Bingung Menentukan Sebuah VGA Card Ketika Merakit Sebuah PC? Simak Pengalaman Admin RacikPC.com Dalam Memilih VGA Berikut Ini!

Kira-kira VGA seperti apa sih yang cocok untuk dipasangkan dalam sebuah rakitan PC? Soalnya saya cuma punya budget sekian, Yah kalau bisa dipakai untuk main game di resolusi Full HD seperti Dota, Rise of The Tomb Raider™, Doom, The Witcher 3, PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds), Naruto Sippuden, Battlefield 1, Nier: Automata, Call of Duty WWII, dan lain sebagainya. Tolong kasih pencerahan dong! Okey, admin RacikPC.com akan coba berbagi pengalaman admin selama merakit PC di sini, serta bagaimana dan apa saja yang menjadi bahan pertimbangan admin dalam membeli sebuah VGA Card. Let's Check This Out!

Bingung Menentukan Sebuah VGA Card Ketika Merakit Sebuah PC? Simak Pengalaman Admin RacikPC.com Dalam Memilih VGA Berikut Ini!

Bingung Menentukan Sebuah VGA Card Ketika Merakit Sebuah PC? Simak Pengalaman Admin RacikPC.com Dalam Memilih VGA Berikut Ini!
Bingung Menentukan Sebuah VGA Card Ketika Merakit Sebuah PC? Simak Pengalaman Admin RacikPC.com Dalam Memilih VGA Berikut Ini!

Apakah pada saat ingin meracik sebuah PC muncul suatu pertanyaan seperti "VGA seperti apa sih yang cocok untuk meracik sebuah PC idaman?, VGA seri apa, VGA dari Nvidia atau AMD Radeon, dan lain sebagainya?' Lah sama banged nih. Admin RacikPC.com juga seperti itu soalnya. Apalagi mengingat harga sebuah VGA atau GPU sangat ini terbilang masih tinggi, jadi untuk urusan memilih VGA sangat penting sekali.

Pada dasarnya VGA bukanlah suatu komponen utama dalam sebuah PC atau komputer. Apalagi jika kamu hanya pengguna biasa seperti untuk kebutuhan Office, browsing, nonton film serta pekerjaan hitungan biasa. Karena dengan menggunakan iGPU dari Intel atau APU dari AMD maka sudah bisa kok memunculkan tampilan di monitor.

Namun beda cerita jika kamu adalah seorang gamer maka VGA atau GPU akan menjadi tolak ukur dalam menilai suatu PC apakah playable untuk memainkan game favorit atau tidak. Oleh karena itu VGA menjadi part pertama yang admin pikirkan, admin seleksi pertama kali pada saat menyusun perencanaan meracik PC.

Karena pentingnya VGA bagi admin maka adapun beberapa point yang menjadi pertimbangan admin RacikPC.com dalam memilih sebuah VGA sebagai berikut:

Pabrikan atau Produsen
Kalau biasanya faktor harga akan admin taruh di nomor pertama, namun kali ini admin akan taruh point pabrikan di nomor 1. Pada dasarnya admin juga bingung ingin menyebutnya apa. Akan tetapi admin yakin kalau kamu juga bakal paham. Pastinya sudah pada tahulah jika cuma ada 2 pembuat chip VGA di dunia ini yaitu Nvidia dan AMD. Nvidia dengan seri Geforce nya dan AMD dengan Radeon. Perlu kamu catat jika mau lari kemanapun, brand mana pun pasti kamu akan menemui dua pabrikan VGA ini. Jadi persiapkan diri mau jadi kubu hijau atau kubu merah.

Pemilihan Nvidia atau AMD ini jangan asal-asalan, tapi coba pertimbangkan juga kebutuhan kamu itu arahnya kemana. Misalkan nih kamu hanya seorang gamer maka baik AMD Radeon maupun Nvidia GeForce tidak jadi masalah, tinggal lihat saja game seperti apa yang sering kamu mainkan. Karena ada beberapa game yang optimalnya itu di salah satu produsen VGA. Misalkan nih game Seri Need For Speed, The Witcher 3, Project Car, Batman itu sudah dioptimasi langsung dari Nvidia, sehingga pada saat memilih opsi grafik, ada opsi yang cuma bisa diaktifkan jika kamu menggunakan VGA dari Nvidia, semisal Hairworks Style di The Witcher 3.

