Cara Merubah Layout Keyboard Laptop dan PC Komputer Menjadi Huruf Arab: Edisi Masiswa Akhir Pemburu ACC Skripsi

Dapat tugas dari dosen mata kuliah atau dosen pembimbing kamu untuk menuliskan ayat atau Hadits ke dalam skripsi? Bingung bagaimana cara menuliskannya karena layout yang ada di keyboard laptop sendiri bukanlah huruf arab melainkan alfabet biasa? Tenang kok, jangan panik gitu karena admin juga pernah mengalaminya dan oleh karena itu melalui artikel ini admin akan bagikan bagaimana caranya merubah layout keyboard pada keyboard laptop dan PC menjadi huruf arab. Semoga terbantu.

Cara Merubah Layout Keyboard Laptop dan PC Komputer Menjadi Huruf Arab: Edisi Masiswa Akhir Pemburu ACC Skripsi

Cara Merubah Layout Keyboard Laptop dan PC Komputer Menjadi Huruf Arab: Edisi Masiswa Akhir Pemburu ACC Skripsi
Cara Merubah Layout Keyboard Laptop dan PC Komputer Menjadi Huruf Arab: Edisi Masiswa Akhir Pemburu ACC Skripsi

Setelah sebelumnya admin sudah membagikan tutorial tentang bagaimana cara menambahkan Surat dan Ayat Al-Quran di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, dan 2016 melalui artikelnya di sini. Sekarang giliran bagaimana cara menambahkan huruf arab di Keyboard terutama pada keyboard on Screen Windows. Yah, ini adalah salah satu tutorial yang admin cari dulu di mbah Google ketika dulu masih berstatus mahasiswa akhir semester alias mahasiswa skripsian pemburu tanda tangan ACC dosen pembimbing.

Okelah ya kalau yang diminta itu dalil dari Al-Quran, karena bisa dengan mudah kita cantumkan menggunakan aplikasi Al-Quran in MS Office, namun bakal beda cerita dengan Hadits yang mana tidak banyak yang bisa kita temukan di mesin pencarian Google. kalaupun ada maka sumber dari Hadist atau periwayatnya atau perawihnya itu beda. Belum lagi keinginan dosen yang terkadang minta dicantumkan naskah atau tulisan asli dari Hadist di buku. Ini nih yang buat admin kebingungan bagaimana caranya memindahkan tulisan yang ada di kitab Hadits tersebut. Terlebih setelah admin coba Googling supaya bisa dapat tulisan huruf arab yang sama persis juga tidak ketemu.

Walhasil satu-satunya cara adalah cuma menuliskannya langsung menggunakan keyboard di laptop. Nah masalahnya adalah huruf yang ada di Keyboard laptop kan semuanya itu menggunakan huruf alfabet biasa bukan huruf arab. Lantas bagaimana bisa menuliskan huruf arab tersebut? Nah ini dia yang akan admin bagikan ke kamu, terutama buat kamu yang sudah menggunakan Windows 10. Eh tapi masak iya di tahun 2018 masih ada yang belum menggunakan Windows 10?

Caranya:
1. Klik icon Windows di Keyboard
2. Lalu icon Gear atau pengaturan
3. Pilih waktu dan bahasa atau Time and Language
4. Pilih Region dan Language
5. Pilih Add Language
6. Kamu cari atau ketikkan arab
7. Pilih Arab (Arab Saudi)
8. Pastikan koneksi internet kamu sedang menyala
9. Secara otomatis nanti Windows akan mengunduh Language Pack dan menginstallnya
10. Jika sudah selesai, nanti akan muncul opsi untuk perpindahan bahasa di bagian taskbar
11. Pada taskbar sebelah pojok kanan bawah, klik icon EN atau IND > kemudian pilih Arab (Arab Saudi)
12. Secara otomatis keyboard kamu yang awalnya alfabet akan berubah menjadi huruf arab
13. Buat yang bingung tata letak dari huruf arab tersebut bisa menggunakan On Screen Keyboard dengan cara > klik icon Windows > ketikkan on screen keyboard
14. Akan muncul keyboard virtual

Sebenarnya jika kamu tidak mau menggunakan on screen keyboard atau keyboard virtual pada saat pengetikan ayat atau Hadits nanti, kamu juga bisa menggunakan sticker tambahan yaitu berupa sticker tombol-tombol di keyboard yang sudah terdapat huruf arabnya, sehingga lebih memudahkan kamu dalam penulisan atau pengetikan huruf arab di Microsoft Word. Buat yang belum tahu bisa lihat contohnya di bawah ini:

Admin ingat dulu layout keyboard huruf arab ini juga sering dijual oleh dosen pembimbing atau dosen lain, kepada mahasiswa, hehehe.. mental bisnisnya keluar. Sekian dulu artikel dari admin kali ini tentang bagaimana cara merubah layout keyboard dari alfabet biasa ke huruf arab. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan serta jangan lupa Subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin RacikPC.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url