Bingung Bagaimana Cara Memilih Kabel Konverter HDMI to VGA yang Benar-Benar Berfungsi? Ini Contohnya + Video Tutorialnya

Monitor kamu masih menggunakan colokan VGA dan GPU di PC kamu hanya menyediakan paling rendah colokan HDMI. Bingung bagaimana caranya agar monitor lama kamu bisa digunakan kembali? Belum lagi ada banyak macam kabel Konverter HDMI to VGA? Jadi tambah bingung lagi mana kabel VGA yang benar-benar berfungsi? Okey dalam artikel kali ini admin akan bahas sekalian tunjukkan kabel konverter HDMI to VGA yang benar-benar bisa digunakan. Silahkan dibaca baik-baik.

Bingung Bagaimana Cara Memilih Kabel Konverter HDMI to VGA yang Benar-Benar Berfungsi? Ini Contohnya + Video Tutorialnya

Bingung Bagaimana Cara Memilih Kabel Konverter HDMI to VGA yang Benar-Benar Berfungsi? Ini Contohnya + Video Tutorial
Bingung Bagaimana Cara Memilih Kabel Konverter HDMI to VGA yang Benar-Benar Berfungsi? Ini Contohnya + Video Tutorial

Beberapa dari member grup yang admin RacikPC.com ikuti cukup sering menanyakan tentang kabel konverter HDMI ke VGA. Satu atau dua orang dari mereka mengeluhkan jika setelah membeli kabel Konverter HDMI to VGA malah tidak bisa digunakan sama sekali alias tidak berfungsi.

Bicara soal harga sih memang tidak terlalu mahal, tapi kan jadinya mubazir jika ternyata tidak bisa digunakan. Terlebih buat orang yang beli melalui toko online, bakal direpotkan lagi karena harus keluar uang lagi untuk retur barang.

Terkadang timbul juga pertanyaan, "Loh kok di tahun 2017 mendekati 2018 ini masih ada juga orang yang pakai monitor VGA? Kan sudah jamannya HDMI dan Display Port". Iya sih ada benarnya juga. Terlebih monitor jaman sekarang juga sudah banyak meniadakan colokan VGA alias D-SUB.

Namun begitu ternyata pengguna dari Monitor D-SUB juga masih banyak loh, apalagi monitor dengan resolusi HD 1360 x 768 atau 1366 x768 dijual dengan harga murah. Belum lagi mungkin karena faktor masih bisa digunakan, kenapa tidak gunakan saja monitor lama, dari pada harus keluar uang lagi untuk sesuatu yang hampir sama saja.

Setidaknya itu adalah pemikiran beberapa orang yang masih setia dengan Monitor HD berkoneksi VGA. Btw Admin RacikPC.com sendiri salah satu orang yang masih menggunakan Monitor lawas D-SUB loh yaitu LG Flatron W1943C. Walaupun Spesifikasi PC sekarang sudah mumpuni untuk menggunakan monitor resolusi 4K. Buat lengkapnya tentang spesifikasi PC admin, bisa kamu lihat artikelnya di sini yang berjudul "Tolong Kasih Rekomendasi Racikan PC Gaming Setting Ultra + Bisa Rendering Video 4K? Coba Racikan Ini!".

Oleh karena untuk beberapa orang Monitor VGA dirasa masih cukup, maka hadirlah sebuah kabel konverter HDMI to VGA. Nah masalahnya mungkin kabel konverter HDMI to VGA mana yang benar-benar berfungsi. Terlebih untuk konverter yang satu ini ada beberapa versi.

Yup ada yang pakai kabel ada yang berupa colokan langsung (jadi tanpa kabel sama sekali). Repotnya kita sebagai pembeli mungkin tidak bisa bawa langsung monitornya ke toko atau si penjual juga sedang tidak ada monitor yang masih pakai colokan D-SUB. Sehingga membeli kabel konverter HDMI to VGA seperti nasib-nasiban saja.

Sebagai info, bahwa kabel konverter HDMI to VGA yang benar-benar bisa dipakai adalah harus kabel tipe aktif. Kalau kamu bingung, bentuknya seperti gambar di bawah ini:

Bingung Bagaimana Cara Memilih Kabel Konverter HDMI to VGA yang Benar-Benar Berfungsi? Ini Contohnya + Video Tutorial
Kabel Konverter HDMI to VGA Aktif (beli yang ini)

Namun jika kamu disodori penjual konverter HDMI ke VGA seperti gambar di bawah ini:

Bingung Bagaimana Cara Memilih Kabel Konverter HDMI to VGA yang Benar-Benar Berfungsi? Ini Contohnya + Video Tutorial
Jangan Beli yang Ini

Maka cepat-cepat tolak saja. Karena kabel tersebut sudah banyak memakan korban alias tidak bisa digunakan atau tidak berfungsi.

Buat kamu yang masih juga ragu, berikut admin sertakan video beserta test kabel Konverter HDMI to VGA yang sudah pernah admin coba sendiri dari Laptop Acer E5-475G/E5-476G ke Monitor LG Flatron W1943C serta sudah admin coba langsung juga pada VGA dari Digital Alien Nvidia GTX 1060 6GB:


Okey sekarang kamu sudah tahukan kabel Konverter HDMI to VGA mana yang benar-benar berfungsi dan jangan sampai tertipu lagi setelah membaca artikel ini. Jika merasa terbantu dengan artikel yang admin tulis ini silahkan +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com
Next Post Previous Post
5 Comments
  • Rifky Saputra
    Rifky Saputra 26 April 2018 pukul 03.58

    Misi bang, kalo boleh tau itu beli dimana yaa tokonya apa? kebetulan laptopnya sama biar ga salah beli hehe

  • Unknown
    Unknown 18 September 2018 pukul 14.06

    Met Sore .. Saya ada masalah sudah beli 2 kali yaitu pertama Seperti yg admin praktek dan tdk bisa kemudian saya beli yg Dongle tanpa kabel juga tdk bisa.. Oh ya saya jelaskan disini ada lah saya pergunakan untuk ke Proyektor di Notebook saya merek HP dan HDMI... Mohon penjelasan dan solusinya.. Trimakasih

  • Unknown
    Unknown 19 Oktober 2018 pukul 14.42

    Saya juga beli yang hdmi to vga yang aktif di coba dari reciver skybox ke monitor bekas komputer awalnya nyala sekitar 10 menit bisa nonton tv setelah itu mati ga ada gambarnya tapi suara ada, saya matiin recivernya monitor nya nyala lagi tapi nyalanya sekitar 1 detik mati lagi di ulang lagi matiin resiver nya terus di hidupin monitor nyala 1 detik mati lagi. Saya curiga hdmi to vga nya yang jelek soalnya mon itor di pake pc nyala, kira hdmi to vga harus merek apa yang bagus mohon admin pencerahan nya

  • Zeze
    Zeze 7 April 2019 pukul 22.12

    Saya udah beli converter hdmi to vga... Tapi saya mau pakai dari cpu/vga ke tv led/hdmi.. Nggk ada gambar.
    Apa converter itu nggk bisa bolak balik ya?

  • Thamink
    Thamink 14 September 2020 pukul 00.08

    Saya sudah beli konveter sperti digambar, tapi tidak konek atau no signal.. Saya menggunakan acer p166 dan tv box mxq pro

Add Comment
comment url