Penting atau Tidakkah Update BIOS dan Apa Sebenarnya Fungsi BIOS pada Komputer? Based on Pengalaman

Pentingkah Update BIOS?
Sama nih, admin Racikpc.com juga terkadang bertanya-tanya sendiri kira-kira Update Bios tuh penting ga sih? Secara kalau tidak diupdate pun baik komputer PC Desktop maupun Laptop tetap masih bisa digunakan normal. Lantas sepenting apa update BIOS?

Penting atau Tidakkah Update BIOS dan Apa Sebenarnya Fungsi BIOS pada Komputer? Based on Pengalaman

Penting atau Tidakkah Update BIOS dan Apa Sebenarnya Fungsi BIOS pada Komputer Based on Pengalaman
Penting atau Tidakkah Update BIOS dan Apa Sebenarnya Fungsi BIOS pada Komputer Based on Pengalaman

Sebelum admin jawab penting atau tidak Update saya sebuah BIOS, setidaknya kita harus tahu dulu kira-kira apa itu BIOS dan fungsi BIOS itu apa? Apakah BIOS itu sama dengan sistem operasi Windows? 🤔

Okey, BIOS sendiri memiliki kepanjangan Basic Input Output System pada komputer PC IBM atau pada komputer intel x86, yang kalau dilihat dari fungsinya BIOS memiliki peran penting sebagai pondasi dari sebuah sistem operasi.

Nah berikut ini adalah fungsi dari BIOS itu sendiri:
1. Sebagai penyalaan atau inisialisasi pada sebuah perangkat keras pada komputer
2. Memuat kemudian menjalankan sistem operasi itu sendiri. Biasa yang kita kenal dengan Windows 10, Windows 8.1, Windows 7 dan seterusnya
3. BIOS sendiri memiliki peranan dasar dalam mengatur konfigurasi pada komputer seperti tanggal, media penyimpanan HDD, SSD, konfigurasi proses booting OS, serta menjaga kestabilan OS itu sendiri
4. Dan yang tak kalah penting BIOS berfungsi sebagai jembatan sehingga sistem operasi dan aplikasi bisa berhubung langsung dengan hardware sehingga fungsi-fungsi dari hardware tersebut bisa dipergunakan.

Nah melihat begitu pentingnya fungsi BIOS, apakah kamu masih bertanya pentingkah update BIOS tersebut? 🤔

Based on pengalaman saja:

Wajib Update BIOS Jika:
Update BIOS sangat penting jika CPU atau prosesor yang sedang kamu gunakan masih baru diluncurkan, terlebih biasanya CPU baru akan dibarengi dengan chipset terbaru pula. Nah baik CPU dan chipset terbaru ini biasanya belum optimal sehingga BIOS yang terinstall juga masih belum stabil. Oleh karena itu update BIOS sangat diperlukan.

Sebagai contoh admin Racikpc.com membeli CPU terbaru dari AMD yaitu Ryzen 1600x, yang kala itu baru saja diluncurkan. Berhubung chipset B350 juga masih terbilang baru dan socket AM4 juga baru. Walhasil update BIOS sangat dibutuhkan. Hal ini bisa nampak ketika admin sering mengupdate BIOS pada Motherboard Asus B350-F Strix Gaming, performa dari Ryzen 1600x semakin stabil. Sangat jarang admin menemukan random reboot atau freezing.

Tidak Wajib Update BIOS Jika:
Update BIOS pada Chipset Motherboard tidak wajib dilakukan apabila CPU atau prosesor yang kamu gunakan saat ini adalah CPU yang sudah matang, dalam artian sudah berada satu tingkat di bawah CPU terbaru saat ini. Karena biasanya versi BIOS yang sudah terinstall pada Motherboard tersebut merupakan versi stabil atau versi yang sudah mengalami beberapa kali Update.

Sebagai contoh jika kamu menggunakan CPU Intel Skylake atau Kabylake yang merupakan CPU 1 hingga 2 tingkat di bawah CPU terbaru sekarang yaitu Coffelake. Tentu BIOS yang terinstall sudah matang, dimana sudah mengalami beberapa kali update. Harusnya CPU dan chipset sudah bekerja optimal.


Terlepas dari penjelasan di atas sebenarnya mau update BIOS atau tidak itu semua ada padamu. Selagi BIOS yang terinstall saat ini masih bagus dan tidak ada masalah, sebenarnya tidak ada keharusan untuk Update BIOS. Namun tentunya dengan BIOS terus diupdate secara berkala, maka komputer kamu bakal jadi makin stabil.

Oh iya, satu lagi. Kalau mau Update BIOS, usahakan untuk tetap tersambung ke Charger jika menggunakan laptop atau pastikan listrik di wilayah kamu sedang tidak ada jadwal pemadaman jika menggunakan PC Desktop. Lebih bagus lagi jika punya UPS. Nah itulah bahasan tentang seberapa penting Update BIOS pada komputer. Silahkan +1, like dab bagikan serta Subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin Racikpc.com

Penting atau Tidakkah Update BIOS dan Apa Sebenarnya Fungsi BIOS pada Komputer? Based on Pengalaman