Review Phanteks Halos Fan Frame RGB: Solusi Fan Noctua 120mm yang ingin Bisa RGB-an Juga

Punya Fan PC lama atau punya kipas PC dari Noctua tapi belum RGB? Atau kamu malah sengaja mencari Fan dari Noctua yang ada RGB nya? Yah sama banget, tapi sayangnya Noctua memang tidak atau belum membuat Fan RGB hingga saat ini. Jadi jangan heran jika kamu tidak menemukannya. Nah di artikel kali ini admin akan bagikan solusi buat kamu yang punya kipas atau Fan PC non-RGB agar bisa dibuat RGB-an juga. Let's check this out!

Review Phanteks Halos Fan Frame RGB: Solusi Fan Noctua 120mm yang ingin Bisa RGB-an Juga

Review Phanteks Halos Fan Frame RGB Solusi Fan Noctua 120mm yang ingin Bisa RGB-an Juga
Review Phanteks Halos Fan Frame RGB Solusi Fan Noctua 120mm yang ingin Bisa RGB-an Juga

Dunia Jagad PC sepertinya masih akan terus dihebohkan dengan kemunculan beragam komponen berlabel RGB. Yah mulai dari Motherboard, RAM, HSF, AIO Water Cooler, VGA, SSD, hingga PSU RGB yang admin tidak tahu apa Faedahnya. Belum lagi peripheral komputer seperti Mouse, keyboard, Headset, hingga Mousepad RGB. Pokoknya semua serba RGB.

Bahkan gegara trend RGB ini produk atau komponen yang harga awalnya itu murah menjadi mahal. Belum lagi ulah produsen yang sengaja membuat versi RGB untuk produk mereka supaya bisa dijual lagi lebih mahal. Lantas bagaimana dengan produk non RGB? Apakah ada suatu cara supaya produk non RGB seperti Fan Casing dan Fan CPU dibuat RGB juga? Jawabannya tentu saja bisa.

Namanya adalah Halos RGB Fan Frame dari Phanteks. Yup, sebuah fan Frame atau bingkai untuk kipas CPU dan juga kipas Casing PC yang fungsinya menambahkan efek-efek lampu RGB. Sebagai contoh admin punya Fan CPU dari Noctua Industrial IPC 3000 yang punya speed hingga 3000rpm.

Noctua ini memang terkenal dalam urusan fan PC bahkan mereka sampai berani memberikan 5 tahun masa garansi untuk produk kipas mereka. Admin RacikPC.com sendiri bisa merasakan langsung kualitas dari produk bikinan mereka. Kokoh bin solid banget. Beda sekali dengan fan PC bikinan produsen ala-ala RGB.

Namun untuk urusan RGB-RGB, Noctua ini sepertinya anti banget. Terbukti dengan tidak mengeluarkan satupun produk bertema lampu-lampu RGB. Bahkan mereka tetap kekeuh memproduksi kipas PC dengan warna coklat susu serta warna hitam. Dua warna itu saja yang mereka produksi sampai saat ini. Walhasil builder PC seperti admin yang suka tema-tema RGB harus berpikir ulang jika ingin membeli Fan PC dari Noctua.

Akan tetapi semua itu bisa teratasi dengan Halos Fan Frame RGB dari Phanteks. Halos Fan Frame RGB ini juga punya kelebihan yaitu bisa tersinkronisasi dengan Motherboard yang support RGB Header. Adapun produsen yang didukung Phanteks Halos Fan Frame RGB ini adalah Asus dengan Aura Sync, Gigabyte dengan RGB Fusion, dan MSI dengan Mystic Light.

Admin RacikPC.com sendiri menggunakan Motherboard dari ASUS yaitu ROG STRIX B350-F Gaming. Efek visual RGB nya juga bisa kamu langsung atur melalui software AURA. Di dalam paket pembelian sendiri cuma kamu mendapatkan satu set Halos Fan Frame RGB beserta mur atau baut dengan ukuran panjang dan pendek:

Review Phanteks Halos Fan Frame RGB Solusi Fan Noctua 120mm yang ingin Bisa RGB-an Juga

Dari paket penjualan juga memang tidak ada yang bisa dinilai lebih, bahkan kamu tidak mendapatkan kabel converter atau adapter. Padahal ini penting, mengingat colokan atau kepala dari kabel RGB Phanteks Halos Fan Frame RGB ini berbeda dengan colokan RGB Header yang ada pada Motherboard Asus. Sehingga jika kamu tidak punya adapternya, maka kamu harus memotong kabel RGB dan memasangkannya secara manual. Tentu ini bukan hal yang diinginkan oleh kita.

Oh iya bahan dari Phanteks Halos Fan Frame RGB ini jua terbuat dari plastik. Build kualitas cukuplah, walah tidak terlalu kokoh banget. Buat kamu yang ingin membelinya dalam versi lain yaitu Frame metal bisa ambil Phanteks Halos Fan Frame RGB LUX. Selain terbuat dari metal, di versi LUX ini juga kamu akan mendapati kabel adapter RGB. Berapa harganya? Untuk versi standar alias tanpa embel-embel LUX dihargai Rp 195.000,- sedangkan untuk Phanteks Halos Fan Frame RGB LUX bisa di atas Rp 400.000-an.

Kalau cuma mengincar Halos Fan Frame RGB saja sih, ambil yang versi standar. Lagian juga kalau sudah di pasang ke Fan PC tidak akan kelihatan jelas mana yang plastik dan mana yang metal. "Kok mahal min ya?" Iya memang mahal, admin saja beli Phanteks Halos Fan Frame RGB ini serasa dihipnotis. Lah masak iya cuma mau lampu-lampu RGB saja sampai membelanjakan uang 200rb. Nambah performa juga tidak.

Admin RacikPC.com mengambil Opsi membeli Phanteks Halos Fan Frame RGB ini admin karena sudah yakin dan merasakan sendiri kemampuan dari Fan Noctua Industrial IPC 3000. Sejauh ini cukup sulit atau bahkan tidak ada Fan bertema RGB yang bisa memiliki putaran kipas hingga 3000rpm. Oleh karena itu admin nekat saja beli Halos Fan Frame RGB ini.

Review lengkap dari Phanteks Halos Fan Frame RGB ini bisa kamu tonton videonya di bawah ini:


Buat kamu yang bermasalah pada Singkronisasi lampu RGB pada Phatnteks Halos ini di Motherboard ASUS. Bisa tonton video berikut:


Di video ini juga sudah admin sertakan tampilan setelah dipasang ke Fan Noctua IPC 3000. Link pembelian admin sertakan di kolom deskripsi video. Yak sekian dulu artikel review tentang Phanteks Halos Fan Frame RGB. Jika kamu punya opsi lain yang lebih murah lebih bagus silahkan tulis di kolom komentar. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Salam admin RacikPC.com

Review Phanteks Halos Fan Frame RGB: Solusi Fan Noctua 120mm yang ingin Bisa RGB-an Juga