Tolong Kasih Saran Dong: Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat untuk Merakit Sebuah PC? Galau Banget Nih! Simak 7 Pertimbangan Berikut

Sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk merakit sebuah PC? Rakit sekarang atau tunggu harga part komputer turun? atau malah beralih ke Console saja? Pingin banget nih rakit PC tapi masih bingung harus mulainya dari mana. Okey, dari pada kamu galau sepanjangan, mending baca penjelasan admin di bawah ini. Based on Pengalaman sendiri.

Tolong Kasih Saran Dong: Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat untuk Merakit Sebuah PC? Galau Banget Nih! Simak 7 Pertimbangan Berikut

Tolong Kasih Saran Dong Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat untuk Merakit Sebuah PC Galau Banget Nih! Simak 7 Pertimbangan Berikut
Tolong Kasih Saran Dong Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat untuk Merakit Sebuah PC Galau Banget Nih! Simak 7 Pertimbangan Berikut

Beberapa dari kamu saat ini mungkin sedang galau, karena bingung sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk merakit sebuah PC? Pingin sekali bisa rakit PC tapi melihat harga komponen komputer yang terus melambung tinggi, ditambah stock yang tersedia juga langka (contoh RAM, VGA Card dan SSD) membuat kamu terus berpikir ulang, apakah worth it untuk Rakit PC sekarang atau tunggu hingga harga part PC turun atau setidaknya stabil?.

Wah..wah..dilemanya sama banged tuh dengan admin RacikPC.com yang dulu juga sempat galau, mau Rakit PC sekarang atau nanti. Soalnya budget juga ngepas, ditambah harga part PC terus naik. Ingin rasanya terus menunggu saja hingga harga-harga part turun, tapi karena kebutuhan yang mendesak, akhirnya tetap juga Rakit PC.

Buat kamu yang masih saja tetap galau apakah harus Rakit PC sekarang atau tunggu nanti harga part komputer turun, berikut ini admin akan bagikan beberapa opsi yang bisa kamu ambil terkait kegalauan tersebut:

Rakit Sekarang
Admin sendiri tidak serta-merta bisa langsung menjatuhkan pilihan untuk segera merakit PC, semua itu melalui proses serta pertimbangan yang cukup matang sehingga dikemudian hari tidak ada penyesalan plus memikirkan beberapa aspek untuk kemungkinan upgrade. Belum lagi kebutuhan mendesak yang jika admin paksakan untuk tetap menggunakan Laptop Acer E5-475G seperti yang pernah admin review di sini sebagai Daily activity, bisa-bisa jebol.

Oleh karena itu mau tidak mau admin harus segera merakit sebuah PC dan hasil rakitannya bisa kamu lihat di sini. Nah jika kamu punya alasan kuat seperti admin, maka segeralah untuk merakit PC. Admin juga awalnya menunda-nunda namun akhirnya tetap merakit PC dengan resiko harga part mahal. Karena itu tadi kalau tetap dipaksakan untuk menggunakan laptop, maka produktivitas admin malah bisa terganggu. Lebih baik admin keluar uang lebih, toh juga kalau sudah jalan nanti, semua yang sudah dikeluarkan nanti bakal kembali lagi.

Tunggu Harga Turun atau Stabil
Terus memantau harga part-part PC terutama yang sudah sangat jelas menunjukkan indikasi kelangkaan seperti VGA Card, SSD dan RAM. Kamu diperbolehkan untuk menunggu harga part-part PC tadi turun. Sembari mungkin terus menggunakan komputer lama. Cuma masalahnya adalah sampai kapan kamu harus menunggu dan jika tetap kekeuh menunggu, setidaknya kasih batasan hingga kapan waktu menunggu itu berakhir.

Admin tidak menyarankan kamu untuk segera merakit PC saat itu, karena memang keuangan setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang bisa dengan mudah membeli part-part PC sekalipun harga masih mahal, namun ada juga yang harus menabung terlebih dahulu agar impian mereka tercapai. Jadi tetaplah terus perhatikan harga komponen PC di pasaran sembari menabung dan jika ada peluang untuk membelinya. Langsung sambar!

