Seperti Inilah Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi Ratusan KB untuk Daftar CPNS

Sedang mencari tutorial bagaimana caranya mengecilkan ukuran foto untuk registrasi online CPNS? Padahal kamu sendiri kurang begitu memahami editing foto semisal menggunakan Adobe Photoshop? Tenang, jangan panik dulu karena admin akan bagikan ke kamu tutorial bagaimana cara mengecilkan ukuran foto atau resize foto menggunakan Microsoft Office PowerPoint. Yuk langsung saja simak tutorial selengkapnya berikut ini!

Seperti Inilah Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi Ratusan KB untuk Daftar CPNS

Seperti Inilah Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi Ratusan KB untuk Daftar CPNS
Seperti Inilah Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi Ratusan KB untuk Daftar CPNS

Tahun ini 2018, pemerintah membukan peluang seleksi CPNS sebanyak 238015 orang. Jumah tersebut terbilang cukup besar dan pastinya akan ada banyak pelamar yang ingin mengajukan diri ikut berkompetisi menjadi CPNS. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana proses pendaftaran masih menggunakan cara manual dimana pelamar CPNS harus mengajukan lamaran dalam bentuk fisik ke tempat pendaftaran atau mengirimkan berkas lamaran CPNS tersebut ke kantor POS. Untuk saat ini proses registrasi seleksi CPNS sudah menggunakan sistem online. tentunya buat kamu yang sudah terbiasa melamar pekerjaan via online pasti sudah tidak asing lagi dengan aktivitas mengupload foto. Namun bagaimana dengan mereka yang masih awam?

Secara ada batasan ukuran atau size tertentu jika ingin mengupload foto di halaman registrasi semisal maksimal foto yang boleh diupload adalah 500 KB saja atau mentok-mentoknya cuma 1 MB saja. Tentu buat kamu yang punya file foto di atas 2 MB atau lebih semisal 5 hingga 6 MB akan merasa kesulitan menguploadnya karena sistem akan menolak foto uploadan tersebut karena melebih ukuran. Nah jika kamu menemui masalah ini dan bingung bagaimana cara mengecilkan ukuran foto, jangan khawatir dulu, karena admin akan bagikan ke kamu bagaimana cara mengecilkan ukuran foto tersebut kok.

Buat kamu yang tidak bisa menggunakan aplikasi editor foto semisal Photoshop, jangan khawatir karena admin sama sekali tidak menggunakan Adobe Photoshop kok untuk mengecilkan ukuran foto tersebut melainkan menggunakan aplikasi Office biasa bernama Microsoft Office Power Point. Yup aplikasi Office satu ini yang sering digunakan untuk membuat dan menampilkan presentasi ternyata bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto atau istilahnya itu Compress foto.

Adapun caranya sebagai berikut:
1. Silahkan buka dan jalankan Microsoft Office PowerPoint
2. Kemudian pilih presentasi kosong (buat pengguna Office 2016) > setelah itu Insert atau sisipkan
3. Di situ nanti akan ada opsi gambar atau Picture
4. Silahkan pilih opsi tersebut kemudian nantinya kamu akan diarahkan untuk memilih gambar atau foto. Silahkan pilih foto mana yang ingin kamu kecilkan ukurannya
5. Nantinya foto yang kamu sudah pilih nanti akan muncul di lembar kerja PowerPoint
6. Perhatikan pada opsi tab tadi akan ada opsi Compress gambar atau ringkaskan gambar > pilih opsi tersebut
7. Nantinya akan muncul menu jendela pop-up kompresi gambar > silahkan pilih mau profile yang mana (Profile Email yang paling kecil)
8. Kalau sudah tekan OK
9. Klik kanan pada gambar > pilih opsi Simpan sebagai gambar > lalu simpan seperti biasa di Harddisk atau Flashdisk

Selain mengecilkan ukuran file, kamu juga bisa mengubah ukuran resolusinya dengan cara tinggal menarik panah yang ada di ujung-ujung gambar. Apabila ukuran foto kamu di atas 5 MB dan ketika dikecilkan ukurannya menggunakan cara ini masih 2 MB. Silahkan lakukan hal yang sama sampai ukuran tersebut mengecil lagi atau sesuai dengan minimum file foto yang boleh diupload ke halaman registrasi pelamar CPNS.


Nah itulah dia tutorial sederhana dari admin bagaimana caranya mengecilkan ukuran foto menggunakan aplikasi Microsoft Office PowerPoint, terkhusus buat kamu yang sedang melamar sebagai CPNS di salah satu instansi pemerintah. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta jangan lupa untuk Subscribe channel RacikPC Indonesia guna mendapatkan tutorial terbaru komputer berbasis Windows berbahasa Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Seperti Inilah Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi Ratusan KB untuk Daftar CPNS