5 Tips Cara Ampuh Menghilangkan Panas Berlebih Pada Laptop: Acer E5-475G dan Toshiba Sattelite M645

Baru di pakai beberapa bulan laptop kesayanganmu sudah menunjukkan gejala panas berlebih? Sehingga ketika digunakan terasa tindak nyaman lagi? Terutama di area keyboard dekat dengan celah pembuangan panas? Jangan khawatir, di artikel kali ini admin akan membagikan 5 Tips atau 5 cara bagaimana mengurangi hawa panas berlebih pada laptop. Let’s check this out!

5 Tips Cara Ampuh Menghilangkan Panas Berlebih Pada Laptop: Acer E5-475G dan Toshiba Sattelite M645

5 Tips Cara Ampuh Menghilangkan Panas Berlebih Pada Laptop: Acer E5-475G dan Toshiba Sattelite M645
5 Tips Cara Ampuh Menghilangkan Panas Berlebih Pada Laptop: Acer E5-475G dan Toshiba Sattelite M645

Panas adalah hal yang wajar terjadi pada sebuah perangkat elektronik seperti laptop, Smartphone dan perangkat elektronik lainnya. Karena mereka memang menggunakan tenaga listrik sebagai sumber utamanya atau baterai. Selain itu panas juga menunjukkan atau menjadi indikator jika perangkat elektronik itu bekerja. Namun apa jadinya jika panas yang muncul tersebut melewati batas wajar?

Ini dia yang cukup sering terjadi pada perangkat Mobile salah satunya laptop. Iya, komputer jinjing yang sudah menjadi teman keseharian kita buat menyelesaikan banyak tugas. Tentunya akan menjadi terasa tidak nyaman jika panas yang muncul pada laptop sudah mengganggu penggunanya. Oleh karena ini di artikel kali ini admin akan membagikan Tips Bagaimana Cara Super Ampuh Menurunkan panas pada laptop.

Bersihkan Debu
Seiring berjalannya waktu, tentu debu akan menumpuk di dalam laptop kita, terutama pada bagian kipas, Heatsink dan juga sela-sela lubang tempat dimana udara keluar masuk. Tugas kamu adalah membersihkan tumpukan debu tersebut supaya laptop bisa menyedot udara dari luar dan membuang panasnya dengan baik. Karena memang debu adalah musuh utama laptop.

Ganti Pasta Thermal
Setiap laptop yang dijual pasti sudah dilengkapi pasta thermal terutama pada bagian CPU dan juga ada beberapa laptop (biasanya Gaming) juga ditambahkan pasta Thermal pada dedicated GPU. Lama kelamaan pasta thermal ini akan mengering dan keras sehingga sudah tidak baik lagi menghantarkan panas dari CPU ke Heatsink. Oleh karena itu penggantian Pasta Thermal sangat diperlukan supaya laptop kamu tidak muncul panas berlebih lagi ketika diajak kerja berat.

Saran dari admin gunakanlah pasta thermal pihak ketiga sebagai pengganti pasta termal bawaan seperti dari Noctua, Thermaltake dan lain sebagainya, karena memang biasanya pasta thermal aftermarket lebih bagus dan lebih niat ngebikin pasta thermal ketimbang pasta thermal bawaan laptop.

Gunakan Vacum Cooler
Nah yang satu ini benar-benar bisa admin rasakan sendiri pada salah satu laptop Gaming Kere Hore yaitu Acer E5-475G yang pernah admin review di sini. Sebelum menggunakan Vacum Cooler dari Taffware LC05, admin bisa merasakan suhu yang mulai meningkat ketika diajak bermain game GTA V terkhusus di area keyboard kiri, dan itu tentu mengurangi kenyamanan.

Namun setelah admin pakai Vacum Cooler dari Taffware LC05 yang pernah admin review juga di sini, panas tersebut sudah tidak muncul lagi dan sekalipun muncul hanya hangat biasa saja dan sama sekali tidak mengganggu kenyamanan. Berikut ini adalah beberapa video tentang Vacum Cooler Taffware LC05 beserta Review dan juga komparasinya sebelum dan sesudah menggunakan:




Kondisikan Ruangan
Ini nih salah satu faktor penentu yang membuat laptop kita mudah panas yaitu suhu ruangan. Tahu sendiri kan laptop jaman sekarang sudah banyak yang menggunakan body aluminium, dimana bahan seperti ini sangat baik menghantarkan panas. Tentunya ini juga berlaku bukan hanya dari komponen ke luar laptop tapi juga suhu ruangan ke laptop itu sendiri.

Oleh karena itu kondisikan suhu ruangan kamu untuk tetap adem sehingga bisa memaksimalkan Cooling dan juga bisa menjaga suhu laptop menjadi cepat panas. Lebih bagus lagi jika ruangan kamu terdapat AC atau setidaknya jika tidak punya AC, atur sirkulasi udara kamar jadi lebih baik. Jangan malas-malasan bersihin kamar, hehehe..

Scan Virus
Satu lagi dan tidak kalah penting jika keempat cara di atas sudah kamu praktikkan, coba untuk cek kondisi dari laptop kamu, jangan-jangan panas berlebih yang muncul justru dari aktivitas virus yang membebani kerja sistem laptop sehingga laptop di paksa kerja berat padahal sebenarnya kamu sedang tidak mengerjakan tugas berat. Mau tidak mau akibat virus ini laptop kamu juga menjadi lemot bin lambat. Soal mengatasi laptop lemot ini sudah pernah admin bahas melalui salah satu artikelnya di sini.

Itulah 5 cara atau Tips yang bisa kamu lakukan agar laptop kesayanganmu bisa terbebas dari panas berlebih. Kelima Tips di atas murni berdasarkan pengalaman admin RacikPC.com sendiri selama menggunakan laptop mulai dari Toshiba Sattelite M645 hingga yang terbaru saat ini Acer E5-475G. Jika kamu punya cara lain yang tak kalah ampuh tentang bagaimana cara mengurangi panas berlebih pada laptop atau bahkan bisa menghilangkannya, bisa bantu admin untuk menambahkannya di kolom komentar. Silahkan +1, like dan bagikan dan jangan lupa untuk Subscribe channel YouTube RacikPC Indonesia. Salam admin RacikPC.com

5 Tips Cara Ampuh Menghilangkan Panas Berlebih Pada Laptop: Acer E5-475G dan Toshiba Sattelite M645