Tanpa Kabel Dijual 2x Lipat? Review Logitech G304 Lightspeed Wireless Gaming Mouse

Layakkah sebuah Mouse Gaming Logitech G304 Lightspeed dibeli? Secara harganya 2 kali lipat dari pendahulunya G102 dan Apa saja faktor-faktor yang membuat G304 ini layak untuk dibeli serta apa saja nilai kekurangannya? Temukan semua jawabannya melalui artikel review berikut!

Tanpa Kabel Dijual 2x Lipat? Review Logitech G304 Lightspeed Wireless Gaming Mouse

Tanpa Kabel Dijual 2x Lipat? Review Logitech G304 Lightspeed Wireless Gaming Mouse
Tanpa Kabel Dijual 2x Lipat? Review Logitech G304 Lightspeed Wireless Gaming Mouse

Salah satu Gaming peripheral yang admin tunggu di tahun ini adalah Mouse Wireless dari Logitech yaitu Logitech G304 Lightspeed Wireless Gaming Mouse. Bukan karena desingnya atau karena sensor HERO yang sudah tertanam pada Logitech G304 ini, melainkan sudah Wireless alias tanpa menggunakan kabel lagi.

Yah kedengarannya konyol memang tapi itulah alasan utama admin ketika ingin membeli Mouse Gaming Logitech G304 Lightspeed ini. Namun begitu tidak serta merta admin mengabaikan beberapa aspek yang sudah ditawarkan oleh Logitech G304 Lightspeed. Okey kita mulai dari

Design
Buat pengguna lama Mouse Logitech G102 Prodigy pasti sudah tidak akan asing lagi dengan design yang ditawarkan oleh Logitech G304 Lightspeed ini. Ibarat kata saudara kembar, yang membedakannya cuma satunya masih pakai kabel dan Logitech G304 Lightspeed ini sudah Wireless plus ada tambahan slot baterai.

Nilai minus dari Logitech G304 Lightspeed justru pada RGB Lighting, jadi beda dengan saudaranya yang ada RGB LED 16 Juta warna itu, namun justru di Logitech G304 Lightspeed ini tidak ada sama sekali. Bahkan satu-satunya lampu cuma indikator status baterai yang posisinya berada di bawah tombol change DPI.

Fitur
Masih juga seperti kakaknya, Logitech G304 Lightspeed ini dilengkapi dengan 6 tombol yang ke semuanya itu bisa kamu kustomisasi melalui Logitech Gaming software. Selain itu juga terdapat memory on board yang bisa menyimpan beberapa profile DPI yang bisa kamu sesuaikan pada software tadi. Fitur ini cukup membantu terutama buat kamu yang suka bepergian dan tidak ingin repot arus setting sana-sini.

Di segi fitur inilah sebenarnya nilai jual dari Logitech G304 Lightspeed. Dimana tagline dari mouse ini adalah LIGHTSPEED WIRELESS GAMING MOUSE. Yah jadi Wireless di sini bukanlah sembarang Wireless tapi di klaim oleh Logitech jika mouse Wireless ini punya pengalaman yang sama dengan mouse berkabel, dimana Logitech G304 Lightspeed ini memiliki respons time 1 ms saja.

Sensor
Sebagai Mouse Logitech dengan label GAMING, Logitech G304 Lightspeed ini sudah menggunakan sensor HERO dengan maksimal DPI 12000. Jujur saja dengan DPI sebesar itu di admin tidak terpakai, malah admin lebih suka DPI bawaan dari mouse ini sehingga mengatur ke memory on board.

Namun begitu buat kamu yang punya setup banyak monitor, pastinya DPI sebesar ini akan sangat terbaru. Soal sensor Hero sendiri, admin tidak terlalu bisa merasakan perbedaan responsifitas antara sensor yang dimiliki oleh Logitech G102 Prodigy dengan Logitech G304 Lightspeed. Rasanya kayak sama saja. Mungkin ini dikarenakan juga admin adalah seorang gamer casual yang lebih suka game-game tipe campaign sekalipun itu FPS. Jadi asal ketembak saja musuhnya itu mouse sudah admin nilai bagus.

Akan tetapi buat kamu seorang Gamer e-Sport, pasti responsifitas dari sensor HERO ini akan sangat bermanfaat sekali.

Ketahanan Baterai
Melalui situs resminya, Logitech G304 Lightspeed diklaim bisa bertahan selama 250 jam cukup dengan 1 buah baterai tipe AA saja. Yah kalau dibagikan 24 jam sih bisa nonstop digunakan selama 10 hari. Namun begitu setelah penggunaan 10 hari pun admin cek di Logitech Gaming Software, kapasitas baterai masih menunjukkan penuh. Nah loch ternyata tahan lebih dari 10 hari?

Ternyata-eh ternyata setelah admin cermati, admin menggunakan profile endurance atau low profile, yang mana dengan profile seperti ini memang ditujukan untuk penghematan daya, sedangkan di Logitech Gaming Softwarenya sendiri ada opsi untuk mengubah ke opsi High.

Berat
Sesuai dengan situs resminya jika Logitech G304 Lightspeed ini diklaim jika hanya memiliki berat sebesar 99 gram saja dan pada kenyataannya ketika admin coba adu test dengan G102 Prodigy memang sekilas tidak terlalu terasa perbedaannya. Yah memang seperti G304 ini lebih sedikit saja beratnya dikarenakan penambahan bobot baterai di dalamnya, namun secara keseluruhan tidak mengurangi kenyamanan dalam menggunakan mouse Gaming yang sudah terkenal ini.

Kesimpulannya
Tidak ada alasan yang kuat bagi kamu jika ingin membeli Logitech G304 Lightspeed apabila sebelumnya kamu adalah pengguna Logitech G102 Prodigy. Karena yak plek sama banged pengalaman penggunaannya. Bahkan di G304 ini fitur RGB dihilangkan, yang mana jadinya seperti mouse biasa saja, kurang begitu terasa kesan mewahnya itu, padahal bandrolan mouse ini 2 kali lipat dari kakaknya G102.

Nilai jual dari Logitech G304 Lightspeed adalah Wireless dan sensor Heronya. Khusus untuk sensor HERO akan sangat terasa buat kamu para gamer kompetitif, sedangkan untuk wirelessnya ini sangat membantu sekali, terkhusus buat kamu yang suka dan ingin punya set up PC minimalis tanpa ada banyak kabel berserakan di meja.


Apakah Logitech G304 Lightspeed layak untuk dibeli?
Yak layak sekali, karena di harga 500rb sampai 600rb cuma ada mouse Gaming ini yang menjanjikan pengalaman sama seperti mouse berkabel. Terlebih dengan nama brand Logitech yang sudah sangat terkenal di dunia peripheral komputer. Tentu tidak ada keraguan untuk membeli mouse Gaming ini.

Nah itulah dia review dari admin untuk Mouse Gaming Logitech G304 Lightspeed. Semoga apa yang admin tuliskan ini bisa menambah referensi kamu dalam menentukan pilihan dan buat kamu yang sudah atau sedang menggunakan mouse ini bisa tulis pengalamannya di kolom komentar serta jangan lupa untuk +1, like dan bagikan kemudian Subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Tanpa Kabel Dijual 2x Lipat? Review Logitech G304 Lightspeed Wireless Gaming Mouse