Selain game tadi juga ada Doom, Hitman yang memang diopstimisasi untuk pengguna VGA dari AMD Radeon. Jadi jangan heran juga jika baik Doom, Hitman, Far Cry dan game lain yang masuk ke dalam jajaran game yang disupport langsung oleh AMD bisa dapat FPS (Frame per Second) lebih tinggi dari pada menggunakan VGA dari Nvidia. Oleh karena itu pemilihan produsen VGA dengan mencocokkan game yang sering atau berencana akan kamu mainkan juga sangat penting. Jangan lupa juga jika VGA dari AMD Radeon Future Proof karena kuat banged di Direct X 12 Vulkan.

Akan tetapi jika kamu seorang gamer sekaligus juga editor video. Maka VGA yang reliabel adalah Nvidia. Terlebih buat yang suka edit video menggunakan Adobe Premier. Sudah menjadi rahasia umum jika Adobe Premier menyokong VGA dari Nvidia untuk membantu proses rendering. Tidak banyak memang, paling banter 20% hingga 30%, tapi lumayanlah dari pada tidak sama sekali.

Harga
Nah setelah pabrikan atau produsen, faktor kedua yang menjadi fokus admin adalah harga. Yah, kembali lagi ke bahasan umum tapi jadi yang paling krusial. Seperti bahasan admin tentang cara menentukan besaran RAM berapa GB ketika ingin meracik sebuah PC di sini, maka soal harga pun akan merembet ke VGA ini. Soal ini memang admin tidak bisa terlalu komplain banyak karena setiap orang kan punya kapasitasnya sendiri soal budget.

Jadi sesuaikan saja budget yang kamu miliki dengan kebutuhan. Apalagi harga VGA sekarang masih terbilang tinggi, terutama untuk seri AMD Raden RX. Soalnya paling Powerfull diajak Mining. Sedangkan untuk seri NVDIA kabar-kabarnya sih sudah cukup stabil. Untuk lebih jelasnya sih coba kamu bandingkan harga VGA yang ada di toko online. Kenapa toko online? Karena soal harga yang paling update.

Brand
Sudah pada tahukan jika VGA yang dijual di pasaran itu kebanyakan adalah versi Non References nya, baik itu Nvidia maupun AMD Radeon. Sejauh yang admin tahu ada beberapa brand yang sudah memiliki nama di Indonesia yaitu Asus, Gigabyte, Zotac, Sapphire, Inno3D, Palit a.k.a Digital Alliance, Powercolor, HIS, iGame, Manli. Setiap brand pastinya memiliki keunggulannya masing-masing.

Mulai dari kualitas komponen yang mendampingi Chip VGA maupun sistem pendinginnya.
Kalau admin untuk segi brand ini lebih ke bentuk, fitur dan juga boost clock. Selain juga segi garansi. Yup, karena tiap brand memberikan masa garansi yang berbeda-beda. OIeh karena itu cermatlah dalam membeli VGA. Belilah VGA dari brand yang bisa memberikan garansi panjang, selain itu servis centernya ada di kotamu.

Kebutuhan (VRAM)
Masih bersinggungan dengan point pertama tadi yaitu pabrikan atau produsen. Ambillah VGA sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan khilaf mata cuma ingin mengejar spesifikasi jadi membeli VGA High End sehingga part atau komponen lain semisal RAM, CPU, Motherboard, PSU, dan yang lainnya malah dianak tirikan. Karena semua komponen saling terkait. Jadi belilah VGA yang berimbang dengan part lain juga serta kebutuhan kamu.

Soal kebutuhan ini bisa kamu sesuaikan juga dengan besaran resolusi monitor. Misalkan nih Monitor kamu cuma HD 1360x758, maka GTX 1050, 1050ti, RX460, RX560, atau seri yang di bawahnya masih sangat mumpuni untuk mengejar game dengan setting ultra. Sedangkan untuk pengguna monitor Full HD 1920x1080 bisa melirik GTX 1060, GTX 1070, RX470, RX570, RX580 atau seri yang setara. karena dengan VGA seri tersebut serta resolusi monitor HD, sangat dimungkinkan untuk bisa memainkan game pada settingan ultra.

