Trik Membuat Komputer, Laptop Langsung Shutdown dengan 1 Kali Klik Saja: Mau? Ini Caranya

Bosan dan kesal ketika ingin mematikan komputer harus mengklik beberapa kali baru komputer atau laptop kamu bisa mati total? Apakah ada cara yang lebih mudah lebih praktis mematikan laptop, PC Desktop Komputer cukup dengan satu kali klik saja tanpa merusak dan menghilangkan data-data penting yang ada di dalamnya? Tentu saja ada dan ini yang akan admin RacikPC Indonesia bagikan ke kamu. Silahkan disimak!

Trik Membuat Komputer, Laptop Langsung Shutdown dengan 1 Kali Klik Saja: Mau? Ini Caranya
Trik Membuat Komputer, Laptop Langsung Shutdown dengan 1 Kali Klik Saja: Mau? Ini Caranya

Pengguna Laptop ataupun Koputer PC Desktop pasti sudah tidak asing lagi dengan Shutdown pada Windows. Mulai dari Windows yang admin awal pelajari seperti Windows 95, Windows 98 Plus, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 hingga Windows 11 terbaru saat artikel ini dibuat. Semuanya ada fitur Shutdown yang mana Fungsi dari shutdown pada Windows adalah untuk mengakhiri sesi kerja komputer dan melakukan proses penutupan yang benar pada sistem operasi Windows.

Dari yang admin kutip jika,
Fitur shutdown pertama kali diperkenalkan pada sistem operasi Windows 95. Dalam versi tersebut, pengguna dapat mematikan komputer dengan mengklik tombol "Start" dan memilih "Shutdown". Sejak itu, fitur shutdown terus diperbarui dan dioptimalkan pada setiap versi sistem operasi Windows yang dikeluarkan, seperti Windows 98, XP, 7, 8, dan 10. Fitur ini menjadi salah satu cara paling umum untuk mematikan komputer dan memastikan bahwa sistem operasi dan aplikasi ditutup dengan benar sebelum komputer dimatikan.

Proses shutdown akan menghentikan semua aplikasi yang berjalan, menyimpan data yang sedang diterima, dan mematikan sistem secara bertahap, sehingga memastikan bahwa data yang tersimpan tidak rusak dan bahwa sistem tidak mengalami kerusakan pada saat start ulang atau restart. Hal ini bertujuan untuk memastikan integritas data dan performa sistem yang lebih baik pada waktu berikutnya.

Adapun cara untuk mematikan komputer atau laptop kamu yang menggunakan sistem operasi Windows bisa menggunakan beberapa cara seperti:
1. Klik Start > Power > Shut Down.
2. Tekan tombol Windows + X pada keyboard, lalu pilih Shut Down.
3. Klik kanan pada Start Button, pilih Shut Down.
4. Tekan tombol Alt + F4 pada keyboard, pilih Shut Down dan klik OK.
5. Buka Run (Windows + R), ketik "shutdown /s" dan tekan Enter.

Namun sayangnya, cara di atas dinilai masih cukup merepotkan pengguna. Sehingga beberapa dari kamu termasuk admin ingin mencari cara yang jauh lebih mudah supaya dengan 1 kali klik saja komputer ataupun laptop langsung mati sendiri dengan aman. Sayangnya secara bawaan atau secara gamblang tidak ada fitur semacam itu. Sehingga kamu harus mengikuti cara yang sudah admin jelaskan di atas.

tapi,, eeeittss.. Tunggu dulu! Tidak ada bukan berarti tidak bisa dibuat. Namun nyatanya masih ada cara untuk bisa membuat shortcut atau jalan pintas supaya komputer atau laptop kamu bisa langsung mati dengan cukup satu kali klik saja. Adapun untuk membuat shortcut mematikan Windows 10 dengan 1 klik, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Klik kanan pada desktop dan pilih "New" > "Shortcut"
2. Ketikkan "shutdown /s /t 0" pada jendela "Type the location of the item"
3. Klik "Next" dan berikan nama untuk shortcut, misalnya "Shutdown Windows"
4. Klik "Finish".

Sekarang Kamu sudah memiliki shortcut untuk mematikan Windows 10 dengan 1 klik. Tinggal kamu tambahkan icon unik supaya lebih menarik serta pastikan shortcut ini untuk di taruh di desktop supaya lebih mudah untuk dicari. Itu saja untuk postingan kali ini tentang cara membuat shortcut sekali klik untuk mematikan Komputer PC Desktop maupun komputer Windows. Silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin racikpc.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url