Cara Memperbaiki VGA Card NVIDIA yang Artefak Akibat BUG Driver: Cara Menggunakan Display Driver Uninstaller + Video

Baru-baru ini Nvidia mengeluarkan update untuk driver VGA terbaru mereka di versi 397.31. Admin sendiri dapat notifikasi update driver ini pada saat subuh dan langsung admin RacikPC.com update karena kebetulan sedang berada di paket malam, jadi masih ada banyak kuota begadang yang bisa dipakai.

Cara Memperbaiki VGA Card NVIDIA yang Artefak Akibat BUG Driver: Cara Menggunakan Display Driver Uninstaller + Video

Cara Memperbaiki VGA Card NVIDIA yang Artefak Akibat BUG Driver: Cara Menggunakan Display Driver Uninstaller + Video
Cara Memperbaiki VGA Card NVIDIA yang Artefak Akibat BUG Driver: Cara Menggunakan Display Driver Uninstaller + Video

Seperti biasa setelah admin update driver VGA Nvidia, admin langsung restart PC dengan tujuan untuk melihat apakah ada perubahan performa dan juga supaya bias menyelesaikan pembaruan driver sampai benar-benar selesai. Oh iya, PC admin sendiri menggunakan VGA GTX 1060 6GB dari Digital Alien yang merupakan rebranding dari Palit.

Setelah admin coba restart PC dan coba memainkan game Assassin's Creed Origins, malah resolusi layar kembali menjadi 1024 x 769, selain itu juga loading screen menjadi lambat, benar-benar sangat tidak nyaman untuk dimainkan. Butuh waktu sekitar 1 menit untuk bisa masuk ke menu dan admin sama sekali tidak bisa masuk ke gamenya sendiri.

Selain itu admin coba untuk menjalankan game Sky Force Reloaded dan hasilnya sama saja, game tersebut jadi super lag dan sama sekali tidak layak untuk dimainkan. Akhirnya admin coba untuk me-reinstall driver VGA terbaru dari Nvidia tersebut, hasilnya malah monitor admin jadi seperti TV rusak alias VGA GTX 1060 admin jadi artefak.

Wah..wah.. admin sudah super khawatir nih, masak iya baru beli VGA beberapa bulan sudah artefak, mana toko tempat klaim garansinya juga ada di luar kota lagi. Admin coba berinisiatif untuk mencari-cari informasi ke forum Nvidia dan hasilnya banyak yang melaporkan jika driver VGA terbaru versi 397.31 memang bermasalah dan ada juga yang VGA nya mengalami artefak sendiri.

Setelah admin baca-baca lagi, ada salah seorang member forum Nvidia tersebut yang menyarankan untuk kembali lagi ke driver VGA sebelumnya namun dengan cara harus driver VGA saat ini harus di uninstall terlebih dahulu.

Adapun caranya sebagai berikut:
1. Ambil aplikasi bernama DDU atau Display Driver Uninstaller di sini kemudian ekstrak menggunakan winrar
2. Siapkan juga driver VGA versi aman yang terbebas dari bug. Biasanya ada di versi sebelum update
3. Setelah itu masuk ke safe mode, buat yang belum tahu bagaimana cara masuk ke safe mode di Windows, bisa ikuti tutorialnya di sini
4. Setelah berhasil masuk ke safe mode
5. Jalankan DDU atau Display Driver Installer lalu kamu tentukan VGA Card apa yang sedang kamu gunakan sekarang. Karena ada opsi untuk menghapus driver VGA untuk Intel, AMD dan Nvidia
6. Setelah menentukan VGA Card, kamu langsung pilih saja opsi yang high recomended
7. Kemudian proses uninstall driver akan berjalan, biarkan proses uninstaller selesai dan secara otomatis PC atau laptop kamu akan restart sendiri
8. Setelah selesai restart, silahkan install driver VGA yang bebas dari bug
9. Sekarang PC atau laptop kamu sudah terbebas dari VGA tiba-tiba artefak, game super lag dan lain sebagainya.
10. Agar lebih afdol, silahkan kamu restart

Walaupun artikel ini berjudul tentang bagaimana cara memperbaiki VGA Card dari Nvidia yang artefak akibat Driver bug, tapi pada praktiknya kamu bisa menerapkan tutorial ini pada kartu grafis dari AMD Radeon juga, termasuk juga untuk integrated GPU seperti Intel HD grafik. Karena tool yang digunakan yaitu Display Driver Uninstaller mendukung untuk ketiga kartu grafis tersebut.


Buat kamu yang punya pengalaman sama silahkan tulis di kolom komentar. Sampai di sini dulu tutorial admin kali ini. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com
Next Post Previous Post
2 Comments
  • dwt
    dwt 24 April 2020 pukul 19.31

    terus sampe sekarang vga ente udah bener belom gan?

  • Kontol
    Kontol 19 Oktober 2020 pukul 14.17

    aplah daya Driver aing bug tros,kadang artefak kadang normal :v
    mau cari versi lama gk ada lagi:v

Add Comment
comment url