Kapan Waktu yang Tepat untuk Upgrade Komponen PC Desktop?

Kapan sih waktu yang tepat untuk upgrade komponen PC? Hemm.. adakah dari kamu yang sedang bingung dan bertanya-tanya seperti ini? Nah jika ini yang sedang kamu alami, ada baiknya kamu coba baca Tips berikut ini sehingga PC Desktop yang akan kamu upgrade nanti jadi tepat sasaran. Okey tanpa berlama-lama lagi kita langsung mulai saja.

Perhatikan 4 Aspek Berikut Ini Jika Ingin Upgrade Komponen PC Desktop!

Kapan Waktu yang Tepat untuk Upgrade Komponen PC Desktop?
Kapan Waktu yang Tepat untuk Upgrade Komponen PC Desktop?

Personal Computer Desktop atau yang lebih dikenal dengan sebutan PC dalam proses perakitannya tentu memiliki tujuan, serta kelebihan tersendiri. Karena biasanya PC lebih ditujukan untuk pekerjaan yang membutuhkan sumber daya lebih sehingga dalam pengerjaan tugas nanti bisa lebih cepat. Semisal untuk keperluan rendering, design, kalkulasi atau sekedar untuk Gaming. Yang jelas sebuah PC dirakit untuk keperluan yang lebih fundamental. Berbeda dengan laptop yang mana tujuan utama dari komputer jinjing ini adalah mobilitas.

Salah satu kelebihan dari PC Desktop adalah kemampuannya untuk bisa di upgrade sehingga sangat memungkinkan sekali bagi si pemilik PC untuk dapat meningkatkan performa dari Komputernya. Nah masalahnya adalah beberapa dari pengguna PC masih bingung tentang kapan waktu upgrade PC yang tepat. Secara ditambah lagi sekarang harga komponen komputer yang ikut melambung tinggi lantaran nilai tukar rupiah dengan dolar yang melemah. Membuat kita sebagai pengguna PC tambah galau.

Namun tenang saja, karena di artikel kali ini admin akan bagikan ke kamu setidaknya 4 point patokan kapan waktu yang tepat untuk mengupgrade komponen PC.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Upgrade Komponen PC Desktop?

Kebutuhan
Faktor atau point kebutuhan alias urgensi ini admin sengaja taruh di awal. Yah sudah semestinya kita melakukan upgrade komponen PC didasarkan pada kebutuhan. Berbicara soal kebutuhan pastinya setiap orang berbeda-beda. Sebagai contoh admin sebagai seorang konten kreator yang lebih mengedepankan media penyimpanan, tentu akan menomor satukan yang namanya upgrade Harddisk.

Bisa jadi yang awalnya kapasitas HDD admin cuma 4 TB, admin tambah 1 TB lagi menjadi 5 TB dan ini sudah admin lakukan dengan cara mengambil Harddisk dari laptop Acer E5-475G yang pernah admin review di sini dan di sini. Ke depannya admin ada rencana untuk menambah satu lagi HDD 2TB tipe 2.5 inchi, karena slot untuk Harddisk 3.5 inchi sudah penuh. Lantas bagaimana dengan gamer? Sudah pasti opsi upgrade VGA akan menjadi tujuan utama, secara komponen satu ini memang menjadi tolak ukur mulusnya serta maksimalnya tampilan grafis game yang akan dimainkan.

2 skenario di atas tentunya akan berbeda jika kamu punya kebutuhan lain. Jadi kapan waktu yang tepat untuk mengupgrade komponen PC jika dilihat dari segi kebutuhan atau urgency, cuma kamu yang paling tahu jawabannya. Saran dari admin adalah benar-benar upgrade komponen yang sangat-sangat kamu butuhkan. Jangan mudah tergiur dengan hal lain. Karena itu tadi, harga komponen komputer sekarang sedang naik.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Upgrade Komponen PC Desktop?

