Muncul No Bootable Device Setelah Update BIOS di Laptop Acer E5-475G atau E5-476G? Ini Cara Memperbaikinya!

Setelah update BIOS tiba-tiba Laptop Acer E5-475G atau E5-476G kamu tidak bisa masuk ke Log on screen Windows 10? Yang muncul hanya tulisan No Bootable Device dengan logo kaca pembesar? Sudah coba restart beberapa kali pun tetap saja Laptop kamu tidak berhasil masuk ke OS? Jangan panik dulu, langsung saja simak tata cara memperbaiki No Bootable pada Acer E5-475G atau E5-476G.

Muncul No Bootable Setelah Update BIOS di Laptop Acer E5-475G atau E5-476G? Ini Cara Memperbaikinya!

Muncul No Bootable Device Setelah Update BIOS di Laptop Acer E5-475G atau E5-476G? Ini Cara Memperbaikinya!
Muncul No Bootable Device Setelah Update BIOS di Laptop Acer E5-475G atau E5-476G? Ini Cara Memperbaikinya!

Kasus munculnya No Bootable Device pada laptop Acer E5-475G dan E5-476G lumayan cukup banyak. Biasanya sih masalah No Bootable Device ini muncul setelah mereka yaitu pemilik dari laptop ini melakukan update BIOS ke versi dia atas. Biasanya kan setelah tombol Power ditekan, harunya laptop ini masuk ke log in screen, namun apesnya malah muncul gambar No Bootable Device.

Admin sendiri selama update beberapa kali BIOS pada laptop Acer E5-475G sama sekali tidak menemukan masalah pada saat boot. Itulah yang membuat admin RacikPC.com heran, kok bisa pengguna lain kena masalah ini. Usut punya usut setelah admin coba cari tahu lebih dalam, ternyata masalah No Bootable Device pada Laptop Acer E5-475G atau E5-476G ini lebih diakibatkan perpindahan jenis boot.

Yup, jadi mungkin jenis boot yang kamu gunakan pada Laptop Acer E5-475G atau E5-476G ini adalah Legacy, kemudian setelah update berpindah ke UEFI. Nah, inilah yang membuat laptop kamu tadi menjadi No Bootable Device. Untuk mengatasinya sebenarnya mudah sekali:
1. Yang pertama kamu lakukan tinggal masuk ke opsi BIOS dengan cara nyalakan laptop lalu cepat-cepat tekan tombol F2 secara terus menerus hingga masuk ke BIOS
2. Lalu pilih opsi Boot
3. Pada bagian atas pilih boot options > pilih ke Legacy
4. kemudian tekan F10 untuk menyimpan opsi yang telah dipilih tadi

Sekarang Laptop kamu sudah berhasil lagi masuk ke log on screen Windows 10. Mulai dari Windows 8, 8.1, hingga Windows 10 sebenarnya jenis boot yang disarankan adalah UEFI. Namun mungkin karena kurang informasi atau memang dari belinya sudah di atur ke Legacy. Sehingga setiap kali update BISO secara otomatis jenis boot akan berpindah ke UEFI.


Admin sendiri sedari awal beli sudah mengganti opsi boot ke UEFI. Jadi memang sudah menjadi kebiasaan admin setiap kali beli laptop baru pasti install ulang lagi. Nah pada saat install ulang inilah admin langsung ubah dari Legacy ke UEFI. Jadi buat kamu yang tidak mau repot lagi, bisa install ulang kemudian ubah ke UEFI.

Oh iya, masalah laptop No Bootable Device ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada Laptop Acer saja kok, tapi juga bisa di laptop merek lain semisal Asus, Lenovo, HP, Samsung, LG, MSI, dan lain sebagainya. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel RacikPC Indonesia, salam admin RacikPC.com

Muncul No Bootable Device Setelah Update BIOS di Laptop Acer E5-475G atau E5-476G? Ini Cara Memperbaikinya!