Haruskah Beli PSU Bagus dan Mahal untuk Merakit Sebuah PC? Yang Penting Nyala Kan?! PSU Bawaan Kesing Cukup?

Seberapa penting sih PSU atau Power Supply Unit pada sebuah PC? apakah cukup dengan menggunakan PSU bawaan casing saja? Soalnya kan yang penting PSU nyala dan bisa menghidupkan komputer saja. Terus apa bedanya PSU Tier 1, 2, dan 3 serta apa yang dimaksud sertifikasi 80+? Tolong kasih rekomendasi dong dan memilih dan membeli PSU.

Haruskah Beli PSU Bagus dan Mahal untuk Merakit Sebuah PC? Yang Penting Nyala Kan?! PSU Bawaan Kesing Cukup?

Haruskah Beli PSU Bagus dan Mahal untuk Merakit Sebuah PC? Yang Penting Nyala Kan?! PSU Bawaan Kesing Cukup?
Haruskah Beli PSU Bagus dan Mahal untuk Merakit Sebuah PC? Yang Penting Nyala Kan?! PSU Bawaan Kesing Cukup?

Ini nih biasanya bagian komponen perakitan PC yang sering dianak tirikan, apa itu? tidak lain tidak bukan adalah PSU atau Power Supply Unit. Sebuah bagian dari PC yang fungsinya untuk menyuplai daya ke seluruh komponen komputer. mulai Dari Motherboard, CPU a.k.a Prosesor, RAM, VGA, kipas, termasuk lampu-lampu RGB kelap-kelip milikmu.

Admin RacikPC.com sendiri pada saat ingin merakit PC, sudah cukup matang mempertimbangkan PSU mana yang akan dipilih dan memang menyediakan budget tersendiri hanya untuk PSU saja. Karena memang admin menyadari betapa pentingnya peran PSU di dalam sebuah PC. Sehingga sebelum membelinya, admin coba mengumpulkan beragam informasi termasuk menonton Review di YouTube serta bertanya langsung kepada orang-orang yang sudah sering atau lama di dunia builder PC.

Sebenarnya seberapa besar sih peran PSU dalam sebuah komponen PC dan kenapa part ini sering diabaikan? Tidak karena sudah PSU atau Power Supply Unit sudah dianggap mumpuni jika bisa menyalurkan daya listrik ke komponen. Padahal lebih dari sekedar itu, PSU malah bisa dibilang jantung dari PC, yang mana ibarat di dalam tubuh kita, PSU ini tugasnya memompa serta mendistribusikan darah ke seluruh tubuh. Nah apa yang terjadi jika jantung tersebut lemah atau tidak dalam keadaan prima? sudah pasti akan mempengaruhi organ-organ tubuh lainnya.

Begitu pula dengan Power Supply Unit ini, kalau misalkan salah pilih atau malah menyepelekannya, bisa-bisa semua komponen PC kamu bakal bermasalah ke depannya. Dalam dunia per PSU-an sendiri (ceilee...) adalah istilah tier atau anggap saja seperti kasta atau kelas. Mulai dari Tier 1, Tier 2, Tier 3. Berikut pembagiannya:

Masing-masing Tier di atas bisa dibilang mewakili tingkatan kualitas PSU. Semakin tinggi Tier nya maka akan semakin bagus daya yang disuplai oleh PSU. Selain itu juga pastinya akan berpengaruh pada harga. Namun begitu setimpal kok dengan apa yang didapat nantinya.

Sebagai orang awam juga, admin RacikPC.com tidak mau mengambil resiko membeli PSU tidak terkenal atau dengan kata lain yang jarang disebut mereknya. Karena admin pada saat itu berasumsi jika PSU merek terkenal setidanya memberikan jaminan kualitas serta garansi.
Sebagai bahan referensi, admin akan coba bagikan beberapa point yang menjadi pertimbangan admin dalam membeli PSU ketika dulu ingin merakit sebuah PC:

Wajib dari Merek Terkenal
Ini yang sudah admin singgung di atas tadi. sebagai orang awam yang sebelumnya belum pernah rakit PC pasti jangan berhati-hati ketikan ingin membeli sebuah barang, termasuk untuk PSU ini. Sehingga lebih memilih main aman saja. Nah untuk merek terkenal ini mungkin beda orang beda pilihan ya, tapi dari yang admin coba baca dan tanya ke mereka yang sudah pengalaman.

Beberapa merek tersebut adalah Seasonic, Cooler Master, XFX, Be Quiet, Corsair, Super Flower, EVGA. Merek-merek yang sudah admin sebutkan di atas adalah merek yang sering admin dengar saja. tidak benar-benar bisa dijadikan patokan pasti, tapi bisa kamu tambahkan sebagai referensi dalam membeli PSU. Karena memang merek PSU di atas sudah teruji dan banyak dipakai oleh builder PC.

