Cara Memperbaiki Tombol Trigger RT Stick Controller XBOX ONE S yang Mulai Bermasalah: Muncul Suara Berdecit

Baru juga dipakai beberapa bulan tapi salah satu tombol Trigger RT yang ada di Stick Controller XBOX ONE S kamu sudah mulai menunjukkan tanda-tanda rusak? Ini ditandai dengan suara berdecit setiap kali ditekan? Nah loch, kok sama banged dengan yang admin alami. Okey jika itu yang sedang menimpa kamu. Di artikel kali ini admin akan bagikan tata cara sederhana bagaimana caranya memperbaiki tombol Trigger RT di Stick Controller XBOX ONE S. Silahkan disimak dan dipraktikkan!

Cara Memperbaiki Tombol Trigger RT Stick Controller XBOX ONE S yang Mulai Bermasalah: Muncul Suara Berdecit

Cara Memperbaiki Tombol Trigger RT Stick Controller XBOX ONE S yang Mulai Bermasalah: Muncul Suara Berdecit
Cara Memperbaiki Tombol Trigger RT Stick Controller XBOX ONE S yang Mulai Bermasalah: Muncul Suara Berdecit

Sudah lebih dari 2 bulan admin menggunakan Stick Controller Gamepad Original dari XBOX ONE S by Microsoft dan sudah selama itu pula admin benar-benar merasa puas menggunakannya. Terasa banged tidak cepat capek ketika digunakan lama bermain game dan yang lebih kerennya lagi juga bisa langsung dihubungkan ke Headset via Wireless USB Dongle yang pernah admin review di sini.

Seputar review dar Stick Original XBOX ONE S ini juga sudah pernah admin post di sini beserta videonya plus tata cara pairing dengan bluetoothnya di sini. Namun sepertinya penyakit tombol macet yang sering menghampiri sebuah Stick Controller juga menimpa XBOX ONE S. Yup salah satu tombol Trigger yaitu RT pada Stick Controller XBOX ONE S admin mengalami kerusakan atau lebih tepatnya gangguan. Dimana pada saat ditekan muncul suara berdecit. Suara berdecit pada tombol Trigger RT ini muncul sepertinya gegara admin akhir-akhirnya suka bermain game balap mobil seperti Need for Speed Payback yang pernah admin lakukan test gamenya di Laptop Acer E5-475G:

Secara fungsi memang tidak ada masalah, namun suara berdecit ini tentu akan sangat mengganggu, terutama ketika bermain game. Belum lagi rasa waswas karena bisa saja dikemudian hari tombol RT tersebut malah rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Kan bahaya tuh, mana harga Stick Original XBOX ONE S ini terbilang mahal untuk ukuran kantong admin. Walhasil admin harus segera cari-cari cara agar suara berdecit di tombol Trigger RT tersebut bisa hilang.

Dari pengamatan admin sepertinya suara berdecit pada tombol RT XBOX ONE S ini diakibatkan karena per atau kawat pegas yang ada di balik tombol Trigger RT tersebut mengalami haus atau pelumas yang ada di pegasnya sendiri sudah kering, sehingga menimbulkan gesekan-gesekan antar ulir kawat pegas. Kalau sudah seperti ini, ada satu cara untuk memperbaikinya yaitu dengan memberi kembali pelumas pada kawat pegas tersebut.

Adapun caranya sebagai berikut:
1. Silahkan kamu siapkan minyak pelumas. Untuk merek dan jenisnya sih bebas. Bisa pakai minyak sayur, minyak rantai sepeda motor atau minyak pelumas mesin (oli). Dalam praktiknya admin menggunakan minyak pelumas rantai sepeda motor karena cuma ini yang tersedia di rumah dan juga kalau admin perhatikan minyak pelumas rantai ini tidak benar-benar kental dan mudah dalam pengaplikasiannya (tipe kaleng semprot)
2. Jika kamu menggunakan minyak pelumas tipe semprot seperti yang admin gunakan, kamu tidak perlu melepas plastik body yang melekat pada Stick Controller XBOX ONE S. Karena cukup dengan menggunakan pipa semprot kecil (semacam sedotan) yang sudah satu paket, sedangkan jika kamu menggunakan cutton bud, maka kamu wajib membuka sisi penutup body Stick Controller XBOX ONE S
3. Oleskan minyak pelumas pada spring pegas Controller XBOX ONE S secukupnya hingga kamu tidak mendengar lagi suara berdecit
4. Pasang kembali penutup sisi body
5. Selesai
6. Berikut ini admin sengaja buatkan tutorial ini dalam bentuk video supaya lebih mudah untuk dipahami:


Usahakan pada saat menyemprot minyak pelumas ke kawat pegas tadi, jangan sampai mengenai komponen elektronik yang ada di dalam Stick Controller XBOX ONE S karena khawatir bisa saja merusak Stick itu sendiri. Admin sendiri memberikan tutorial ini bukan alasan karena sebelumnya admin sudah mempraktikkannya sendiri. Jadi asalkan pada saat kamu menyemprotkan minyak pelumas tadi hati-hati maka seharusnya tidak ada yang rusak serta suara berdecit pada tombol Trigger RT bisa hilang.

Cara ini juga bisa kamu aplikasikan pada tombol Trigger yang lain semisal RB, LB, LT, namun jika ternyata kawat pegas sudah tidak elastis lagi. Maka mau tidak mau kamu harus menggantinya dengan kawat pegas yang baru. Semoga tutorial sederhana ini bisa membantu kamu dalam memperbaiki tombol Trigger RT pada Stick Controller XBOX ONE S. Silahkan +1, like dan bagikan serta bantu admin untuk Subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Cara Memperbaiki Tombol Trigger RT Stick Controller XBOX ONE S yang Mulai Bermasalah: Muncul Suara Berdecit