Lebih Baik Pilih Monitor Atau TV untuk PC Monitor? Kenapa Harga Monitor Lebih Mahal dari TV? Simak Penjelasannya Berikut!

Bingung nih mau pilih Monitor atau TV LED, soalnya cuma bisa beli salah satu. Apakah lebih pilih TV LED saja ya dari pada monitor? Karena kan bisa juga digunakan untuk menonton siaran dari TV, juga bisa sekaligus jadi monitor? Tolong dong kasih penjelasan lengkap beda monitor dan TV LED dan kenapa harga Monitor lebih mahal dari TV LED. Okey permintaan diterima, silahkan baca artikel ini hingga selesai.

Lebih Baik Pilih Monitor Atau TV untuk PC Monitor? Kenapa Harga Monitor Lebih Mahal dari TV? Simak Penjelasannya Berikut!

Lebih Baik Pilih Monitor Atau TV untuk PC Monitor? Kenapa Harga Monitor Lebih Mahal dari TV? Simak Penjelasannya Berikut!
Lebih Baik Pilih Monitor Atau TV untuk PC Monitor? Kenapa Harga Monitor Lebih Mahal dari TV? Simak Penjelasannya Berikut!

Pada saat ini mungkin kamu sedang bingung karena dihadapkan pada sebuah pilihan yaitu beli Monitor atau TV LED dan cuma bisa pilih salah satu karena budget yang dimiliki juga pas hanya bisa beli satu barang saja. Pastinya sulit sekali untuk menentukan, terlebih dari Monitor dan TV sendiri menawarkan kelebihannya masing-masing. Kenapa admin RacikPC.com bisa tahu? Karena admin pernah menemui masalah seperti ini. Oleh karena itu admin akan coba bantu jelaskan.

Teknologi TV atau Televisi saat ii sudah sangat mumpuni. Yah kalau dulu mungkin TV CRT atau TV tabung sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari kita, namun sekarang sudah berganti menjadi TV berpanel tipis, mulai dari TV LCD hingga LED. Yang dulunya tebal sekarang sudah berubah menjadi tipis, bahkan ada yang setipis kertas seperti milik LG.

Belum lagi fungsi dari sebuah TV sudah tidak lagi hanya sebatas pada bisa menonton siaran yang dipancarkan oleh stasiun TV, namun sudah beralih bisa memutar konten atau film dari pemutar cakram (VCD, DVD, Blu-Ray) dan yang lebih kerennya lagi TV jaman now juga bisa dijadikan layaknya sebuah Mini PC atau yang lebih dikenal dengan istilah Smart TV.

TV jaman sekarang juga sudah dilengkapi dengan berbagai port yang sebelumnya mungkin hanya ada pada monitor komputer saja. Secara teknis TV jaman sekarang sudah bisa digunakan juga sebagai monitor PC karena sudah dilengkapi port HDMI dan D-SUB (VGA). Jadi wajar saja mungkin jika kamu bingung ingin membeli TV atau Monitor agar bisa bersanding rapih pada PC tersayang. "Jadi min, pilih TV saja ya? Kan bisa dipakai untuk nonton siaran TV juga, plus bisa jadi monitor kan?" Tunggu dulu, admin belum selesai penjelasannya.

Pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa harga dari sebuah monitor itu lebih mahal dari pada TV LED? Bahkan untuk yang ukuran layarnya juga sama pun tetap lebih mahal. Contoh saja nih, dengan uang Rp 2.500.000,- kamu sudah bisa mendapatkan TV LED seluas 32 Inchi, tapi coba bandingkan dengan monitor, duit segitu mentoknya di monitor 24 inchi. Dan kalau ingin punya ukuran 32 inchi bisa merogoh kocek hingga 2 kali lipatnya alias 5 juta-an.

Sekarang muncul pertanyaan, kok bisa harga monitor lebih mahal dari TV LED? Bukannya monitor tidak bisa dipakai untuk menonton siaran Televisi dan hanya bisa digunakan untuk komputer saja! Sama, awalnya juga admin berpikir begitu, namun setelah tahu alasannya, jadi memaklumi kenapa harga monitor itu lebih mahal dari TV LED. Sejauh yang admin amati serta berdasarkan pengalaman sendiri, ada beberapa point yang bisa membuat monitor lebih mahal dari TV LED:

Fungsi
Baik monitor maupun TV LED pastinya kedua barang ini punya fungsi yang beda walaupun keduanya juga sama-sama bisa digunakan untuk menonton. Kalau kamu perhatikan monitor sering digunakan untuk penggunaan jarak dekat, dalam artian antara mata pengguna dengan monitor sangat dekat, bisa sampai 30 cm, sedangkan untuk TV LED, batas wajarnya adalah 3 meter.

