Bisakah PC Desktop Menggunakan Hard Disk (HDD) Laptop 2.5 Inchi? Jika Bisa Bagaimana Caranya? Simak Tutorial Berikut Ini

Slot Hard Disk 3.5 inchi di PC Desktop saya sudah penuh, tinggal ada 2 slot kosong tapi untuk SSD 2.5 inchi dan kebetulan tidak terpakai. Nah yang jadi pertanyaannya adalah apakah HDD Laptop yang 2.5 inchi tersebut bisa dipasangkan pada PC Desktop? Kalau bisa bagaimana caranya dan apa saja yang perlu saya persiapkan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Bisakah PC Desktop Menggunakan Hard Disk (HDD) Laptop 2.5 Inchi? Jika Bisa Bagaimana Caranya? Simak Tutorial Berikut Ini

Bisakah PC Desktop Menggunakan Hard Disk (HHD) Laptop 2.5 Inchi? Jika Bisa Bagaimana Caranya? Simak Tutorial Berikut Ini
Bisakah PC Desktop Menggunakan Hard Disk (HHD) Laptop 2.5 Inchi? Jika Bisa Bagaimana Caranya? Simak Tutorial Berikut Ini

Artikel kali ini mungkin terdengar agak sedikit konyol atau malah terkesan polos.. Newbie banged lah pokoknya, tapi jangan salah loch, ada juga kok yang masih bertanya, apakah Hard Disk 2.5 inchi yang biasanya ada pada Laptop bisa dipasang pada PC Desktop yang punya ukuran Hard Disk 3.5 Inchi. Ya serius, masih ada yang bertanya, oleh karena itu dari pada penasaran kan, lebih baik admin RacikPC.com langsung coba sendiri.

Ditambah lagi trend case atau casing PC Desktop saat ini yang lebih mengedepankan estetika, sehingga beberapa fitur yang biasanya ada pada sebuah case PC harus dipangkas. Sebenarnya ini juga bukan salah dari produsen pembuat casing PC, tapi konsumen juga memang memintanya. Sebut saja case jaman sekarang sudah dilengkapi side panel transparan. Ada yang terbuat dari plastik mika, ada yang tempered Glass hingga kaca. Belum lagi pemangkasan slot DVD rom yang dianggap sudah ketinggalan zaman dan yang paling kerasa adalah berkurangnya tray atau slot untuk HDD.

Yup, jadi case jaman sekarang rata-rata hanya menyediakan 4 slot Harddisk, yang mana 2 slot di antaranya adalah untuk Hard Disk 3.5 inchi, dan 2 nya lagi untuk SSD 2.5 inchi. Karena keterbatasan itulah, tak jarang pengguna PC Desktop harus memutar otak agar bisa menampung kapasitas Hard Disk yang besar. Salah satunya adalah dengan membeli Hard Disk 3.5 inchi berukuran super besar misalkan 4 TB.

Nah masalahnya Hard Disk 4 Terabyte itu mahal. Semurah-murahnya mulai dari di atas 1,7 juta rupiah. Opsi yang masuk di akal untuk ambil adalah dengan memanfaatkan 2 slot SSD untuk diisi dengan Hard Disk Laptop 2.5 Inchi. Masalahnya mungkin akan jadi pertanyaan bagi seorang builder PC pemula. Apakah bisa PC Desktop menggunakan Hard Disk untuk Laptop 2.5 inchi? Kenapa admin bisa tahu? Karena admin sendiri adalah salah orang yang bertanya akan hal tersebut.

Secara umum prinsip proses pemasangan HDD laptop ke PC Desktop hampir sama saja. Istilah kerennya itu "Tinggal pasang langsung croot", tapi karena dari awal berbeda tujuan, maka ada sedikit perlakukan agar bisa menggunakan Hard Disk Laptop 2.5 Inchi di PC Desktop. Perlakuan tersebut adalah dengan menambahkan kabel Power serta kabel SATA ke HDD Laptop. Selebihnya sama saja kok. Buat yang masih belum juga paham.

