Cara Memperbaiki Hasil Video Lag, Efek Slow Motion Setelah Rendering Menggunakan Sony Vegas PRO 14

Adakah dari kamu yang pernah mengalami kondisi dimana video yang telah di render menggunakan Sony Vegas PRO 14 muncul efek slow motion atau Lag? Padahal pada saat proses editingnya sendiri kamu tidak menambahkan efek slow motion di dalamnya? belum lagi video source sudah 60fps tapi tetap hasil rendernya Lag? Sama, admin bingung juga dengan kasus ini, tapi akhirnya admin berhasil menemukan bagaimana cara memperbaiki atau menghilangkan efek slow motion atau Lag pada video hasil render Sony Vegas PRO 14. Simak tutorialnya berikut ini!

Cara Memperbaiki Hasil Video Lag, Efek Slow Motion Setelah Rendering Menggunakan Sony Vegas PRO 14

Cara Memperbaiki Hasil Video Lag, Efek Slow Motion Setelah Rendering Menggunakan Sony Vegas PRO 14
Cara Memperbaiki Hasil Video Lag, Efek Slow Motion Setelah Rendering Menggunakan Sony Vegas PRO 14

Admin kurang tahu ini apakah cuma admin saja yang mengalaminya atau kamu juga pernah. Soalnya admin RacikPC.com sendiri mau mendeskripsinya bagaimana, pasalnya setiap kali admin selesai edit lalu rendering video menggunakan Sony Vegas PRO 14, maka hasilnya itu kayak ada Lag atau slow motion gitu. Padahal pada saat proses pengeditannya sendiri sama sekali admin tidak menambahkan efek slow motion. Efek Lag atau slow motionnya itu juga bisa dibilang tidak terlalu parah sih cuma rada ganggu saja, soalnya memang video aslinya juga (sebelum di edit) bersih tanpa ada Lag, dan admin juga merekam videonya di 1080p 30fps.

Sampai pada suatu saat (ceilee..) ada salah seorang dari grup Sony Vegas PRO yang memposting pertanyaan serupa, yaitu dia merasa ada efek slow motion atau Lag pada setiap hasil video yang selesai dia render menggunakan Sony Vegas PRO 14. Beberapa dari orang yang menjawab pertanyaan tersebut sih menanyakan balik soal settingan export render dan juga spesifikasi PC atau laptop yang dipakai buat render, tapi kalau dilihat-lihat sih dari spesifikasi komputernya masih mumpuni.

Admin juga beranggapan seperti itu. Dilihat dari spesifikasi PC juga komputer admin masih mumpuni untuk tahun 2018 ini dimana PC admin sudah menggunakan CPU dari AMD Ryzen 1600x, RAM 16GB overclock to 2800 Mhz, Motherboard juga support overclock dari ASUS ROG, dan lagi sudah pakai GTX1060 6GB (cek rekomendasi racikan PC admin di sini), tapi entah kenapa masih ada Lag, slow motion atau apapun itu namanya di setiap video hasil render menggunakan Sony Vegas PRO 14 ya?

Setelah admin coba teliti dan lebih teliti lagi terkhusus pada bagian export, ada satu bagian yang selama ini sering terlewatkan, yak ada satu opsi yang tidak admin centang dan itu ternyata sangat berpengaruh dengan Frame rate video yang kita hasilkan nanti. Adapun caranya sebagai berikut:
1. Jalankan Sony Vegas PRO, dalam hal ini admin menggunakan Sony Vegas PRO 14
2. Siapkan video yang sudah kamu edit sebelumnya
3. Kemudian pilih file > render as atau bisa juga melalui icon panah ke atas yang ada di Toolbar
4. Setelah itu nanti akan muncul opsi > pilih Main Concept > AVC/ACC(*.mp4;*.avc)
5. Pilih Internet HD 1080p (tinggal sesuaikan mau pilih resolusi mana)
6. Kemudian klik Customize Template > lalu kamu centang pada opsi "Allow source to adjust frame rate"
7. Kemudian simpan

Sekarang kamu lakukan render video seperti biasa. Untuk lebih yakin lagi kamu bisa coba bikin dua video hasil render menggunakan Sony Vegas PRO. buat yang dicentang dan tidak dicentang kemudian lihat hasilnya. Sejauh ini admin sudah tidak melihat lagi adanya efek slow motion atau lagi pada hasil render video setelah opsi "Allow source to adjust frame rate" tersebut admin centang dan ini juga sudah admin buktikan setelah membandingkan dengan video sebelumnya tanpa centang.


Yah terkesan sepele dan ceroboh kali ya, tapi gegara hal seperti ini admin sampai nonton banyak video Youtube tentang cara mengatur profile untuk render video di Sony Vegas PRO 14 dan kesemuanya belum berhasil tapi setelah opsi di "Allow source to adjust frame rate" dicentang semuanya teratasi. Semoga pengalaman admin ini bermanfaat buat kamu terkhusus yang punya masalah sama. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta jangan lupa untuk Subscribe channel RacikPC Indonesia. Salam admin RacikPC.com

Cara Memperbaiki Hasil Video Lag, Efek Slow Motion Setelah Rendering Menggunakan Sony Vegas PRO 14