Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Sengaja Menghapus Data di Flashdisk?

Secara tidak sengaja kamu menghapus atau bahkan memformat HDD, SSD ataupun Flashdisk, Padahal di dalamnya ada-data penting? Jangan keburu panik dulu.. Semua bisa dikembalikan kok. Yup kamu tidak salah baca, semua data-data yang sudah kamu hapus tadi bisa Recovery lagi. Untuk lebih jelasnya silahkan kamu simak Tutorial berikut!

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Sengaja Menghapus Data di Flashdisk?

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Sengaja Menghapus Data di Flashdisk
Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Sengaja Menghapus Data di Flashdisk

Okey, hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya tidak sengaja menghapus file penting di media penyimpanan mereka semisal Harddisk, SSD ataupun Flashdisk. Alih-alih mungkin ingin meng-copy malah tertekan delete atau format. Walhasil data-data penting yang sudah terhapus tadi hilang seketika. Kalau sudah seperti ini apa mau dikata, tinggal pasrah saja.

Hal ini admin pernah alami sendiri pada Laptop Toshiba M645 yang secara tidak sengaja admin format Disk D nya. Walhasil semua data-data penting di dalam Disk tersebut termasuk data-data perkuliahan lenyap tak bersisa. Namun karena admin sudah tahu apa yang harus dilakukan, setidaknya admin tidak terlalu panik lagi.

Nah buat kamu yang sedang dalam kondisi seperti ini, berikut ada tata cara mengembalikan data-data yang sudah hilang tadi.
1. Setelah kemu tidak sengaja menghapus atau memformat flashdisk maupun HDD, JANGAN dulu di timpa dengan file lain atau mencopy file lain ke dalam media penyimpanan tersebut. Hal ini penting supaya data yang sudah terhapus tadi bisa lebih mudah dikembalikan.
2. Silahkan ambil dan install aplikasi Recuva yang ada di sini
3. Setelah itu jalankan aplikasi Recuva nya
4. Untuk lebih jelasnya dari tutorial ini bisa kamu simak videonya berikut, karena bakal lebih mudah dipahami dari sekedar tulisan:


Memang sih ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan data-data yang hilang, namun sejauh ini aplikasi Recuva sangat direkomendasikan. Terlebih selain efektif juga gratis. Namun fitur yang disematkan pada mode Gratis nya sudah sebagus versi PRO. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Sengaja Menghapus Data di Flashdisk?