9 Strategi Sukses Supaya Berhasil Merakit PC Gaming Idaman: Berdasarkan Pengalaman Admin RacikPC.com

Kamu seorang pekerja atau pelajar yang sudah sedari lama pingin bisa punya PC Gaming idaman, namun selalu saja gagal dalam mencapainya gegara manajemen keuangan yang buruk atau justru uangnya sendiri yang masih jauh dari kata cukup? Okey di artikel kali ini admin akan bagikan ke kamu 9 strategi sukses atau cara atau langkah yang sudah admin praktikkan sendiri dalam meraih PC Gaming impian. Yuk langsung simak saja!

9 Strategi Sukses Supaya Berhasil Merakit PC Gaming Idaman: Berdasarkan Pengalaman Admin RacikPC.com

9 Strategi Sukses Supaya Berhasil Merakit PC Gaming Idaman: Berdasarkan Pengalaman Admin RacikPC.com
9 Strategi Sukses Supaya Berhasil Merakit PC Gaming Idaman: Berdasarkan Pengalaman Admin RacikPC.com

Bagi sebagian besar Gamer, Designer atau mereka yang memang sadari lama menginginkan komputer, tentu bisa punya PC Desktop rakitan sendiri dengan spesifikasi mumpuni adalah suatu hal yang sangat diimpi-impikan. Admin RacikPC.com sendiri adalah salah satu dari sekian banyak tadi yang beruntung bisa berkesempatan untuk bisa memiliki serta merakit PC idaman tersebut. Dimana PC Desktop yang admin punya saat ini sudah bisa memainkan game-game Triple A dengan setting rata kanan. Walhasil di setiap event sale Steam, admin sering khilaf beli game-game baru hahaha..

Tentunya ada banyak cerita dibalik PC serba RGB ini, dan jujur saja admin bukanlah orang yang berasal dari keluarga berada. Walhasil semua yang admin inginkan, yang admin cita-citakan termasuk bisa memiliki PC Gaming + rendering video untuk kebutuhan kerja seperti ini adalah suatu perjuangan. Betapa tidak, admin sendiri sudah cukup lama mengidam-idamkan PC Desktop rakitan ini namun di umur segini baru bisa memilikinya.

Oleh karena itu di artikel kali ini admin akan bagikan kiat-kita atau strategi bagaimana caranya agar bisa mendapatkan/merakit PC Gaming yang diidam-idamkan:

1. Kerja
Ya iyalah, mau bisa Rakit PC idaman, tidak lain jalan satu-satunya adalah kerja.. kerja.. dan kerja.. Tidak ada ceritanya PC Gaming Aspek Rata Kanan bisa jatuh dari langit-langit rumah, kecuali jika kamu adalah anak orang kaya, anaknya sultan. Beli mobil Ferrari saja bak beli kacang goreng. Lagian juga admin yakin yang sengaja mencari artikel berjudul "Strategi Bisa Merakit PC Gaming Idaman Bagi Kaum Kere Hore" ini juga yang bacanya orang-orang dengan taraf ekonomi memprihatinkan kayak admin, hehehe.. Peace ya.. Secara anak sultan atau sultannya sendiri mah langsung beli.

Oleh karena itu kalau mau bisa memiliki PC Gaming idaman, wajib yang namanya kerja. Terserah mau kerja serabutan, nyari-nyari Project di kantor, di sekolah atau di lingkungan sekitar. Selagi kerja dan hasil dari kerja kamu tersebut HALAL. Maka itu diperbolehkan dan ini juga yang admin lakukan selama masa mengumpulkan komponen-komponen PC yang ingin dirakit. Lihat saja sekarang admin sudah bisa menikmati hasil dari jerih payah tersebut.

Jadi jangan patah semangat, jika semangat mulai turun. terus ingatlah jika di bawah kita itu masih ada yang lebih susah, jangankan mau rakit PC, makan pun susah jadi terus bersyukur kepada Allah dan terus giat kerja menggapai impian. Okey. setelah kerja-kerja, point utama yang tak kalah penting selanjutnya adalah menabung.

2. Menabung
Ini nih gan yang akan menjadi tangki penampungan dari semua hasil kerja keras tadi yaitu menabung. Tentu yang namanya menabung tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah bekerja saja, tapi bisa dilakukan oleh mereka yang masih bersekolah. Oleh karena itu admin akan coba bagikan point menabung ini menjadi 2 lagi:

Pekerja
Buat kamu yang sudah bekerja, tentu uang yang akan ditabungkan jadi lebih banyak dan ini akan berdampak terhadap spesifikasi PC idaman yang akan dirakit. Namun begitu bukan berarti kamu bakal mengabaikan kebutuhan diri sendiri. Yah admin paham, soalnya bisa saja 95% penghasilan yang kamu dapatkan dari bekerja tersebut ditabung semua guna mempercepat proses perakitan PC. Memang sih tidak ada salahnya, secara itu hasil kerja keras kamu sendiri.