Min, bagaimana dengan monitor 4K? Nah untuk yang satu ini coba lirik GTX 1070, GTX 1070ti, GTX 1080, GTX 1080ti, RX Vega 56 dan RX Vega 64. Kalau punya duit banyak sih coba di SLI atau Crossfire. Kenapa admin bilang seperti itu? karena orang yang punya monitor 4K biasanya juga punya budget lebih untuk bisa membeli VGA High End. Lagian juga mubazir jika punya monitor 4K tapi dipakai di settingan Full HD.

Oh iya satu lagi yang hampir terlupakan yaitu VRAM. Apa itu VRAM? Sederhananya VRAM itu mirip seperti RAM tapi untuk VGA. Penjelasan teknisnya bisa kamu baca-baca di web lain. Dewasa ini game-game rakus akan VRAM, jadi belilah VGA yang punya VRAM besar. Minimalnya sih 4GB, lebih bagus lagi bisa punya yang 6GB ke atas. Biasanya juga semakin besar VRAM akan semakin mahal juga. Contohnya saja GTX 1060 3GB dengan GTX 1060 6GB punya selisih harga jauh.

Fitur
Kalau fitur ini admin RacikPC.com lebih concern ke Hardware dan Software. Semisal VGA dari Brand A telah memberikan back plate atau VGA brand B dilengkapi dengan software overclock user Friendly. atau ketersediaan fitur zero db pada fan atau berapa buah jumlah fannya. Selain itu sudah pakai berapa heat pipe. Sederhananya soal teknis. Yang seperti ini pastinya kembali lagi ke selera kamu.

Good Review
Nah setelah melalui beberapa tahapan di atas, saatnya waktu untuk mencari good review ini. point terakhir ini yang paling lama menurut admin, karena admin harus membaca dan menonton banyak sekali ulasan, review juga komentar positif serta sentimen negatif dari beberapa orang yang sudah duluan menggunakan VGA yang akan kita beli. Mau sehebat atau senama apa pun VGA tersebut tapi kalau banyak sentimen negatifnya, maka admin akan coba pindah ke brand lain.

Biasakan juga untuk membaca dari banyak sumber, terlebih sumber dari luar negeri. Kalaupun tidak bisa coba kamu gunakan Google translate atau kalau masih tidak paham juga, bisa tanya-tanya ke forum PC Builder. Di sana banyak para sepuh yang malang melintang di dunia rakit PC.

Okey, berdasarkan kelima pertimbangan di atas, akhirnya admin memilih GPU dari Nvidia yaitu GTX 1060 6GB dari Digital Alien. Jadi tidak secara serta merta admin langsung membeli GTX 1060 6GB dari Digital Alien atau Palit namun sudah lebih dari 2 minggu admin mondar-mandir baca, tonton review tentang segala macam merek, jenis VGA.

Pada saat admin RacikPC.com meracik sebuah PC memang bisa dibilang sulit untuk benar-benar mendapatkan suatu VGA impian, karena selain faktor harga yang melambung cukup tinggi, juga ketersediaan barang yang sedikit sehingga juga memberi andil besar untuk melonjaknya harga dari VGA tersebut.


Jadi jika ingin membeli VGA maka pastikan juga selain duit atau budget, juga ketersediaan dari VGA tersebut atau setidaknya buatlah daftar VGA cadangan sehingga jika tidak ada VGA pertama yang kamu cari maka ada VGA kedua. Selain itu lirik-lirik juga siapa tahu ada yang khilaf jual VGA seken.

Admin tidaklah di endors oleh Digital Alien tapi memang murni dengan berbagai pertimbangan di atas akhirnya menjauhkan pilihan pada merek tersebut. Min apakah ada VGA palsu seperti yang sudah banyak digembar-gemborkan di YouTube kemarin? Jawabannya ada tapi tidak seperti yang ada di video tersebut sih. Sejauh ini baru ada dua merek yang dicurigai.

Ada baiknya juga kamu baca-baca serta minta pendapat di forum sehingga lebih yakin sajak VGA mana yang akan kamu beli nanti. Admin saja tidak cukup kalau hanya baca satu referensi saja tapi harus banyak referensi. Sekian bahasan kali ini tentang berbagi pengalaman bagaimana admin RacikPC.com menentukan VGA seperti apa yang akan dipilih ketika perakit sebuah PC idaman. Silahkan tulis di kolom komentar jika ada yang kurang dipahami dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com

Bingung Menentukan Sebuah VGA Card Ketika Merakit Sebuah PC? Simak Pengalaman Admin RacikPC.com Dalam Memilih VGA Berikut Ini!