya. Let's check this out!

Cara Backup Restore Game Steam Tanpa Backup Melalui Steam Client: Ini Tutorialnya

Cara Backup Restore Game Steam Tanpa Backup Melalui Steam Client: Ini Tutorialnya
Cara Backup Restore Game Steam Tanpa Backup Melalui Steam Client: Ini Tutorialnya

Backup dan restore adalah salah satu fitur yang bisa kamu temui pada Client Game seperti Steam. Dengan fitur backup dan restore ini kita sebagai pemilik game dari akun tersebut bisa dengan mudah melakukan backup data game sehingga jika di kemudian hari terjadi sesuatu semisal terhormat atau install ulang, maka dengan mudah bisa direstore kembali tanpa perlu harus mendownload ulangnya lagi.

Admin RacikPC.com sendiri adalah salah seorang gamer yang cukup sering menggunakan fitur backup restore ini. Hanya saja yang admin rasakan fitur backup dan restore bawaan Steam ini lambat dalam proses backup. Entah karena perasaan saja atau karena memang lambat, rasanya backup dan restore di aplikasi Client Steam itu... Lambat... hahaha..

Terkadang ada rasa muncul ini backup atau copy langsung saja data game tersebut ke HDD Eksternal. Nah yang jadi pertanyaannya adalah apakah benar bisa backup seperti itu, dan kalaupun bisa bagaimana cara restore gamenya?

Okey, selain backup data game Steam yang sudah diinstall ke komputer menggunakan fitur Steam Backup yang ada di Steam Client. Ternyata backup data game Steam tersebut langsung dari direktori file HDD bisa.. Adapun caranya sebagai berikut:

Backup:
1. Silahkan masuk ke tempat atau folder instalasi Game Steam tadi. Kalau tidak tahu bisa dengan klik kanan pada game yang ada di Steam Client > pilih properties > local files > browse local files > Nah silahkan kamu backup semua data yang muncul pada folder tersebut atau bisa juga ke direktori seperti ini Disk kamu > SteamLibrary\steamapps\common. Sebagai contoh admin taruh di Disk E:\SteamLibrary\steamapps\common
2. Taruh file backup tadi di folder lain atau HDD lain supaya aman

Restore:
1. Proses restore sendiri sebenarnya hampir sama dengan proses backup
2. Pastikan kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup pada HDD tersebut
3. Lalu copy folder game Steam ke direktori SteamLibrary\steamapps\common
4. Kemudian masuk ke folder game tadi
5. Pastikan koneksi internet sedang aktif
6. Lalu kamu klik 2 kali pada game berekstensi exe. Contohnya kalai admin mau jalankan game Battlefield Bad Company 2, maka admin akan klik 2 kali file bernama BFBC2Game.exe
7. Nantinya Steam Client akan memverifikasi file game yang sudah tercopy tadi
8. Selesai
9. Sekarang game kamu sudah terdaftar di Steam Library


Yup, sesederhana itu sebenarnya cara backup dan restore game Steam secara langsung tanpa menggunakan fitur backup restore Steam Client dan pastinya proses backup dan restore terasa lebih cepat karena ya itu tadi tidak membutuhkan proses repack data game.

Kita juga jadi lebih tahu estimasi watu yang dibutuhkan untuk lama proses backup dan restore game. Tentunya cara ini aman kok dan tidak menganggu keamanan akun Steam kamu. Admin sudah mencobanya sendiri. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Cara Backup Restore Game Steam Tanpa Backup Melalui Steam Client: Ini Tutorialnya