Tips Ampuh Menghilangkan FPS Drop, Lag Ketika Bermain Game di PC dan Laptop: Ultimate Performance Mode

Pernahkah kamu mengalami kondisi dimana saat bermain game di PC Desktop maupun Laptop menemui yang namanya FPS Drop? Padahal kalau dilihat dari spesifikasi sih harusnya sudah memenuhi atau bahkan melewati spesifikasi minimal dari game tersebut. Kalau sudah seperti ini tentu kita sebagai pemilik kebingungan dari mana asalnya FPS Drop tersebut. Oleh karena itu di artikel kali ini admin akan bagikan ke kamu tutorial bagaimana caranya mengaktifkan Ultimate Performance Mode pada Windows 10. Silahkan disimak hingga selesai!

Tips Ampuh Menghilangkan FPS Drop Ketika Bermain Game di PC dan Laptop: Ultimate Performance Mode

Tips Ampuh Menghilangkan FPS Drop, Lag Ketika Bermain Game di PC dan Laptop: Ultimate Performance Mode
Tips Ampuh Menghilangkan FPS Drop, Lag Ketika Bermain Game di PC dan Laptop: Ultimate Performance Mode

Mungkin hampir lebih dari 75% di dunia ini telah menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi mereka, terlebih di Windows 10 sendiri menawarkan banyak fitur serta tampilan yang jauh lebih kece, lebih keren dari pada Windows terdahulu. Sebut saja style ala Metro yang jauh lebih disempurnakan dari Windows 8.1 serta aplikasi dan game saat ini juga lebih mengedepankan dukungan mereka pada Windows 10. Walhasil penggunaan Sistem operasi terbaru dari Microsoft ini semakin populer dan tidak membutuhkan waktu lama buat pengguna Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1 buat segera bermigrasi ke Windows 10.

Admin sendiri adalah salah satu dari pengguna Windows 10 PRO dan Windows 10 Home Single Language yang sudah tidak mau downgrade lagi ke Windows lawas, terlebih game-game yang admin mainkan saat ini juga diopstimisasi sekali untuk Windows 10. berhubung Windows 10 sudah banyak digunakan untuk bermain, di artikel kali ini admin akan bagikan ke kamu salah satu tutorial sederhana gimana caranya meningkatkan performa yang ada di Windows 10. Performa yang admin maksud di sini adalah meminimalisir terjadinya latensi, FPS drop ketika kamu bermain game atau istilah sederhananya itu Bebas LAG. Sehingga kamu bisa memain game lancar tanpa patah-patah.

Karena ada beberapa pengguna dari Windows 10 yang mengeluhkan jika komputer PC atau laptop yang mereka miliki terasa masih belum mampu menjalankan game-game yang mereka mainkan, padahal kali dilihat dari spesifikasi sudah cukup mumpuni, bahkan ada yang masuk kategori rekomendasi spesifikasi juga masih terasa FPS drop. Nah salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengaktifkan Ultimate Performance Mode.

Apa itu Ultimate Performance Mode?
Salah satu fitur yang secara bawaan disembunyikan oleh Windows 10, dan harus diaktifkan secara manual jika ingin menggunakannya. Fungsi dari Ultimate Performance Mode ini tidak lain adalah mengeluarkan seluruh potensi yang ada di komputer kamu tersebut. Kabar baiknya karena Ultimate Performance Mode ini adalah fitur bawaan dari Windows 10, maka untuk bisa menggunakannya, tidak diperlukan sama sekali aplikasi tambahan pihak ketiga. So pasti akan sangat mudah sekali.

Buat kamu yang ingin segera mempraktikkannya bisa coba jalankan instruksi yang ada di bawah ini:
1. Pastikan jika Windows 10 yang terinstall di PC atau laptop kamu tersebut serendah-rendahnya adalah versi 1803. Jika belum, silahkan update terlebih dahulu melalui updater
2. Jika sudah, langsung buka Windows PowerShell > Run as Administrator > kemudian nantinya akan muncul jendela berwarna biru
3. Copy kode yang ada di bawah ini ke Windows PowerShell tadi:

powercfg -duplicatescheme e9a42b02-d5df-448d-aa00-03f14749eb61

4. Kemudian tekan tombol enter pada keyboard
5. Lanjut klik icon Windows > ketikkan "Power" atau "daya" > kemudian pilih opsi edit rencana daya (icon baterai dan colokan listrik)
6. Pilih opsi daya > kemudian centang pada performa terbaik atau Ultimate Performance Mode
7. Kemudian restart komputer kamu
8. BErikut ini sudah admin buatkan juga dalam bentuk video sehingga lebih mudah dipraketkkan buat awam sekalipun:


tentunya mengaktifkan Ultimate Performance Mode di Windows 10 adalah satu upaya yang bisa kamu lakukan agar bebas Lag, semakin lancar bermain game di komputer. Semuanya lagi akan kembali ke spesifikasi dari PC atau laptop yang sedang kamu gunakan saat ini. Namun begitu cukup lumayanlah bisa mengeluarkan performa terbaik dari Windows 10 yang kamu miliki.

Selain itu bagi kamu pengguna laptop untuk memastikan pada saat mengaktifkan Ultimate Performance Mode ini sedang tersambung ke charger, karena Ultimate Performance Mode ini akan disable sendiri ketika mode tidak sedang tersambung ke sumber listrik eksternal. Sekian dulu tutorial dari admin bagaimana caranya mengaktifkan Ultimate Performance Mode di Windows 10. Silahkan +1, like dan bagikan tutorial ini serta jangan lupa untuk Subscribe channel RacikPC Indonesia untuk mendapatkan tutorial-tutorial terbaru seputar komputer berbasis Windows berbahasa Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Tips Ampuh Menghilangkan FPS Drop, Lag Ketika Bermain Game di PC dan Laptop: Ultimate Performance Mode