Berikut adalah beberapa bahan yang perlu kamu persiapkan agar bisa memasang HDD Laptop ke PC Desktop:
- Hard Disk Laptop 2.5 inchi
- Kabel Power 6 pin dari PSU ke HDD
- Kabel SATA
- Tray, case atau rumah dari SSD 2.5 inchi (biasanya ini sudah ada di masing-masing case)

Caranya:
1. Lepas dulu case, atau rumah dari SSD 2.5 inchi tadi, lalu pasang baut ke HDD laptop (bautnya bisa kamu dapatkan dari pembelian case PC)
2. Setelah terpasang, ambil kabel Power 6 pin, lalu sambungkan ke Power Supply Unit, sambungkan ujung satunya lagi ke HDD Laptop
3. Sambungkan juga kabel SATA ke Hard Disk Laptop, setelah itu sambungkan ujung kabel satunya ke colokan HDD yang ada di Motherboard
4. Pasangkan kembali HDD laptop ke case PC
5. Nyalakan PC lalu cek di Windows Explorer apakah sudah terdeteksi dengan baik


Cara di atas kurang efektif jika case kamu ternyata mempunya 2 slot lebih untuk HDD 3.5 inchi. Dalam kasus ini admin menggunakan case dari Aigo Atlantis yang dari pabrikannya memang hanya memberikan 2 slot untuk HDD. Jadi jika case kamu punya ruang penyimpanan lebih, maka tutorial ini bisa diabaikan. Kecuali memang jika keempat slot itu juga masih kurang.

Selain itu buat yang menggunakan SSD 2.5 inchi sebagai penyimpanan Windows atau system, maka hanya satu slot HHD 2.5 inchi yang bisa digunakan. Dalam kasus ini admin menggunakan SSD M.2 sebagai tempat penyimpanan sistem operasi, sehingga memang jadinya 2 slot SSD 2.5 inchi tak terpakai.

Untuk lebih jelasnya bisa kamu tonton pada video di atas. Sekian tutorial bagaimana cara memasang HDD Laptop 2.5 inchi ke PC Desktop. Tulis di kolom komentar jika ada yang kurang kamu pahami. Serta bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com
Next Post Previous Post
7 Comments
  • Unknown
    Unknown 13 Juli 2018 pukul 10.00

    Permisi mas, saya kan mau bikin pc, tapi budgetnya ke pressed banget. Saat ini saya make laptop samsung yang biasa aja, budget yang tadi itu buat ssd, sementara hdd laptop ini buat ke desktop nanti. Nah saya mau tanya tentang kabel, kabel sata dan power satanya biasanya sama kan dengan hdd 3.5?

  • hary achmad Blog
    hary achmad Blog 9 September 2018 pukul 00.43

    gosong nanti...LOL

  • Unknown
    Unknown 19 November 2018 pukul 10.48

    jadi kalo mau rakit pc baru trus pake HDD laptop gua nantinya bisa langsung boot ke windows nya nggak?

  • Lukmanul Hakim
    Lukmanul Hakim 29 Juni 2019 pukul 15.03

    Emang berapa sih gan Voltase untuk HDD 2.5" itu ?

    Kalai untuk HDD 3.5" setau saya 12V.

    Tapi pernah saya baca kalau voltase untuk HDD 2.5" itu 5V, benarkah ?

    Mengingat SSD 2.5" juga didukung Desktop PC, sedangkan Power Input dari Power Supply untuk SATA ya 12V.

  • Lukmanul Hakim
    Lukmanul Hakim 29 Juni 2019 pukul 15.11

    Update: Barusan saya lihat spek di HDD 2.5" WD Blue di laptop saya, ternyata 5V !

    Tapi syukurlah, SATA Connector dari PSU sudah tedapat dua opsi yakni 5V (Kabel Merah) dan 12V (Kaben Kuning/Orange), dan mana yg digunakan ditentukan oleh HDD/SSD bersangkutan, meski Pin-nya masuk semua, tapi salah satunya saja yg aktif, tergantung HDD/SSD tersebut butuhnya 5V atau 12V, tapi ada yang khawatir, jadinya kabel Orange/Kuning dipotong, sayang banget ya ?, kalau seperti itu beli Extension aja, agar bukan kabel asli dari PSU yg dipotong.

    Ya udah, plug and play aja, colong langsung crott 😀

  • Sunaryo Sun
    Sunaryo Sun 3 Mei 2020 pukul 00.59

    wah makasi gan tips nya

  • SS
    SS 16 Juni 2020 pukul 22.04

    Misi tanya klo hdd laptop dibuat eksternal PC apa bisa ?? Tnp perlu adaptor lagi kah ??

Add Comment
comment url