Nah dari penjelasan di atas saja kita sudah tahu bahwa monitor memang dirancang untuk penggunaan jarak dekat, sedangkan TV untuk jarak jauh. Sedekat-dekatnya TV LED adalah 3 meter supaya mata kita bisa aman dari kerusakan. Ingat kalau monitor dan TV rusak bisa dibeli lagi, tapi kalau mata yang rusak gimana?

Fitur
TV di jaman sekarang ini sudah memiliki fitur yang lengkap, bahkan bisa sudah Smart TV lagi. Yang mana dengan Smart TV ini kamu bisa langsung menginstall banyak aplikasi di dalamnya, sederhananya sudah mirip-mirip dengan komputer. Namun ada satu fitur yang tidak dimiliki oleh TV dan hanya ada pada monitor. Apa itu? Yaitu Refresh rate.

Serendah-rendahnya monitor jaman sekarang setidaknya 5 ms, dan juga sudah 60 Hz. Tapi min ada juga loch TV LED yang punya Refresh rate sama bahkan ada yang lebih tinggi, berarti TV LED tersebut sama bagusnya dengan monitor kan? Hemm.. selain Refresh rate, ada juga yang namanya kerapatan pixel atau PPI.

Nah pada monitor sendiri jumlah PPI sangat tinggi dibandingkan dengan TV. Kalau kamu tidak percaya, coba saja untuk memandang TV dalam jarak sedekat kamu memandang monitor, kemudian pandangi dalam waktu yang lama. Pasti ujung-ujungnya kamu akan pusing dan mual sendiri.

Design
Kalau ini soal selera sih, terlebih baik monitor maupun TV LED punya design khas masing-masing. Jadi untuk point ini kembali lagi ke selera masing-masing. Kalau dulu ada TV yang sudah curve alias melengkung, maka hal ini juga berlaku pada monitor. Sama halnya dengan bezel less di TV juga sudah ada di monitor. Soal bentuk kaki juga sudah macam-macam designnya. Kalau yang admin lihat sih lebih ke arah simple dan elegan

Kesehatan
Nah loch kenapa kesehatan ini? Melanjutkan dari point pertama, walau memang mau secanggih apa pun produk dari monitor dan TV namun tetap saja akan membawa dampak pada pengguna. Namun begitu dari tujuan atau fungsinya kita dapat melihat jika monitor setidaknya memberikan dampak yang lebih kecil dari pada TV. Apalagi jika digunakan dalam waktu yang lama.


Yah setidaknya ada 4 point di atas yang bisa admin RacikPC.com simpulkan sendiri. Jadi buat kamu yang sedang build PC atau sedang berencana untuk mengganti monitor lama ke monitor baru, maka pilih yang tepat adalah tetap menggunakan Monitor, bukan TV LED. Karena seperti yang sudah admin singgung tadi jika Monitor memang dirancang untuk penggunaan jarak dekat, sedangkan TV HARUS ada jarak antara Mata dengan TV.

Jangan pernah coba-coba untuk menggunakan TV LED pada komputer dengan jarak pandang dekat, seperti dekatnya menggunakan monitor. Karena akan merusak mata dan membuat kamu cepat mual. Okey sekarang kamu sudah tahu kan harus pilih Monitor atau TV LED dan kenapa alasannya. Semoga artikel yang admin buat ini bermanfaat. Jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com

Lebih Baik Pilih Monitor Atau TV untuk PC Monitor? Kenapa Harga Monitor Lebih Mahal dari TV? Simak Penjelasannya Berikut!
  1. bermanfaat sekali min terimakasih

    BalasHapus
  2. apa benar dgn kukuran yg sama ppi monitor led lbh tinggi drpd tv led ?

    BalasHapus
  3. Jauh beberapa taun lalu sebelum baca artikel ini, saya pernah di beri penjelasan dari tukang servis elektro. Yah emang garis besarnya hampir sama dengan penjelasan mimin ini. Info yang bermanfaat min.

    BalasHapus
  4. Terimakasih pencerahannya. Baru-baru ini saya built PC dan pakai LED TV. Ternyata setelah saya pakai selama kurang lebih 2,5 jam saja, besoknya mata saya seperti kering. Ternyata ini penyebabnya. Suwon.

    BalasHapus
  5. liat2 TV nya , coba pakai samsung atau SONY yang 4K , malah enak kan Tv daripada layar monitor , menurut saya sih , kadang kalau ga dicoba sendiri saya kurang begitu percaya, maaf sekedar sharing 😊

    BalasHapus