Namun begitu akan lebih baik lagi jika kamu juga memperhatikan kebutuhan utama terlebih dahulu semisal makan minum, transport dan lainnya. Kalau admin sendiri 75% lah maksimal dari penghasilan yang admin tabung guna mempercepat proses pembelian komponen PC, 25% nya admin gunakan untuk keperluan sehari-hari.

Pelajar
Selain pekerja, pelajar juga bisa menabung, dan tentunya nilai uang yang disisihkan dari uang saku atau uang jajan tentu tidak sebesar pekerja. Namun demi suatu tujuan mulia, justru biasanya lebih survive dari pekerja. Kenapa admin bilang lebih servive? Yah kerena admin sendiri salah seorang mantan pelajar yang dulu punya banyak keinginan namun terhalang keuangan. Oleh karena itu untuk bisa membeli sesuatu yang admin inginkan, maka satu-satunya jalan terdekat adalah menabung dari uang saku.

Saran dari admin, boleh dech disisihkan uang sakunya lebih dari 90% untuk rencana merakit PC Gaming, sedangkan 10% nya itu digunakan untuk jajan atau cuma sekedar ongkos pergi, haha.. sadis? Kalau mau segera tercapai yah harus memang menderita dulu. Lebih bagus lagi jika kamu bisa membawa bekal dari rumah atau gunakan jam istirahat ke perpustakaan. Bisa lebih hemat lagi.

3. Sesuaikan Antara Impian dengan Realita
Ini juga nih yang tidak kalah penting yaitu menyesuaikan mimpi dengan realita. Jika kamu adalah seorang pekerja yang sudah bisa menghasilkan uang sendiri, tentu PC Gaming yang akan dirakit nanti memiliki spesifikasi mumpuni, terlebih lagu waktu yang dibutuhkan untuk merakit PC tersebut tidak terlalu lama. Beda cerita dengan pelajar yang lebih menitikberatkan pada uang saku. So pasti untuk point yang satu ini wajib kamu tanamkan. Bermimpi boleh, toh juga setiap orang bebas bermimpi, berangan-angan karena karya, teknologi yang kita nikmati saat ini juga awalnya berasal dari mimpi.

Namun begitu perkembangan teknologi sangat pesat, tiap tahun bahkan tiap hari terus berkembang. So, kalau kamu terus mengejar yang namanya spesifikasi tinggi dari sebuah komputer tanpa mempertimbangkan budget atau uang yang kamu miliki, maka PC Gaming idaman tersebut tidak akan pernah terealisasi. Jadi kamu setidaknya harus sudah punya patokan kira-kira mau pakai VGA apa, CPU apa RAM berapa GB atau pakai VGA on Board saja seperti pada Ryzen 2200G dan 2400G. Supaya terhindar dari penyakit "tunggu sebenar lagi saja", "tambah dikit lagi bisa ambil".

4. Tentukan Tujuan Merakit PC
Dari awal tadi admin sering menyebut kata PC Gaming atau komputer yang ditujukan untuk bermain game. Tapi apakah memang seperti fungsi dari sebuah PC? Hem.. sebenarnya fungsi dari komputer sendiri ada banyak sekali, tapi umumnya saat ini adalah bermain game. Namun begitu beda orang tentu beda tujuan, sama halnya ketika ingin merakit sebuah PC.

Saran dari admin, kamu tentukan dulu PC yang akan dirakit nanti gunaannya itu untuk apa. Jika memang benar hanya untuk bermain game saja, maka sangat direkomendasikan CPU Intel sebagai otaknya, sedangkan jika ditambah produktivitas semisal rendering video, maka admin sarankan CPU dari AMD yaitu Ryzen. Bukannya maksud Ryzen tidak diajak main game atau Intel tidak bisa rendering, tapi lebih ke core yang mereka miliki. Dimana single core pada Intel itu lebih kencang dari AMD dan game masih mengedepankan pada single core, walau sekarang sudah banyak developer game yang menggunakan banyak core.