Tunggu Seri Terbaru Keluar
Admin dengar-dengar sih memory GDDR6 sudah ada dan akan dibuat oleh Samsung, belum lagi rumor VGA next gen dari Nvidia yaitu GTX 2080 dari keluarga Ampere sudah akan keluar di tahun 2018. Jadi opsi untuk menunggu seri terbaru dari komponen PC yang akan kamu rakit juga pilihan yang bagus.

Opsi CPU juga semakin banyak, ada AMD Ryzen seri kedua yaitu Pinnacle Ridge, atau dari kubu biru Intel dengan Coffee Lake nya. Kabar-kabarnya lagi Motherboard Seri 300 Mid to low dari intel bakal keluar sehingga lebih ramah kantong buat builder PC kere kayak kamu dan admin. Bisa dibilang merakit sebuah PC di tahun 2018 menjadi opsi yang menggiurkan.

Rakit Part Lama
Kebalikan dari point di atas yang lebih memilih part PC baru, yang ini justru akan memanfaatkan momen next gen tersebut sebagai sebuah harapan agar part-part PC pada generasi lama bisa turun harga. Wah jenius sekali ini, admin juga pingin tuh bisa tetap rakit PC plus harga murah namun tetap memiliki performa yang tidak kalau jauh dari next gen nya.

Sayangnya bukan kamu saja yang bakal berpikiran seperti ini, ada ribuan builder PC yang akan memanfaatkan momen ini sehingga masih ada kemungkinan part PC yang kamu incar tersebut walau sudah lawas akan naik juga harganya. Opsi lain sih bisa ambil 2 generasi ke bawah jika ternyata harga part PC tetap mahal.

Mode Nekat = Cari Loakan
Anjay emang.. tak ada gadis, janda pun jadi, yang penting masih sama-sama narik, hahaha.. Yah tidak ada salahnya jika kamu ingin melirik komponen PC seken alias bekas. Tinggal kamu-kamu nya saja yang benar-benar harus pintar menilai jika part PC seken incaran kamu tersebut masih layak pakai atau tidak. Lebih bagus lagi jika kamu tahu histori dari part PC tersebut sebelumnya dipakai buat apa dan apakah sudah sering di overclock.

Sebagai contoh VGA bekas Mining jika masih layak pakai dan bisa dapat harga super murah, kenapa tidak untuk dibeli. Tapi ya itu tadi kamu harus benar-benar pandai dalam menilai barang.

Nyerah = Pilih Console
Oke dech, admin paham kok. Console seperti Playstation 4 ataupun XBOX ONE bukanlah pilihan yang buruk, justru bakal jadi pilihan yang super menggiurkan jika kamu memang hanya fokus pada bermain game. Toh di Console justru punya kelebihan diantaranya game-game eksklusif yang tidak ada di PC.


Malah banyak banged loh, contoh Uncharted, Horizon Zero Dawn, dan masih banyak lagi.
Harga Playstation 4 juga semakin murah, game-game seken juga ada yang pasti lebih murah ketimbang game baru. PSN regional Asia 3 sering kasih diskon besar untuk game-game terkini plus bisa langsung dibeli menggunakan kurs rupiah. Admin saja yang sudah punya PC ada keinginan untuk membeli Playstation 4.

Ga Ada Duit, Nyimak Aja Gan
Okey dech.. admin doakan semoga lekas rakit PC setara sultan. Semua berawal dari mimpi, cuma jangan kelamaan tidurnya. Sudah siang ini hahaha..

Sebenarnya tidak ada patokan pasti kapan waktu yang tepat untuk merakit PC, karena yang tahu akan hal tersebut adalah diri kamu sendiri. Setiap orang punya kebutuhan masing-masing. Ada yang rakit PC khusus untuk main game, ada yang untuk pekerjaan, dan ada pula yang keduanya. Eh tapi ada juga yang rakit PC untuk nonton drama Korea, haha.. semua itu kembali lagi ke kebutuhan masing-masing.

Sekian artikel admin kali ini tentang kapan waktu yang tepat untuk merakit sebuah PC. Jika kamu punya opini lain atau mungkin pengalaman selama mencari part dan juga merakit PC silahkan tulis di kolom komentar. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin RacikPC.com

Tolong Kasih Saran Dong: Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat untuk Merakit Sebuah PC? Galau Banget Nih! Simak 7 Pertimbangan Berikut