Minimal Sudah 80+ Bronze
Selain soal merek, dan Tier, yang namanya PSU juga punya semacam sertifikasi. Yup, jadi ada namanya sertifikasi 80+. Hitungannya mulai dari 80+ biasa, 80+ Bronze, 80+ Silver, 80+ Gold, 80+ Platinum.

Masing-masing dari sertifikasi 80+ di atas mewakili pure atau daya murni yang dikeluarkan serta efisiensi dari PSU itu sendiri dalam menyemburkan daya. Hemm.... admin kalau ditanya soal penjelasan secara teori sih kurang, pasti sederhananya PSU yang punya sertifikasi 80+ maka daya 100% listrik yang akan keluar adalah sebanyak 80% nya. Loh ga 100% juga? Tentu tidak, karena 20% nya itu akan hilang akibat panas yang dihasilkan komponen PSU dan daya yang dibutuhkan PSU itu sendiri.

Jadi hanya 80% daya yang benar-benar bisa digunakan oleh komponen PC setelah Power Supply Unit memprosesnya. Oleh karena itu sertifikasi 80+ pada sebuah PSU itu sangat penting dan hukumnya mutlak. Yah setidaknya untuk admin sendiri. "Min, apakah PSU yang sudah dapat sertifikasi 80+ berarti sudah bisa dibilang PSU tersebut bagus dan layak untuk dibeli? Eitss... tunggu dulu, pertanyaan kamu akan admin jawab di point ketiga.

Sudah Teruji (Positif Review)
Nah ini dia, walau sudah mendapatkan atau ngaku-ngaku bersertifikasi 80+, tapi tetap saja admin bukan orang yang mudah percaya. Oleh karena itu merek PSU yang admin incar sudah admin coba cari review sebanyak mungkin terliat daya tahannya. terutama admin tanya langsung kepada penggunanya atau orang yang sudah lama menggunakan PSU merek tersebut.

Tujuannya sudah pasti untuk mendapatkan konfirmasi sehingga data-data yang sudah kita kumpulkan ketika ingin membeli PSU sudah benar-benar valid.. Hahaha.. sudah kayak mau nyelesain tugas penelitian skripsi saja ya, haha.. sudah jadi keharusan pas dulu masih jaman-jaman mahasiswa tingkat akhir dan kebawa hingga sekarang.

Full Modular Opsional
Fitur yang satu ini admin kategorikan sebagai opsional, karena memang guna ga guna sih. Berguna sekali misalkan case PS kamu tidak ada PSU cover, dan tidak berguna jadinya jika case PC kamu ada PSU Cover. Namun begitu sisi positifnya adalah kamu bisa mengatur kabel-kabel yang berseliweran lebih baik ketimbang PSU non Modular. Yah jadi hanya kabel PSU yang digunakan saja yang terpasang. Selebihnya bisa kamu simpan.

Selain itu PSU yang full modular juga bisa dengan leluasa kamu custom kabelnya. Jadi misalkan ingin buat tema merah putih, maka bisa kamu belikan custom kabel merah putih. Namun begitu bukan berarti PSU non Modular juga tidak bisa dicustom kabelnya. Bisa kok dengan cara membeli semacam kabel custom extended.

Harga
Lucunya point harga ini admin taruh di akhir. Harusnya sih malah di awal tadi. Yah untuk sebuah PSU admin tidak mau main-main, jadi memang admin persiapkan budget khusus untuknya. Oleh karena itu admin taruh di akhir. Tinggal kamu sesuaikan saja budget dengan PSU yang akan dibeli. Yang terpenting jangan pelit-pelit soal budget PSU.

Ingat memang mahal di awal, tapi akan lega di akhir. Karena komponen PC yang sudah kamu beli akan terjaga kesehatannya. Pastinya tidak mau kan jika dalam beberapa tahun ke depan komponen PC kamu bermasalah cuma gegara PSU meledak.


Kelima point di atas yang jadi pertimbangan admin dalam memilih PSU, memang tidak mutlak dan pastinya kamu punya pertimbangan sendiri, mengingat masing-masing dari builder PC punya budget tertentu. Namun begitu silahkan dijadikan bahan referensi agar ke depannya nanti tidak menjadi penyesalan. mengingat harga komponen PC sedang mahal, terutama RAM dan VGA serta SSD.

By The Way pastinya sudah banyak yang tahu jika pembelian sebuah case atau kesing PC maka kita akan mendapatkan PSU bawaan. Segera buang jauh-jauh keinginan kamu untuk menggunakan PSU bawaan tersebut, kecuali memang ingin membuat kembang api. Okey sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com

Haruskah Beli PSU Bagus dan Mahal untuk Merakit Sebuah PC? Yang Penting Nyala Kan?! PSU Bawaan Kesing Cukup?
  1. Om, saya baru beli PSU Dazumba 600 waat 80 + bronze untuk spek prosesor core 2 quad q8400 + vga 2 gb. Kira-kira kuat ngga ya om? Saya baca baca di kaskus katanya kurang bagus merk dazumba..

    BalasHapus