Review Lengkap MagicForce 82 Keys Cherry MX Blue Mechanical Keyboard: Lebih Simple dan Minimalist dari Tenkeyless (TKL)

Apakah sudah ada yang tahu dengan Mechanical Keyboard dari MagicForce atau malah sudah ada yang coba? Hemm pastinya belum banyak yang tahu ya, wajar sih, Mechanical Keyboard dari MagicForce ini bukan mengincar target pasar mainstream, sebagian besar dari kamu mungkin lebih kenal dengan merek ASUS Claymore, steelseries, Corsair Vengeance series dan lain sebagainya yang punya fitur lampu RGB. Nah kali ini admin akan mereview sesuatu yang berbeda yaitu sebuah Mechanical Keyboard yang condong ditujukan untuk Enthusiast Mechanical Keyboard. Inilah dia review dari MagicForce Smart 82 Keys Mechanical Keyboard.

Review Lengkap MagicForce 82 Keys Cherry MX Blue Mechanical Keyboard: Lebih Simple dan Minimalist dari Tenkeyless (TKL)

Review Lengkap MagicForce 82 Keys Cherry MX Blue Mechanical Keyboard: Lebih Simple dan Minimalist dari Tenkeyless (TKL)
Review Lengkap MagicForce 82 Keys Cherry MX Blue Mechanical Keyboard: Lebih Simple dan Minimalist dari Tenkeyless (TKL)

Sudah sekitar seminggu admin menggunakan Mechanical Keyboard dari MagicForce Smart ini. pas pertama kali melihatnya, admin langsung suka, karena bentuknya sendiri yang mungil, ringkas, dan ternyata berat juga untuk ukuran sebuah keyboard 82 Keys. Bahannya sendiri di dominasi plastik dan ada plate metal pada bagian tengah. Khusus untuk Keycapsnya sendiri terbuat dari plastik ABS Double shot print yang di klaim sih bisa lebih awet. Oh iya, buat kamu yang Grounding listrik di rumahnya jelek, keyboard ini ga nyetrum kok, karena Grounding d rumah admin juga jelek.

Ada 2 varian yang disediakan oleh Mechanical Keyboard dari MagicForce Smart ini yaitu Cherry MX dan Gateron, yang mana untuk Gateron dihargai 900.000 sedangkan Cherry MX seperti yang admin punya ini dihargai 1,1 juta. Kalau ditanya mana yang lebih bagus, jujur admin sendiri baru pertama kali ini punya Mechanical Keyboard, oleh karena itu admin langsung beli yang versi Cherry MX.

Sebelumnya admin pengguna Keyboard dari Logitech G213 yang mana disebut-sebut sebagai semi Mechanical, tapi pada kenyataannya sih rubber dome. Yah jadi feel ngetiknya itu tidak jauh beda dengan keyboard laptop biasa, cuma bedanya keycap lebih tinggi dan ada semacam kawat penyangga di tombol enter, shift, space, jadi ada rasa Mechanical (maybe).

Tapi Perlu diakui untuk urusan software Keyboard dari Logitech G213 lebih unggul karena fitur yang ditawarkan lebih lengkap, semisal fitur RGB dan Macro, sedangkan untuk Mechanical Keyboard dari MagicForce Smart ini minim sekali. Bahkan untuk lampunya saja cuma 1 warna yaitu Ice Blue, namun jangan khawatir, soal efek lampu tetap ada kok.

Yah Target pasar yang dituju oleh Mechanical Keyboard MagicForce ini memang beda, karena semua duit yang kamu bayarkan tersebut diinvestasikan ke bahan, build quality. Terasa banged kokohnya. Buat kamu yang suka custom keycap atau malah gabung di salah satu grup Mechanical Keyboard facebook pasti bakal suka banged dengan keyboard ini, tapi tolong itu khilaf dikondisikan hehehe..

Di bagian bawah sendiri terdapat 4 rubber pad dan 2 kaki, untuk manajemen kabelnya sendiri admin suka, karena Port USB berada di dalam sehingga terlihat lebih rapi, selain itu juga ada jalur kabelnya. Kalau kamu perhatikan di bagina belakang juga terdapat 3 switch yang mana fungsinya itu untuk mengubah tata letak fungsi keycap, semisal tombol Windows bisa diganti ke kanan. untuk lebih lengkapnya bisa kamu lihat di buku panduan.

Selama penggunaannya sendiri admin merasa nyaman karena layout dari MagicForce ini yang lebih ramping dari pada keyboard TKL, berbeda dari sebelumnya ketika admin masih menggunakan Keyboard dari Logitech G213 ukuran Full Size yang mana space menjadi hampir habis kemakan keyboard, belum lagi jangkauan tangan kanan admin ke mouse yang jadi lebih jauh membuat tangan terasa pegal. Lihat saja tidak ada banyak tombol di bagian kanan, sengaja disembunyikan dalam satu tombol semisal print screen, scroll lock pause dan Insert. Namun tenang saja karena tetap bisa diakses melalui tombol function (fn).

Oh iya saran dari admin ketika kamu membeli keyboard ini, belilah juga kabel USB to mini USB tipe keriting, karena akan terlihat lebih rapi, ringkas dan mudah dilepas-lepas jika kamu bepergian.
Berikut ini Typing Test dari Mechanical Keyboard MagicForce dan perbandingannya dengan Logitech G213 serta review lengkapnya (link pembelian ada di kolom deskripsi video):


Dari semua yang admin jelaskan di atas, sampailah kita pada sebuah kesimpulan
Keyboard ini sangat cocok buat kamu yang suka design minimalis, dan lebih condong ke fungsi serta space kerja yang tidak habis kemakan oleh keyboard plus bisa dimasukkan ke tas dan dibawa bepergian.

Namun akan menjadi kendala buat kamu yang suka lampu blink-blink karena sama sekali tidak ada embel2 RGB di keyboard ini plus tidak ada tombol macro. Hanya pun terbilang sangat murah untuk kategori Mechanical Keyboard ber-switch Cherry MX dan akan lebih murah lagi jika kamu mengambil MagicForce seri Gateron Switch.

Yah itulah yang bisa admin bagikan ke kamu tentang pengalaman selama menggunakan Mechanical Keyboard dari MagicForce Smart ini, link pembelian sudah admin sertakan di kolom deskripsi dan jika kamu ingin membaca review MagicForce Mechanical Keyboard ini dalam bentuk artikel juga sudah admin sertakan linknya di kolom deskripsi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan artikel ini serta Subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Review Lengkap MagicForce 82 Keys Cherry MX Blue Mechanical Keyboard: Lebih Simple dan Minimalist dari Tenkeyless (TKL)