Fluktuasi Harga
Rasanya memang cukup sulit untuk mengharapkan harga dari komponen PC saat ini bisa turun seperti dulu, yah seperti belum ada demam Mining. Terlebih nilai tukar rupiah yang masih melemah terhadap dolar. Namun bukan berarti tidak sama sekali. Yup, kalau kamu jeli sebenarnya harga VGA sekarang sudah mulai turun, dan sepertinya ini adalah saat yang tepat juga untuk mengupgrade.

Apalagi NVIDIA sendiri selalu produsen kartu grafis sudah mengumumkan generasi dari arsitektur kartu grafis mereka yaitu RTX yang menggantikan GTX. RTX dengan arsitektur Turing diklaim bisa menghasilkan efek pencahayaan yang lebih realistis karena memiliki core khusus yang menangani hal ini yaitu Tesor Core dan RT Core plus AI.

Admin baca-baca juga ada penurunan harga untuk kartu grafis seri GTX 10. Nah momen ini bisa kamu gunakan untuk mengupgrade kartu VGA yang sekarang. Tidak usah muluk-muluk sih, jika belum sanggup beli yang baru, coba lirik versi seken alias bekasnya. Siapa tahu ada penjual VGA yang ingin upgrade ke RTX series dan menjual GTX nya lebih murah dari harga pasaran.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Upgrade Komponen PC Desktop?

Usia
Nah untuk point ketiga ini sudah pernah admin lakukan sendiri, namun bukan pada PC yaitu pada laptop. Dimana laptop pertama admin yaitu Toshiba Satellite M645 masih menggunakan Intel Core i5 Generasi pertama, sehingga ada kepikiran untuk upgrade ke Intel generasi terbaru. Sekian lama admin tunggu akhirnya jatuhlah pilihan pada Intel Core i5 Kabylake yang merupakan prosesor intel generasi ketujuh.

Karena lompatannya sangat jauh maka kalau ditanya soal perbedaan performa sangat terasa sekali. Berdasarkan pengalaman ini, admin juga ada rencana nanti jika CPU Ryzen ini sudah keluar generasi kelima, barulah melakukan upgrade. Tentunya setiap orang beda kebutuhan tadi ya. Namun ada baiknya juga ketika kamu ingin mengupgrade komponen PC, perhatikan komponen mana yang sekiranya paling lama usianya atau paling mana yang usang sehingga ketika digunakan bisa maksimal dan jika terjadi kerusakan tidak merembet ke komponen lain.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Upgrade Komponen PC Desktop?

Estetika
Wih bicara soal PC Desktop saat ini tidak hanya sebatas performa saja kok gan. Yah setidaknya PC Desktop bukan lagi dianggap hanya sebagai Workstation kerja saja yang man cuma digunakan untuk keperluan produktif namun PC Desktop sudah bergeser ke arah estetika.

Lihat saja sekarang ada banyak efek-efek lampu RGB yang dijual oleh produsen peripheral seperti Fan RGB, RGB Strip, VGA RGB, Kabel 24 Pin RGB, serta efek lainnya. Nilai estetika ini juga tidak melulu soal RGB, case PC yang selama ini dianggap cuma sebatas tempat menaruh komponen saja juga sudah banyak produsen yang menawarkan design case PC super keren.


Jadi jika ingin mengupgrade PC Desktop dari segi estetika juga tidak ada salahnya. Toh akan semakin menambah semangat kerja jika melihat tampilan PC semakin indah

Nah itu dialah 4 aspek atau point yang bisa menjadi referensi kamu tentang kapan waktu yang tepat untuk mengupgrade PC. Jika kamu punya masukan atau saran lain atau juga ingin berbagi pengalaman tentang upgrade PC. Bisa deh tuliskan di kolom komentar.

Jangan lupa untuk +1, like dan bagikan jika dirasa bermanfaat serta Subscribe channel RacikPC Indonesia agar bisa terus mendapatkan tutorial terbaru komputer berbasis Windows. Salam admin RacikPC.com

Kapan Waktu yang Tepat untuk Upgrade Komponen PC Desktop?