Sedangkan AMD khususnya di Ryzen dilengkapi banyak core fisik dan ini sangat membantu sekali menghemat waktu ketika proses rendering video. Karena memang software video editing seperti Adobe Premier dan Sony Vegas PRO sangat bersahabat dengan yang namanya banyak core. Admin sendiri sangat merasakan perbedaan ketika rendering video di Intel i5 Kabylake Dual Core dengan Ryzen 1600x 6 core 12 Thread.

5. Cari Informasi Seputar Merakit PC
Sebenarnya untuk poin ini admin yakin sudah kamu lakukan jauh sebelum menabung, namun seperti yang sudah admin bilang di awal tadi jika perkembangan teknologi komputer ini sangatlah pesat. Tidak ada salahnya jika kamu terus memperbaharui informasi tersebut. termasuk kira-kira prosesor apa yang sedang hit di tahun ini serta memiliki nilai Price to performance yang bagus. Ini admin lakukan selama masa menabung dan benar saja akhirnya admin bisa merakit PC dengan spesifikasi yang benar-benar admin butuhkan untuk memenuhi semua aspek.

6. Beli Part Paling Langka
Entah, pada saat kamu membaca artikel ini part komponen komputer apa yang sedang langka di pasaran, namun pada saat admin merakit PC Gaming + Rendering ini, part komputer yang sedang langka plus mahal harganya adalah VGA dan RAM. Walhasil pada saat ingin merakit sebuah PC, part seperti VGA yang wajib admin beli duluan. Jika saja admin gagal membeli VGA GTX 1060 6GB Super Jetstream dari Digital Alien. Admin gagal merakit PC dan sama sekali mengurungkan niat untuk membeli komponen lainnya.

Kenapa begitu? Karena akan sangat mubazir sekali jika admin tetap memaksakan membeli komponen lain dulu semisal CPU, PSU, Motherboard atau peripheral sembari menunggu Harga VGA sudah turun dan ketersediaan barang ada di pasaran. Padahal dana tersebut bisa saja digunakan untuk keperluan yang lain. Sedangkan jika dirakit pun tidak bisa nyala karena tidak ada VGA (admin pakai Ryzen 1600x tanpa VGA bawaan). Jadi usahakan jika nanti ingin merakit PC, maka belilah komponen yang paling langka terlebih dahulu.

7. Lirik Part Seken
Merakit sebuah PC idaman sebenarnya tidak harus semua komponen yang ada di dalamnya itu wajib baru. Komponen seken juga bisa, terlebih jika budget yang kamu miliki tersebut terbatas. Hanya saja kamu harus lebih jeli, lebih teliti lagi dalam memilih komponen seken. Karena bisa saja dari tampak luar terlihat bagus, namun tidak lagi prima. So untuk point yang satu ini wajib ekstra hati-hati.

8. Ajak Teman yang Sudah Mengerti Tentang Perakitan Komputer
Buat kamu yang baru pertama kali merakit PC atau malah belum begitu paham merakit. Ada baiknya ajak teman yang sudah paham tentang merakit PC. Sebenarnya di jaman sekarang yang serba mudah dengan internet, kamu bisa belajar dari Youtube, namun terkadang teknis antara di video dengan kenyataannya itu cukup beda. Walhasil mau tidak mau kembali-kembalinya lagi ke skill sendiri. Contoh sederhananya saja adalah manajemen kabel. Yang satu ini mudah-mudah sulit.

9. Mampu Rakit PC Berarti Mampu Beli Game Original
Ini nih penyakit kronis yang sepertinya masih menjangkiti para Gamer yang ada di Indonesia. Sudah tahu merakit PC itu mahal, butuh perjuangan untuk bisa mendapatkannya. Ada rasa bangga yang begitu dalam bisa memiliki PC Gaming rakitan, tapi kenapa kok harus dikotori dengan yang namanya game tani, game bajakan?

sedang diupload

Padahal sekarang yang namanya game original sudah sangat murah, bahkan sering ada yang membagikannya secara gratis. Jadi coba di atur ulang mindsetnya ketika ingin merakit PC nanti, tanamkan dalam hati dalam pikiran, jika suatu saat nanti sudah punya PC Gaming, maka wajib hukumnya bermain game original. Oh iya, untuk bahasan yang satu ini tentang alasan kenapa harus membeli dan bermain game Original ketimbang game bajakan, bisa baca artikel lengkapnya di sini.

Itu saja dulu yang bisa admin bagikan ke kamu tentang 9 strategi sukses merakit PC impian. Jika kamu punya pengalaman seputar merakit PC idaman, silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta Subscribe channel RacikPC Indonesia guna mendapatkan tutorial terbaru seputar komputer berbasis Windows berbahasa Indonesia. Salam admin RacikPC.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url