Seperti Inilah Tata Cara Penggantian Pasta Thermal pada Laptop Acer E5-475G dan E5-476G: Solusi Laptop Panas

Laptop Acer E5-475G dan E5-476G kamu sudah mulai cepat panas? Padahal cuma menjalankan aplikasi ringan dan browsing saja sudah muncul panas berlebih? Hem.. sepertinya sudah saatnya untuk melakukan penggantian pasta thermal. Agar tidak menimbulkan masalah lain, di artikel kali ini admin akan bagikan secara khusus pengguna Laptop Acer. Okey tanpa berlama-lama lagi langsung mulai saja tutorialnya.

Seperti Inilah Tata Cara Penggantian Pasta Thermal pada Laptop Acer E5-475G dan E5-476G: Solusi Laptop Panas

Seperti Inilah Tata Cara Penggantian Pasta Thermal pada Laptop Acer E5-475G dan E5-476G: Solusi Laptop Panas
Seperti Inilah Tata Cara Penggantian Pasta Thermal pada Laptop Acer E5-475G dan E5-476G: Solusi Laptop Panas

Walau sifatnya tidaklah wajib, terutama buat laptop yang baru berumur kurang dari 1 tahun, namun ada baiknya memang melakukan penggantian pasta thermal atau thermal paste pada sebuah laptop. Hal ini tidak lain untuk menjaga agar suhu panas yang dihasilkan oleh prosesor biasa tersalurkan dengan baik ke heatpipe. Karena kita ketahui sama-sama bahwa jika dalam waktu yang lama nantinya pasta thermal akan mengeras dan mengering, hal inilah terkadang yang menjadi salah satu penyebab kenapa laptop jadi cepat panas, walau cuma digunakan untuk mengetik dan browsing ringan saja.

Oh iya, buat yang belum tahu pasta thermal, thermal paste, atau pasta prosesor akan selalu ada secara bawaan pada sebuah laptop. Karena antara heatpipe dan CPU terdapat jarak yang walaupun hanya beberapa mili meter saja namun hal ini membuat panas pada CPU tidak tersalurkan dengan baik ke Heatpipe yang merupakan pendingin dari sebuah laptop. Cepat atau lambatnya thermal paste mengering dan mengeras sangat dipengaruhi sekali dari kebiasaan penggunaan serta sirkulasi dari laptop itu sendiri. Semisal laptop yang sering diajak bermain game berat maka akan lebih cepat mengering pasta thermal nya (berdasarkan pengalaman admin sendiri di laptop lawas).

Nah berhubung Laptop Gaming kere hore admin Acer E5 475G sudah lebih dari 1 tahun serta panas berlebih juga kerap kali muncul walau dipakai untuk pekerjaan ringan, maka admin berinisiatif untuk mengganti pasta thermal tersebut dengan thermal paste After market. Dari pada admin simpan sendiri mending admin buatkan saja tutorialnya juga, sehingga buat kamu yang ingin atau ada rencana untuk mengganti thermal paste bisa juga mempraktikkannya. Karena unit Acer E5 475G sama persis dengan E5 476G, maka cara penggantian pasta thermal ini sama saja.

Berikut ini sudah admin buatkan tutorialnya dalam bentuk video:


Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan adalah:
- Pasta thermal pengganti, ada banyak di pasaran silahkan pilih. Disini admin - menggunakan Thermal Paste dari Cooler Master
- Obeng set untuk membuka baut laptop
- Ketelitian

Secara kualitas sebenarnya pasta thermal yang terpasang pada laptop terkini juga terbilang bagus dan masih bisa digunakan lebih dari 1 tahun, namun memang di luaran sana ada banyak merek thermal paste yang lebih mumpuni semisal Noctua. Jadi usahakan pada saat penggantian thermal paste ini kamu sudah mempersiapkan pasta thermal yang mumpuni sehingga untuk penggantian pasta thermal berikutnya jadi lebih lama.

Itulah dia tata cara penggantian pasta thermal pada laptop Acer E5-475G dan E5-476G. Pada dasarnya penggantian pasta thermal di laptop lain juga sama, yang membedakan adalah cara membuka back cover belakangnya saja. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin RacikPC.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url