Cara Membackup Key Lisensi Windows 10 Original dari Pembelian Laptop Preinstall Agar Bisa Install Ulang Lagi

Baru saja beli laptop yang sudah terinstall Windows 10 original di dalamnya namun kamu bingung bagaimana nanti jika suatu hari ingin install ulang tapi tidak ada CD installer beserta Key Lisensinya? Okey fix, ini adalah jawaban atas kebingunganmu tersebut karena di artikel kali ini admin RacikPC.com bagikan tutorial sederhana bagaimana caranya backup Key Lisensi Windows 10 di laptop maupun di Desktop PC. Silahkan diikuti!

Cara Membackup Key Lisensi Windows 10 Original dari Pembelian Laptop Preinstall Agar Bisa Install Ulang Lagi

Cara Membackup Key Lisensi Windows 10 Original dari Pembelian Laptop Preinstall Agar Bisa Install Ulang Lagi
Cara Membackup Key Lisensi Windows 10 Original dari Pembelian Laptop Preinstall Agar Bisa Install Ulang Lagi

Kalau dulu yang namanya Windows Original masih suatu yang jarang bisa kita temui di pengguna komputer Indonesia. Secara harga dari lisensi Windows original juga mahal, bahkan bisa sampai 1 jutaan lebih dan itu sudah teman admin buktikan sendiri pada saat membeli salah satu laptop untuk kerja. Well, namun sekarang yang namanya Windows Original sudah sangat mudah ditemukan, bahkan bisa dibilang populasi pengguna sistem operasi Windows bajakan sudah mulai berkurang banyak. Hal ini tidak lain peran serta dari pada produsen pembuat laptop yang sudah secara merata memberikan Windows 10 original di setiap laptop atau notebook yang mereka keluarkan.

Sebagai contoh pada saat membeli laptop Acer E5-475G yang sempat admin review di sini serta berbagi pengalamannya di sini, sudah disertai dengan Windows 10 Home Single Language Original. Tentu hal ini sangat menggembirakan karena admin RacikPC.com tidak perlu harus keluar uang lagi guna membeli lisensi Windows 10 original tersebut. Terlebih Windows 10 ini juga sudah terinstall, sehingga ketika dinyalakan laptop Acer E5-475G sudah bisa langsung digunakan. Yah, memang tidak ada kaset Windows 10 yang diberikan pada saat membeli laptop ini karena Windows 10 nya sendiri sudah terinstall langsung. Istilahnya itu OEM.

Namun begitu laptop admin tetap bisa update jika ada pembaruan dari server Windows. Satu pertanyaan yang mungkin muncul pada laptop yang sudah terinstall Windows 10 di dalamnya ini adalah bagaimana nanti jika suatu hari laptop tersebut diinstall ulang, apakah Windows 10 nya nan masih tetap original atau justru gegara install ulang ini nanti, lisensinya terhapus berubah menjadi unlisensi lagi?

Well, dari beberapa sumber yang admin baca jika laptop atau komputer PC kamu sudah sekali terpasang Windows 10 original, baik yang kemarin dapat jatah update gratis dari Windows 7, Windows 8 ke Windows 10 maka secara otomatis sekalipun nanti kamu bakal install ulang, maka Id dari komputer kamu tersebut akan tersimpan di servernya Windows. Walhasil lisensi original tersebut akan langsung teraktivasi pada saat komputer atau laptop tersebut sekali saja terhubung ke jaringan internet.

Namun begitu sebagai pemilik, tentu masih ada terasa waswas. Oleh karena itu di artikel kali ini admin akan bagikan kek kamu tutorial bagaimana caranya membackup atau menyimpan Key Lisensi Windows 10 pada sebuah laptop yang tidak ada kaset atau key lisense di body laptop tersebut sama sekali.

Silahkan siapkan bahan dan ikuti tata caranya di bawah ini:
1. Ambil file script nya di sini
2. Kemudian ekstrak lalu klik kanan pada script BackupWindows8Or10Key > pilih Run with PowerShell
3. Secara otomatis nantinya akan terbuka jendela PowerShell (mirip dengan CMD)
4. Nantinya juga akan ada opsi yang intinya itu adalah meminta persetujuan > kamu langsung ketik huruf Y lalu tekan enter
5. Kemudian akan lanjut muncul persetujuan > tekan Yes atau OK
6. Masih di jendela PowerShell yang sama > secara otomatis nantinya akan muncul Key lisensi Windows 10
7. Tekan Y untuk menyimpannya ke dalam bentuk txt di Desktop

Sekarang Key lisense beserta ProductID dari Windows 10 kamu sudah terlihat dan silahkan digunakan nanti jika ingin install ulang atau cuma buat berjaga-jaga saja. Cara ini sudah admin praktikkan sendiri pada laptop Acer E5-475G yang memang juga sudah terdapat Windows 10 Original di dalamnya dan tentunya juga buat kamu yang bertanya-tanya apakah cara ini berfungsi di Laptop merek lain. So pasti berfungsi, bahkan sudah admin test juga di PC Desktop yang sudah terpasang Windows 10 PRO Original.


Well, itu saja dulu yang bisa admin bagikan ke kamu tentang bagaimana caranya backup lisensi Windows 10 Original di laptop tanpa kaset CD installer. Video untuk tutorial ini akan admin buatkan sehingga buat kamu yang benar-benar masih awam bisa tetap menjalankannya. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta jangan lupa Subscribe Channel RacikPC Indonesia agar kamu bisa terus mendapatkan update tutorial komputer berbasis Windows. Salam admin RacikPC.com

Cara Membackup Key Lisensi Windows 10 Original dari Pembelian Laptop Preinstall Agar Bisa Install Ulang Lagi