Benarkah Upgrade RAM, SSD Laptop Tanpa Cabut Baterai Bisa Merusak Komponen? Simak Penjelasannya Berikut + Video

Apakah berbahaya jika upgrade komponen laptop seperti RAM dan SSD? Soalnya baterainya kan tidak bisa dilepas? Bisa saja kan arus listrik dari baterai masih ada di laptop? Tolong dong kasih penjelasannya, soalnya bikin khawatir kalau mau upgrade-upgrade. Okey, silahkan simak penjelasan berikut!

Benarkah Upgrade RAM, SSD Laptop Tanpa Cabut Baterai Bisa Merusak Komponen? Simak Penjelasannya Berikut + Video

Benarkah Upgrade RAM, SSD Laptop Tanpa Cabut Baterai Bisa Merusak Komponen? Simak Penjelasannya Berikut + Video
Benarkah Upgrade RAM, SSD Laptop Tanpa Cabut Baterai Bisa Merusak Komponen? Simak Penjelasannya Berikut + Video

Tidak seperti laptop jaman dulu yang punya baterai terpisah alias bisa dilepas-pasang sehingga kita sebagai pengguna diberikan opsi apakah ingin menggunakan baterai atau tidak ketika mengoperasikan Laptop. Nah laptop jaman sekarang malah kebalikannya yaitu semua baterai ditanam langsung ke dalam body.

Sehingga kita sebagai pengguna sekaligus pemilik dari laptop tersebut tidak akan bisa dengan mudah sesuka hati melepas pasang baterai, yang berarti juga ketika suatu hari nanti baterai dari laptop kita sudah turun performanya, maka tidak akan bisa dengan mudah juga mengganti langsung baterai tersebut. Kalaupun bisa harus di servis center.

Selain itu terhitung semenjak admin RacikPC.com punya Laptop Toshiba Satellite M645 hingga sekarang Acer E5-475G, kedua laptop tersebut setidaknya memberikan dedicated cabin, tempat atau semacam akses mudah untuk melakukan penggantian, dan upgrade komponen. Mulai dari bisa dengan mudah menambahkan RAM 1 keping lagi hingga bahkan bisa menambahkan SSD M.2 serta melakukan penggantian Harddisk, contohnya pada Laptop AcerE5-475G.

Mungkin dari kamu sempat bertanya-tanya, "Min, laptop jaman sekarang kan baterainya sistem tanam alias tidak bisa di lepas. Misalkan nanti kita ingin upgrade komponen pastikan ada kontak langsung antara tangan dengan part tersebut misalkan RAM atau SSD. Nah itu bahayakah? Misal terjadi korselet listrik? Saya baca-baca manusia juga sebenarnya menghasilkan listrik statis walau tidak banyak namun tetap bisa beresiko merusak komponen"

Yak.. sama, admin juga awalnya berpikir seperti itu sehingga jadi cukup berhati-hati ketika ingin melalukan penggantian atau upgrade komponen RAM laptop. Kan sayang banget misalkan laptop yang sudah dibeli mahal-mahal bisa rusak gegara hal seperti itu. Namun kamu jangan khawatir kok! Sebenarnya hal semacam ini sudah dipikirkan duluan oleh enginer dan designer dari laptop tersebut. Sebagai contoh untuk Acer E5-475G dan mungkin juga ada di E5-476G memiliki sebuah switch atau semacam tombol kecil pada bagian penutup atau cabin tempat pengguna membuka tutup akses SSD M.2, RAM, dan HDD.

Cara kerjanya adalah setiap kali pengguna membuka penutup akses cepat tersebut, maka secara otomatis arus listrik dari baterai ke komponen laptop akan terputus total. Yah jadi semacam kayak saklar atau sekring otomatis. Sehingga tidak akan ada yang namanya korselet listrik. Untuk lebih jelasnya bisa kamu simak video di bawah ini:


Okey sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi apakah nantinya akan terjadi korselet listrik misalkan nantinya ingin upgrade komponen RAM, SSD di laptop. Karena pabrikan dari awal sudah mengantisipasi hal ini. Oh iya, baca-baca juga bagaimana cara memilih dan upgrade RAM yang benar di sini. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url